CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Semangka Adalah Buah Berry, Benarkah? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Semangka Adalah Buah Berry, Benarkah?

gambar tanaman semangka
Sumber foto : pixabay/Deemcat
Healty99 - Apakah semangka adalah buah berry? Jawabnya adalah "Ya" Buah semangka masuk dalam kategori jenis buah berry-berryan. Mengapa? Yuk simak selengkapnya dibawah ini sampai selesai.

Siapa sih yang tidak suka semangka? Ini adalah buah berair yang sangat nikmat dan segar jika di santap saat cuaca sedang panas. Selain itu semangka juga memiliki sejumlah nutrisi dari segi vitamin, mineral serta serat pangan.

Baca juga : Nama-Nama Buah Dari A Sampai Z Dan Gambarnya

Tidak banyak yang tahu bahwa semangka adalah bagian dari buah beri, kebanyakan orang justru mengenalnya sebagai buah biasa.

Tetapi ini tidak merubah fakta bahwa semangka adalah beri sama seperti buah anggur yang tidak disangka, dan justru strawberry yang dikenal sebagai buah berry justru bukan buah berry seutuhnya.

Semangka Adalah Berry

Begini penjelasanya. Menurut definisi, buah beri memiliki tiga ciri khas "lapisan berdaging," ungkap Judy Jernstedt dari profesor ilmu tumbuhan di University of California.

Baca juga : Buah Dengan Rasa Paling Asam

Lapisan-lapisan tersebut ialah terdiri dari “eksokarp (kulit luar), mesokarp (bagian tengah berdaging) dan endokarp (bagian terdalam tempat dimana menyimpan biji).” Sedangkan semangka memiliki bagian tersebut.

Eksokarp semangka merupakan kulit luar, lalu muncul bagian dalam yang khas berwarna merah muda yang kita konsumsi dan terakhri bijinya.

Untuk diklasifikasikan dalam anggota buah beri, buah paling tidak harus mempunyai dua biji atau lebih dan harus berkembang dari "bunga yang memiliki satu ovarium".

Nah, buah yang termasuk kategori ini antara lain ialah tomat, anggur, alpukat, paprika, cranberry, terong, dan kiwi. Pisang dan jeruk juga termasuk, namun stroberi bukan bagian berry seperti kita kenal.

Stroberi dan raspberry memiliki karakteristik bunga dengan lebih dari satu ovarium, untuk itu mereka lebih disebut sebagai "buah agregat" alias buah biasa sebagai lawan dari buah beri.

Nah itulah yang menyebabkan semangka masuk dalam golongan beri-berian karena memiliki 3 lapisan berupa kulit luar, daging dan biji.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel