CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberi Kelinci Makan Stroberi? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Bolehkah Memberi Kelinci Makan Stroberi?

gambar kelinci
Sumber gambar : pixabay/Etouale
Healty99 - Umumnya kita memberi makan kelinci dengan sayuran seperti kangkung, wortel dan sebagainya. Akan tetapi beberapa pemikiran mungkin terlintas saat kamu mengkonsumsi strawberry di hadapan peliharaan seperti satu ini, lalu ada maksud untuk memberikan sedikit kepadanya.

Disatu sisi bisa jadi kamu berfikir, boleh memberikan kelinci buah stroberi? Dan apakah hal tersebut berbahaya? Nah, bagi kamu yang penasaran, yuk simak dibawah ini.

Stawberry Makanan Kelinci

Strawberry merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi, bagi kita (manusia) mengkonsumsinya dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Lalu bagaimana jika kita memberikan kepada teman berbulu seperti kelinci?

Hewan kelinci tentu saja boleh mengkonsumsi stroberi, pasalnya buah satu ini tidak termasuk dalam kategori buah-buahan yang berbahaya. 

Namun tentu saja, harap untuk tidak memberikan dalam jumlah yang banyak atau melebihi makanan harianya. 

Fakta kandungan nutrisi stroberi

Menurut Nutritionvalue.org, strawberry memiliki kandungan sebagai berikut:

  1. Tinggi vitamin C dan mangan
  2. Kandungan gula dan serat makanan sedang
  3. Sejumlah kecil berbagai macam vitamin dan mineral
  4. Rendah kalsium 

Serta adapun beberapa komposisi lainnya seperti kalori 85% karbohidrat, 7% protein, dan 8% lemak.

Stroberi bukanlah buah yang berbahaya dan beracun bagi hewan kelinci, bahkan memberikan beberapa potong tentu sangat baik sebagai camilan untuk kelinci peliharaan.

Kampu perlu mengetahui sedikit, beberapa jenis kelinci liar di alam mereka bisa memakan stroberi. Terutama pada musim-musim stroberi tertent di berbagai belahan dunia.

Meskipun begitu, kandungan gula stroberi yang cukup tinggi berarti bahwa buah satu ini tidak boleh menjadi bagian makanan utama dari kelinci mana pun.

Memberikah kelinci sesekali dalam bentuk potong kecil tentu tidak akan menyakiti mereka, justru ini bisa memberi manfaat baik.

Manfaat stroberi untuk kelinci

Umumnya, jenis makanan manis yang diberikan kepada kelinci sebagai camilan, sebenarnya memiliki nilai gizi yang sangat sedikit. Tidak demikian halnya dengan buah stroberi.

Selain mempunyai ragam vitamin dan mineral dalam jumlah sedang, stroberi juga memiliki jumlah serat makanan yang layak kamu berikan untuk kelinci.

Ini juga termasuk pada kandungan kalsiumnya yang rendah sehingga lebih mudah untuk sistem pencernaan kelinci.

Cara memberikan stroberi sebagai makanan kelinci

Karena nafsu makan mereka yang rakus akan makanan manis, kebanyakan kelinci akan langsung makan seluruh stroberi dalam waktu yang cukup singkat.

Jadi, sangat di sarankan untuk mengiris stroberi menjadi beberapa bagian kecil, dan memberikannya kepada kelinci dalam waktu yang lebih lama secara bertahap.

Selain itu selalu pastikan kamu memilih buah stroberi yang ditanam secara organik. Dengan menghindari zat lapisan lilin dan pestisida berbahaya, maka kamu telah membantu sistem pencernaan dan kekebalan kelinci yang sensitif untuk tetap selalu dalam kondisi prima.

Berapa banyak strawberry diperbolehkan untuk kelinci?

Untuk kelinci ukuran kecil atau kerdil, stroberi utuh hampir bisa dianggap sebagai makanan besar baginya, pastikan untuk memotongnya menjadi irisan agar tidak membebani sistem pencernaan kelinci kamu.

Sedangkan kelinci yang lebih besar, bagaimanapun dapat dengan mudah makan 2 sampai 3 stroberi dalam sekali duduk tanpa adanya masalah.

Yang perlu kamu ingat ialah, stroberi harus menjadi camilan sesekali jangan terlalu sering. Tidak peduli betapa lucunya teman berbulu kamu, untuk itu kamu harus menjaga pola makan akan tidak berlebihan.

Jenis strawberry yang bagus untuk kelinci

Tidak ada jenis strawberry yang spesial, hanya saja sebaiknya selalu beri makan dalam kondisi segar untuk peliharaan kamu satu ini.

Selain itu adapun jangan pernah dibekukan, dimasak, atau dikalengkan. Apa pun selain buah organik segar dapat menyebabkan gangguan pencernaan yang serius bagi kelinci kamu.

Akan lebih bagus jika kamu memberikan dalam bentuk yang baru dipetik dari kebun, karena dengan begitu kondisi masih segar dan tidak terkontaminasi bahan pangan lainnya.

Cukup sudahi kali ini. Kamu bisa memberikan strawberry sebagai makanan kelinci dalam upaya memberikan makanan yang sehat. Namun pastikan tetap pada takaran yang sesuai pada porsi.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar strawberry.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i