CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sakit Perut Setelah Makan Buah Mangga Bacang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Sakit Perut Setelah Makan Buah Mangga Bacang

gambar buah bacang macang mangga mbacang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Bacang mangga, mbacang atau macang, merupakan buah yang masih dalam famili mangga-manggaan. Buah satu ini memiliki ciri yang khas, dimana mampu mengeluarkan aroma yang kuat, daging buah berserat serta memiliki rasa manis asam menyegarkan.

Saat mencium aromanya, pasti akan membuat kamu mencari dimana ia bersembunyi. Ini karena bacang merupakan mangga yang enak dikonsumsi saat matang ataupun sudah di olah menjadi makanan.

Di sisi lain, mengkonsumsi buah satu ini ternyata juga bagus untuk kesehatan loh. Mbacang di ketahui mempunyai manfaat yang tidak bisa di remehkan. 

Mangga bacang mengandung sejumlah mineral, vitamin dan serat yang bagus untuk tubuh. Tidak heran ada banyak orang yang mengkonsumsinya demi mendapatkan beragam nutrisi yang terkandung di buah.

Akan tetapi, alih-alih ingin mendapatkan khasiat dari buah bacang, sebagian orang ada juga yang mengalami gejala sakit perut. Atau bahkan kamu sendiri pernah mengalami sakit perut saat setelah makan buah bacang?

Lantas apasih penyebabnya bisa sakit perut? Untuk itu, berikut beberapa penyebab kamu mengalami sakit perut, kram, atau nyeri saat sesudah makan mangga bacang.

1. Kurangnya kebersihan

Kurangnya dalam menjaga kebersihan saat mengkonsumsi makanan menjadi hal utama kenapa kamu bisa mengalami sakit perut.

Buah bacang yang dikupas menggunakan pisau, alas telenan dan tidak mencuci tangan terlebih dahulu akan sangat mudah terkontaminasi kuman dan bakteri.

Contohnya seperti jenis bakteri Escherichia coli (E.coli), Campylobacter, Listeria dan sebagainya.

Selain itu, buah yang beraroma menyengat tentu suka di hingapi lalat, ini bisa menjadi penularan penyakit dan mengancam kesehatan.

Sangat sarankan untuk selalu menjaga kebersihan saat makanan (buah) dan pastikan menyimpannya pada tempat yang baik.

2. Buah terlalu matang

Buah merupakan bahan makanan yang sangat mudah sekali mengalami busuk, termasuk juga pada mangga bacang. 

Bahkan asal kamu tahu, hanya dalam bebepa hari buah satu ini sudah mengalami perubahan dengan menguning dan menjadi sangat lembek. Terlebih lagi saat kamu luma memeramnya.

Buah macang yang sudah berubah warna menjadi kehitaman dan banyak bintik, lunak, berair serta sedikit kecut menandakan hal tersebut keadaanya sudah mulai membusuk.

Mengkonsumsi makanan yang sudah dalam kondisi setengah membusuk seperti ini tentu dapat meningkatkan resiko kamu mengalami sakit perut, mual hingga kram.

3. Mencampur dengan makanan lain

Mencampur beragam makanan menjadi satu sering kali di lakukan sebagian orang. Hal ini di tujukan agar bisa menikmati dua atau lebih makanan menjadi satu hanya untuk merasakan sensasi yang berbeda.

Namun, banyaknya jenis makanan yang dikonsumsi tentu akan membuat usus dan sistem pencernaan sulit dalam mencerna makanan. 

Beberapa orang mungkin saja akan mengalami sakit perut dan kotraksi dikarenakan reaksi dari makanan yang tercampur dalam saluran pencernaan.

Tipsnya, hidari mencampur buah bacang dengan makanan atau minuman aneh yang tidak lazim. Contohnya seperti makanan pedas, kopi dan beberapa minuman beralkohol lainnya, karena itu bersifat asam.

4. Makan-makanan pedas

Penyebab kamu bisa merasakan sakit perut kali ini masih ada hubungan dengan nomor 3 diatas, yaitu masih dengan mencampur berbagai jenis makanan. 

Makan-makanan yang mempunyai cita rasa pedas seperti ulekan cabai mentah, sambal masak, makanan berminyak dan sebagainya bisa menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan dan lambung kamu.

Efek yang di timbulkan akan membuat reaksi panas bahkan kram, sakit perut, kotraksi berlebihan, diare atau bahkan nyeri.

Mungkin bagi kamu gejala masih belum terasa, namun dengan mengkonsumsi buah, tentu hal tersebut akan membuatnya bertambah parah.

5. Kondisi perut sedang kosong

Bacang merupakan buah yang sangat enak jika di konsumsi saat matang, namun sebagian orang mungkin pernah mengalami sakit perut saat setelah memakanya. 

Disisi lain, jika kamu mengkonsumsi buah dalam jumlah yang cukup banyak dan sedang dalam kondisi perut yang kosong. Bukan tidak mungkin kamu bisa saja mengalami yang namanya sakit perut.

Untuk itu, langkah baiknya ialah makan lah makanan berat terlebih dahulu sebelum makan buah bacang. Ini agar perut kamu terbiasa dan tidak mengalami reaksi yang berlebihan.

Nah, itulah beberapa penyebab sakit perut setelah makan mangga bacang

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar bacang.

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i