CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 16 Ide Bisnis Kekinian Dari Buah Pisang Untuk Jualan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

16 Ide Bisnis Kekinian Dari Buah Pisang Untuk Jualan

gambar pisang lumpia
Sumber foto : pixabay/drawsandcooks
Healty99 - Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis, hal inilah yang membuat pisang dapat tumbuh dengan subur di setiap penjuru kawasan. Oleh karena itu kita harus bersukur, pasanya bisa menemukan beragam jenis tanaman pisang dengan mudah.

Karena pisang termasuk dalam kategori buah yang murah dan keberadaanya sangat melimpah, akan kah ini menjadi ide peluang usaha yang menarik sekaligus bernilai jual tinggi.

Kebetulan, jika kamu sedang memikirkan bagaimana cara berjualan makanan dari bahan dasar buah p!sang? Maka kamu bisa membaca artikel kali ini sebagai referensi, berikut beberapa olahan pisang kekinian untuk dijual kembali.

Ide Bisnis Olahan Buah Pisang Kekinian

Sebenarnya, pisang merupakan buah yang mudah diolah menjadi aneka makanan enak sekaligus menarik. 

Bahkan buah kuning satu ini juga bisa di padukan dengan beberapa olahan lain seperti dipanggang, kukus, goreng, dikeringkan dan lain sebagainya.

1. Keripik pisang

gambar olahan keripik pisang
Sumber gambar : pixabay/thebzeeds

Yang pertama dan yang paling mudah sekaligus umum ialah keripik pisang. Keripik juga merupakan cemilan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Jika kamu bilang keripik pisang monoton saja, yang hanya di iris dan digoreng maka kamu salah besar.

Keripik buah pisang setidaknya ada banyak jenis, mulai dari rasa original, keripik pisang pedas manis, dibalur tepung coklat atau coklat leleh, kripik pisang madu dan bahkan kamu bisa menambahkan sejumlah penyedap instan yang banyak di jual di toko bumbu.

Dengan kemasan yang menarik tentu pastinya akan terlihat cantik sekaligus bisa memikat pelanggan untuk membeli.

Untuk jenis buah pisng yang dijadikan keripik juga ada banyak, namun yang paling umum digunakan ialah jenis pisang kepok, lilin, raja nangka dan tanduk kerbau.

2. Pisang goreng

gambar pisang di goreng
Sumber foto : pixabay/ponce_photography
Siapa yang tidak suka dengan pisang goreng, makanan satu ini pasti selalu ada saat kamu membeli gorengan di pingir jalan. 

Harganya yang murah meriah, cepat laku dan banyak di sukai tentu menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Secara umum, pisang goreng yang sering dijumpai di pinggir jalan mereka membagi 1 buah pisang menjadi 2 atau 3 potong. Namun dengan sedikit tambahan ide tentu kamu bisa membuat olahan satu ini menjadi lebih unik dan lain dari yang lain.

Sejatinya pisang goreng juga ada banyak jenisnya, mulai dari p!sang goreng kipas, tepung krispi, godok-godok, pisang goreng keju coklat serta dengan beberapa taburan toping lainnya seperti madu, red velvet, green tea, oreo dan sebagainya.

3. Pisang coklat keju

gambar pisang coklat keju
Sumber foto : cookpad/Mama Raihan
Berikutnya ada pisang coklat keju. Makanan satu ini termasuk yang kekinian, terbuat dari buah pisang lilin yang digoreng dengan baluran tepung roti, lalu setelah matang di beri taburan kacang sangrai, coklat meses dan keju.

Pisang coklat keju di kemas dalam kotak terdiri dari 6 sampai 7 buah pisang lilin yang di belah dua, lalu dijual dengan harga mulai dari 10k hingga 15 k per box kotak.

4. Leker

gambar leker stroberi

Leker adalah salah satu camilan tradisional atau jajanan yang populer berasal dari kota solo, walaupun termasuk dalam jajanan kering namun kudapan satu ini banyak diminati oleh masyarakat.

Bahan pembuatan leker juga tidak terlalu sulit, kamu yang perlu membuatnya setipis dan serenyah mungkin.

Terdiri dari tepung beras, tepung maizena, gula, air, dan beberapa toping lain seperti susu, gula halus, pisang, hingga kacang sangrai.

Jenis buah pisang yang bisa kamu gunakan sebagai campuran leker juga ada banyak, namun saya sarankan kamu untuk mengunakan jenis cavendish, ambon, lilin serta kepok.

5. Sale

gambar pisang sale
Sumber foto : cookpad/Bunga Rosse
Sale merupakan makanan khas yang berasal dari kota Aceh, kudapan satu ini terbuat dari olahan pisang yang di iris tipis-tipis lalu kemudian di jemur dibawah terik matahari dengan tujuan penjemuran untuk menghilangkan kadar air yang terkandung.

Pisang yang dijemur tersebut nantinya akan berubah warna menjadi hitam kecoklatan, sedikit alot namun memiliki rasa manis murni dari pisang matang.

Untuk pembuatan sale juga tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu mengiris buah p!sang menjadi irisan tipis lalu di jemur hingga kadar airnya berkurang jauh.

Adapun beberapa jenis pisang yang sering digunakan untuk membuat sale ialah ambon, kepok, siem, raja bulu, dan emas (mas).

6. Pisang geprek bakar

gambar pisang geprek bakar atau panggang
Sumber foto : cookpad/Dapur Om Hansie
Pisang geprek bakar merupakan makanan kekinian yang terbuat dari plsang kepok setengah matang, lalu kemudian di panggang atau di bakar diatas bara api dengan masih ada kulitnya.

Setelah pisang masak dan menjadi lebih lembut, lalu di kupas dan selagi hangat dan di tekan atau digeprek menggunakan alat (papan) yang terbuat dari bahan kayu. 

Seteah sedikit gepeng pisang ditabur dengan beberapa toping seperti kacang sangrai, cream kental manis, keju, meses dan sebagainya. 

7. Pisang lumpia

gambar pisang lumpia
Sumber foto : pinterest
Olahan selanjutnya kamu bisa buat pisang lumpia, yaitu buah pisang yang sudah menguning diselimuti kulit lumpia, baru setelah itu digoreng hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Pisang lumpia terbilang populer dan banyak digemari, selain harganya yang murah yaitu 1000 rupiah untuk buah plsang yang di iris menjadi tiga bagian dan lembaran lumpia tipis, tentu bisa menjadi peluang usaha menjanjikan.

Untuk buah pisang kamu bisa gunakan jenis lilin atau kepok, karena rasanya lebih manis dan dapat ditemukan dengan harga murah di pasar.

8. Es pisang ijo

gambar es pisang ijo
Sumber foto : cookpad/Uli's Kitchen
Siapa yang tidak tahu dengan es pisang ijo, ini merupakan jananan yang sempat populer beberapa tahun lalu.

Terbuat dari pisang kepok yang diselimuti tepung beras berwarna hijau lalu dikukus, kemudian dihidangkan bersamaan dengan bubur sumsum, es, cream kental manis, santan, gula merah atau sirup.

Makanan satu ini sangat cocok dijajalkan saat cuaca panas terik, karena sifatnya yang mengenyangkan sekaligus melepas dahaga.

9. Es krim pisang

gambar es krim pisang
Sumber foto : pixabay/bluebudgie
Buat kamu yang sangat menyukai es krim atau ingin menjajal dengan target anak sekolahan, mungkin es krim bisa menjadi pilihan yang tepat.

Anak-anak pastinya sangat suka dengan es krim, selain karena rasanya yang manis dan enak, es krim juga bisa menyejukan saat panas terik.

Jika kamu ingin berjualan es krim pisang, maka saya sarankan membuat dari jenis pisang ambon, cavendish, lemak manis atau emas serta lilin. Hal ini dikarenakan rasanya yang pulen dan tentu saja sangat manis.

10. Pisang rai

gambar pisang rai
Sumber foto : istockphoto
Ada yang tau dengan olahan pisang rai? Ini merupakan makanan yang berasal dari daerah Bali. Mirip dengan plsang ijo yang dibalur tepung beras, namun kali ini plsang rai terbuat dari pisang kepok matang yang di balur parutan kelapa muda.

Pisang rai bisa kamu jajal sebagai makanan tradisional di pasar, terutama pada tempat-tempat khusus seperti pasar bedug saat puasa, pasar jajan tradisional dan sebagainya.

11. Lapek

gambar lapek pisang
Sumber foto : cookpad/Rini Andriyani
Lapek merupakan jajanan tradisional yang di bungkus dengan menggunakan daun pisang. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis lapek yang tersebar di setiap daerahnya, termasuk itu jenis lapek pisang.

Salah satu contohnya ialah lapek bugih isi plsang, lapek ketan pisang, lapek singkong p!sang dan sebagainya.

12. Pisang molen

gambar pisang molen
Sumber foto : pixabay/mufidpwt
Ide kreasi jajalan kekinian yang bernilai jual selanjutnya ialah ada dari pisang molen. Ini adalah makanan ringan yang terbuat dari buah pisang masak dan digulung dengan adonan pastry.

Makanan satu ini tentunya sangat cocok di santap oleh banyak kalangan bersamaan dengan minuman teh, kopi dan sebagainya di waktu luang. 

Pisang molen umumnya di jual mulai dari 1000 rupiah untuk ukuran kecil yang berisikan potongan buah p!sang dan toping lainnya seperti keju, coklat serta gula.

13. Pisang nugget

gambar pisang nugget
Sumber foto : cookpad/Fauziah Nur
Pisang nugget merupakan jajalan manis yang terbuat dari plsang yang digoreng. Akan tetapi sedikit berbeda dengan pisang goreng yang umum kita jumpai.

Cara membuatnya, pisang yang sudah matang di potong menjadi kotak lalu dibentuk ke dalam adonan tepung terigu, kocokan telur serta tepung panir.

Setelah itu digoreng hingga warnanya menjadi kecoklatan emas, dan selanjutnya di beri aneka toping seperti kacang sangrai, keju, cream kental manis, coklat, meses, green tea, gula tepung, mutiara dan glaze sebagainya.

14. Roti pisang banjar

gambar roti pisang banjar
Sumber foto : pinterest
Roti pisang banjar merupakan jajanan tradisional yang hampir mirip dengan roti cubit, hanya saja roti banjar di isi dengan toping plsang pada bagian tengahnya.

Terbuat dari beberapa bahan seperti terigu, gula, garam, vanili, santan dan tentu saja pisang. Membuat cemilan satu ini terasa legit dan sangat cocok disantap bersamaan minuman hangat.

Roti pisang banjar juga bisa kamu jual di pasar kue sebagai makanan tradisional loh, bahkan ada banyak yang menyukai karena rasanya enak serta mengenyangkan.

15. Dodol pisang

gambar dodol pisang
Sumber foto : cookpad/Maharisa Putri Amanda
Buat kamu yang memiliki banyak sekali stok pisang, namun bingung mau dibuat olahan seperti apa? Maka ada baiknya kamu buat dodol, karena bernilai jual sangat tinggi loh.

Pisang adalah buah yang cepat sekali mengalami matang, jika tidak segera di olah maka bukan tidak mungkin akan busuk. 

Untuk alasan tersebut, maka mengolah buah kuning satu ini menjadi dodol adalah ide yang menarik sekaligus bisa di jual ke pasar dan tanpa harus khawatir cepat basi.

Pasalnya dodol merupakan makanan yang mampu bertahan cukup lama jika dibungkus.

16. Bolu 

gambar bolu pisang
Sumber foto : istockphoto
Bisnis jualan makanan menggunakan bahan dasar pisang selanjutnya ialah ada dari bolu. 

Pisang termasuk buah yang sangat mudah diolah menjadi aneka kue, termasuk itu bolu. Baik bolu kering (panggang), bolu basah (kukus) maupun brownies, pisang bisa saja dicampur sebagai bahan baku utama.

Nah, itulah beberapa ide kreasi olahan pisang untuk kamu jadikan bisnis jualan yang kekinian sekaligus menghasilkan uang.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah kuning ini.

Artikel terkait : 

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel