CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 11 Cara Membuat Tarikan Beat Karbu Lebih Enteng dan Kencang Tanpa Bore Up - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

11 Cara Membuat Tarikan Beat Karbu Lebih Enteng dan Kencang Tanpa Bore Up

gambar beat karburator
Sumber foto : istimewa
Healty99 - Ada banyak cara untuk membuat tarikan motor beat karbu agar lebih enteng, kencang sekaligus menambah tenaga tanpa harus dilakukanya bore up. Bahkan beberapa cara tersebut diyakini lebih aman dan bisa dibawa berkendara sehari-hari tanpa harus khawatir jebol.

Tapi sebelum itu tahukah kamu apa itu bore up? Bore up merupakan salah satu cara dalam modifikasi kendaraan bermesin dengan membersarkan ukuran piston agar mendapatkan kapasitas silinder lebih besar.

Baca juga : Penyebab Motor Berisik & Kasar Saat Panas

Dengan dilakukanya bore up tentu akan terjadi yang namanya peningkatan CC silinder, kompresi mesin, peningkatan performa, tenaga dan akselerasi dari kendaraan tersebut.

Namun tahukah sebenarnya kamu bisa meningkatkan tenaga beat karbu tanpa harus dilakukan bore up secara besar-besaran loh, seperti tanpa menganti piston dan liner dari blok tersebut.

Cara membuat Beat Karbu Kencang Tanpa Bore Up

Nah, buat yang penasaran. Simak beberapa tips meningkatkan tenaga pada sepeda motor beat karbu kamu dibawah ini.

Baca juga : Bisakah Oli Palsu Bikin Motor Berasap

1. Setting karburator

gambar karburator
Sumber foto : pixabay/ChopyWorks
Yang pertama kamu bisa lakukan setting karburator. Karburator memiliki beberapa komponen kecil didalamnya, kamu bisa mencoba menganti part tersebut dengan part bermerek racing.

Adapun beberapa bagian komponen karburator yang kamu ganti untuk meningkatkan performa ialah main jet, pilot jet dan karet vakum.

Namun jika hanya dengan menganti bagian tersebut masih terasa kurang, adapun yang bisa kamu lakukan lain ialah dengan memperbesar ukuran diameter lubang karburator menggunakan mesin tuner atau bubut.

Akan tetapi pengerjaan memperbesar karburator tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, karena apabila gagal karburator kamu tidak bisa stabil atau bahkan tidak dapat digunakan kembali.

Selain itu apabila sudah memperbesar diameter karburator, maka hal tersebut sudah tidak dapat dikembalikan normal.

2. Ganti karbu

gambar karburator

Selanjutnya ialah bisa dengan menganti karburator bawaan dari motor beat kamu dengan yang lain. Mengapa, pada sepeda motor beat karbu alias beat lama karburatornya masih menggunakan vakum karet, vakum karet tersebut berkerja dengan mengandalkan daya hisap dari piston.

Untuk beberapa kondisi vakum tersebut bisa kurang responsif, baik itu karena karetnya yang sudah bocor, piston vacum yang aus dan sebagainya. Oleh karena itu agar lebih responsif saat menarik gas kamu bisa lakukan penukaran karburator dengan jenis skep piston.

Sehingga saat menarik tuas gas skep piston dan jarum skep dapat langsung naik dan akselerasi sepeda motor juga responsif.

Namun perlu kamu ketahui, mencari karburator lain untuk dipasangkan pada motor juga tidak sembarangan, karena ada ketentuan dan rumus. Pasalnya jika diameter terlalu besar motor hanya akan mengalami ngempos dan sulit hidup.

Jika terlalu kecil motor kamu hanya akan boros dan cepat meraung, sehingga top speed akan tidak dicapai dengan baik.

Baca juga : Dampak Positif Dan Negatif Porting Karburator

3. Ganti roller racing

gambar roller

Untuk membuat tarikan beat karbu lebih enteng dan bertenaga tanpa bore up selanjutnya ialah bisa dengan mengati komponen roller pada CVT.

Roller sendiri merupakan komponen pada sepeda motor scooter yang berfungsi untuk menekan pulley primer berdasarkan gaya sentrifugal, sehingga pulley primer bergerak menekan belt dan meneruskan tenaga ke bagian belakang berdasarkan perbandingan torsi yang telah ditentukan.

Roller berpengaruh besar terhadap torsi dan top speed pasa sepeda motor, menganti roller menjadi ringan bisa membuat motor beat kamu menjadi lebih bertenaga, enteng dan menaikan akselerasi menjadi lebih cepat. Namun efeknya pada bagian top speed sedikit berukurang.

Begitupun juga sebaliknya, jika roller diganti dengan yang lebih berat maka pada bagian top speed motor akan terus naik, alias nafas mesin terasa lebih panjang pada putaran atas. Efeknya ya tentu mesin motor sedikit kurang responsif dan bertenaga.

Oleh karena itu kamu mungkin bisa menentukan perbandingan yang di inginkan, jika ingin bertenaga dan responsif maka bisa gunakan roller ringan. Jika ingin mendapatkan top speed pada ujung maka bisa diganti dengan roller sedikit lebih berat.

Atau kamu juga bisa mengantinya setengah, roller memiliki 6 buah jadi kamu bisa menganti 3 yang ringan dan 3 yang berat. Sehingga bisa mendapatkan pembagian tenaga yang di inginkan.

Perlu diketahui roller racing memiliki beberapa ukuran dalam gram, oleh karena itu sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan kamu.

4. Modifikasi rumah roller

Selain menganti roller, adapun cara lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan tenaga dan akselerasi sepeda motor beat kamu agar lebih kencang, salah satunya ialah dengan memodifikasi rumah roller.

Rumah roller yang dimodifikasi jalur rollernya dengan dibuat lebih cekung atau landai tujuanya ialah agar roller lebih cepat bergerak, sehingga menghasilkan akselerasi dan tenaga lebih tinggi.

Namun buat kamu yang engan memodifikasi rumah roller karena takut gagal, kamu bisa membeli paketan rumah roller racing baik depan maupun belakang, sehingga tingal langsung plug and play.

5. Menganti per CVT pulley belakang

Menganti per CVT atau per pulley belakang dengan tujuan untuk meningkatkan tenaga agar lebih enteng mungkin bisa di jadikan pilihan buat motor beat kamu.

Terutama buat kamu yang mencari kecepatan dan akselerasi maka harus mengimbanginya dengan mengganti juga per CVT. Kamu bisa mencoba ganti per dengan tingkat kekerasan 1.500 rpm, sehingga tarikan motor beat kamu akan lebih enteng dan ringan.

6. Ganti kampas ganda dan per sentrifugal

Menganti kampas ganda (Sproket, kampas kopling matic) dan per sentrifugal dengan kualitas racing, bisa meningkatkan performa tenaga sepeda motor kamu.

Sehingga efeknya gas menjadi lebih responsif karena daya cengkram kampas ganda menjadi lebih kuat dan tidak slip.

Namun jika kamu ingin menganti kampas ganda matic dan per sentrifugal, ada baiknya menganti secara keseluruhan. Sehingga hasil yang didapat nantinya jadi lebih optimal dan tidak mengecewakan kamu.

7. Menganti noken as dengan yang racing

Cara membuat tarikan beat karbu lebih enteng dan kencang berikutnya ialah bisa dengan lakukan pergantian noken as racing. Noken as merupakan komponen di dalam mesin yang berfungsi untuk memberi tekanan sehingga katup klep in dan ex terbuka secara tepat waktu.

Apasih spesialnya noken as racing? Noken as racing menjadi alasan sebagian orang yang ingin meningkatkan tenaga mesin tanpa harus menganti pistong dengan ukuran yang lebih besar.

Noken as racing juga memiliki kelebihan yaitu sudah di setting dengan tujuan untuk meningkatkan performa mesin. Oleh karena itu noken as racing juga memiliki beberapa ukuran dan tipe dengan tujuan untuk memenuhi selera pengguna.

8. Menganti cdi racing

gambar cdi racing

Jika kita tadi bicara meningkatkan performa tenaga motor beat dari segi mesin, kali ini kita meningkatkanya dari sistem pengapian. Caranya ialah dengan menganti komponen CDI yang menjadi otak dari sistem pengapian pada kendaraan.

Pada motor lawas seperti beat, fungsi CDI ialah untuk mengatur waktu kapan percikan api harus keluar ke coil dengan tujuan membakar bensin pada ruang bakar. CDI standar bawaan pabrik memiliki ketentuan yang tidak bisa disetting secara manual, alias tidak bisa dikotak-katik.

Berbeda dengan beberapa merk CDI racing yang memungkinkan kamu untuk mengatur pengapian, baik itu mempercepat ledakan agar pengapian lebih advance. Lantas apa efeknya apabila pengapian lebih besar dan advance?

Efeknya ialah performa mesin menjadi sangat jauh meningkat, karena pembakaran bensin pada ruang silinder menjadi lebih sempurna serta titik ledak api busi yang dipercepat juga berpengaruh terhadap tenaga mesin.

Hanya dengan memasang CDI racing pada kendaraan dan di seting, kamu sudah bisa meningkatkan tenaga dan akselerasi menjadi lebih enteng sekaligus kencang tanpa harus membongkar mesin.

9. Porting deksel

Porting deksel terkadang menjadi pilihan bagi sebagian orang yang suka kebut-kebutan, pasalnya memperbesar lubang in (hisap) dan ex (buang) menjadi sedikit lebih besar bisa berpengaruh terhadap performa mesin.

Dengan memperbesar lubang inlet tentu jalur pernafasan dari karbu ke ruang bakar menjadi lebih plong. Begitu pun sebaliknya yang terjadi pada bagian exhaust dimana udara sisa pembakaran bisa terbuang dengan baik.

Akan tetapi pengerjaan porting deksel tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Pasalnya jika salah atau terlalu besar bisa menyebakan tarikan motor menjadi ngempos karena proses pengkabutan bahan bakar kurang efisien.

10. Meningkatkan rasio kompresi

gambar mesin sepeda motor beat

Meningkatkan rasio kompresi cocok buat kamu yang menginginkan motor beat karbu menjadi lebih menendang, bertenaga dan lebih enteng saat berakselerasi dijalan. 

Dengan menaikan kompresi mesin, tentu kamu sudah pasti akan mengecilkan ruang bakar (squish) pada deksel, sehingga pada akhirnya akan meningkatkan perbandingan antara cc silinder dan cc ruang bakar.

Karena adanya peningkatan perbandingan, tentu tekanan udara dan bensin pada ruang bakar menjadi lebih tinggi. Sehingga apabila terjadi ledakan akibat percikan busi maka akan menghasilkan tenaga alias power lebih besar juga.

Adapun beberapa cara untuk meningkatkan rasio kompresi ialah dengan dilakukanya bubut atau papas blok dan deksel, menganti piston dengan kepala yang lebih jenong, membubut sedikit blok atau membuang sebagian perpak topset.

Namun perlu kamu ketahui, meningkatkan rasio kompreis tidak bisa dilakukan sembarangan. Pasalnya adapun efek negatif yang ditimbulkan ialah motor terlalu bertenaga sehingga hilang kontrol, mesin cepat panas serta bisa merusak beberapa komponen pada bagian ruang bakar.

Baca juga : Efek Positif & Negatif Dari Papas Blok Mesin

11. Ganti oli premium

Tahukah kamu bawa oli bisa berpengaruh besar terhadap tenaga mesin loh. Pemilihan oli yang tepat dan bagus bisa meningkatkan performa mesin, baik saat panas maupun dingin. Hal tersebut juga berlaku pada sepeda motor beat kesayangan kamu.

Seperti yang sudah kita ketahui, oli pada mesin berfungsi sebagai pelumas, menjaga komponen mesin agan lebih awet, menghidari gesekan dan aus, membantu mendiginkan mesin sekaligus meratakanya keseluruh bagian sisi, membersihkan dari kotoran dan tentu saja menjaga performa mesin agar tetap stabil.

Oleh karena itu oli yang memiliki kualitas terbaik sudah pasti akan memaksimalkan performa kendaraan, baik itu saat dalam posisi panas ataupun dingin. Kamu bisa coba untuk merasakan beberapa perbedaan oli berdasarkan kekentalan dan kualitas materialnya pada beberapa merk tertentu.

Nah, itulah cara membuat tarikan beat karbu lebih enteng dan kencang tanpa harus bore up menganti piston secara besar-besaran. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam memodifikasi sepeda motor sehingga mendapatkan yang kamu inginkan.

Note : Perlu di ingat, memodifikasi mesin tentu sangat beresiko tinggi jika tidak diperhitungkan lebih awal dan secara matang.

Baca terus informasi lainnya di heaty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel