CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Sayur Kecipir Untuk Ibu Hamil? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Sayur Kecipir Untuk Ibu Hamil?

gambar kacang kecipir
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pastinya kamu tahu dengan kecipir kan? Yap, sayuran yang masih dalam anggota keluarga kacang-kacangan ini memang populer di Indonesia. Pasalnya cipir kerap di konsumsi sebagai lalapan atau diolah menjadi masakan.

Selain karena rasanya yang enak, ternyata manfaat kecipir baik untuk kesehatan loh, terutama buat ibu hamil dan buat kamu yang teratur mengkonsumsinya.

Kecipir atau cipir di ketahui memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang tinggi, salah satunya ialah Kalsium, Besi, Magnesium, Fosfor, Kalium, Sodium, Seng, Tembaga, Mangan, Selenium, Karbohidrat, Vitamin A, C, B1-B6, B9 dan Serat.

Kecipir Untuk Ibu Hamil

Dikutip dari beberapa sumber. Mengkonsumsi daun kecipir dalam jumlah banyak diketahui dapat menyebabkan cacat lahir dan keracunan hati. Hal ini karena disebabkan oleh kandungan vitamin A dengan dosis yang tinggi.

Namun jika dikonsumsi dalam porsi yang pas dan tidak berlebihan, justru hal tersebut menjadi lebih baik, pasalnya sayuran satu ini sumber sumber serat, vitamin C, A dan beberapa mineral yang sangat bagus untuk tubuh.

Selama kehamilan, serat membantu meringankan sembelit pada ibu hamil. Vitamin C juga mempunyai manfaat dalam mengurangi risiko komplikasi kehamilan berisiko tinggi, atau yang dikenal sebagai pre-eklampsia.

Vitamin A dalam jumlah yang sesuai sangat diperlukan untuk ibu hamil karena membantu perbaikan jaringan pasca persalinan. Ini juga membantu menjaga penglihatan normal dan melawan infeksi.

Disisi lain, biasanya dokter menyarankan agar bunda hamil untuk meningkatkan asupan zat besi dari makanan maupun suplemen.

Sebuah studi Cochrane Database of Systematic Review mengungkapkan bahwa dengan suplementasi zat besi sebelum melahirkan dapat membantu menurunkan risiko berat badan lahir rendah dan menghindari anemia atau ibu kekurangan darah selama kehamilan.

Wanita hamil setidaknya harus mendapatkan asupan 27 miligram zat besi setiap harinya. Sedangkan asupan zat besi paling baik diserap ketika dilengkapi dengan makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, tomat dan sayuran hijau.

Ini juga termasuk kacang kecipir, karena terdapat sekitar dari 24,46 mg zat besi yang merupakan 305,75% dari nilai harian yang direkomendasikan.

Sehingga yang terbaik adalah memasukkannya ke dalam makanan rutin kamu, terutama jika ingin mendapatkan jumlah zat besi yang cukup.

Nah, itulah manfaat kecipir untuk ibu hamil yang bisa kamu ketahui.

Berapa banyak ibu hamil boleh makan kecipir?

Belum di ketahui secara pasti berapa banyak porsi yang di perbolehkan, namun sebaiknya tidak mengkonsumsi kecipir setiap hari.

Namun jika kamu masih ragu, konsultasi ke dokter atau ahli gizi kepercayaan kamu adalah hal yang terbaik. 

Dengan begitu kamu bisa mendapatkan saran dan menghindari hal-hal yang tidak di inginkan nantinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar kecipir.

Ref : healthbenefitstimes/pregnantplate 

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel