CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Dari Meletakan Tanaman Didalam Ruangan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Dari Meletakan Tanaman Didalam Ruangan

gambar tanaman di dapur
Sumber foto : pixabay/Pexels
Healty99 - Tanaman hias tak selalu berada di luar rumah. Mungkin sebagian orang yang memelihara tanaman didalam ruangan (indoor) lebih menganggap sebagai hiasan atau dekorasi semata. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah, selain itu tanpa disadari oleh pemilik tanaman tersebut juga bisa memberi dampak yang positif secara tidak langsung.

Bahkan, dengan penempatan yang tepat seperti pada sudut ruangan, dibawah tangga atau di atas meja bisa membuat design interior dalam rumah kamu menjadi lebih mewah sekaligus elegan. 

Baca juga : 100+ Type Of Succulent

Akan tetapi pastinya pemilihan tanaman pun tidak sembarangan, sehingga nantinya tidak terlalu memakan tempat dan malah mengganggu pemandangan. 

Manfaat Tanaman Hias Didalam Ruangan

Tahukah kamu, selain mempercantik ruangan ternyata ada manfaat baik loh untuk pemilik yang meletakan tanaman di dalam ruangan.

Penasaran apa saja itu, simak dibawah ini selengkapnya.

Baca juga : Tanaman Hias Dengan Nama Lidah

1. Menyegarkan mata dan pikiran

Penggunaan tanaman hias dalam ruangan lebih baik disarankan jenis warna hijau atau berwarna hijau. 

Seperti yang telah di jelaskan dalam Colour-Affects.co.uk, terdapat empat jenis warna yang mampu mempengaruhi psikologi kita. 

Warna-warna tersebut ialah merah, biru, kuning dan hijau. Dari ke empat warna tersebut sangat berkaitan dengan pikiran, emosi dan mood seseorang.

Hijau merupakan warna yang bisa memberi pengaruh untuk mata sehingga lebih nyaman dan tak perlu penyesuaian.

Dengan meletakan tanaman hijau juga seakan kita melihat pemandangan dari keindahan alam, rasa ketenangan dan aman sehingga dapat meredakan stress, mengurangi kecemasan serta mampu meningkatkan semangat seseorang.

2 Menyaring debu dan kotoran

Tanaman hias juga dapat membersihkan kotoran seperti debu yang melayang di udara loh. 

Memang tidak terlau efektif dan secara langsung hasilnya, namun dampak yang diberikan banyak dikitnya tetap akan terasa bagi ruangan.

Lagi pula tanaman juga murah meriah dan lebih efektif dalam meyerap partikel halus di sekitarnya yang tidak dapat terjatuh.

3. Menyerap virus penyebab penyakit

Manfaat meletakan tanaman hias dalam ruangan selanjutnya ialah, dapat menyerap partikel virus sama halnya seperti menyaring debu dan kotoran. 

Seperti yang kita ketahu virus memiliki berat yang sangat ringan dan dapat terbang terbawa angin atau pun melayang di udara (airborne). 

Nah, secara tidak langsung dan bertahap peran tanaman akan menyerap partikel virus yang ada disekitarnya secara perlahan. 

Sehingga dampaknya pun lingkungan menjadi bebas penyakt yang disebabkan oleh virus berbahaya.

4. Menyegarkan ruangan

Menyegarkan sirkulasi udara disekitarnya dan membuatnya lebih fress tentu sudah pasti. 

Perlu kamu ketahui manusia dan tumbuhan dapat menjadi simbiosis mutualisme, yang mana dapat saling menguntungkan satu sama lain tanpa ada yang dirugikan.

Pada saat siang hari, tanaman akan menyerap karbon dioksida (CO2) yang di keluarkan oleh tubuh manusia dan mengantinya dengan oksigen (O2), begitupun sebaliknya dimana oksigen sangat di butuhkan oleh mahluk hidup seperti manusia. 

Sebagai contoh cobalah berada berada di bawah pohon saat siang hari pasti akan terasa sejuk dan segar.

Namun sayang sekali hal tersebut akan berbeda pada malam hari, tanaman akan melakukan sebaliknya yaitu menyerap oksigen disekitarnya dan membuat kamu akan sedikit rebutan dengan mereka.

5. Menyerap pancaran radiasi

Tanaman dapat menyerap radiasi memang benar adanya, contohnya radiasi gelombang elektromagnetik yang di keluarkan oleh alat-alat elektronik seperti televisi, radio, hp, komputer dan wifi. 

Seperti yang kita ketahui radiasi dari beberapa alat elektronik dapat membuat pola hidup menjadi tenganggu seperti merubah jam tidur, mengganggu konsentrasi, terasa letih dan bahkan sakit kepala.

Salah satu upaya untuk meredakanya cobala meletak tanaman hias pada ruangan tempat kamu kerja, ataupun di samping elektronik kamu agar gaya hidup menjadi lebih baik.

6. Mengurangi gas atau racun yang berbahaya

Manfaat selanjutnya ialah bisa membantu menyerap gas-gas dan racun berbahaya yang berada di dalam ruangan. 

Beberapa racun udara dapat berupa asap rokok, obat nyamuk, racun serangga, bebauan kurang sedap dan masih banyak lainnya dapat di kurangi secara perlahan oleh tumbuhan. 

Oleh karena itu, bagi orang tua yang mempunyai anak kecil akan lebih baik jika ruangan bermainya di letakan tanaman hias untuk menangkal racun udara.

Nah, itulah beberapa manfaat dari meletakan tanaman didalam ruangan atau rumah (indoor)

Baca terus informasi di healty99.com tentang hal menarik lainnya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel