CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 9 Cara Menambal Tangki Minyak Motor Tiger yang Bocor - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

9 Cara Menambal Tangki Minyak Motor Tiger yang Bocor

gambar tangki motor
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Buat kamu yang mempunyai motor tiger dan sedang mengalami kondisi tangki minyak yang bocor, mungkin cobalah untuk membaca artikel kali ini sampai selesai. Di sini saya ingin sedikit berbagi bagaimana cara menambal tangki tiger yang bocor, merembes dan sebagainya.

Tangki bahan bakar pada sepeda motor memang memang memiliki lubang yang fungsinya sebagai saluran udara agar tidak kedap dan supaya minyak bisa turun, namun lain hal jika lubang tersebut berada pada bagian bawah tangi.

Baca juga : Cara Mengakali Rumah Bearing Yang Oblak 

Jika terdapat lubang atau retakan pada bagian bawah tangki, tentu saja hal tersebut menandakan bahwa adanya kebocoran. Dan sudah pasti bensin dalam tangi akan merembes keluar sehingga banyak juga para pemilik motor honda tiger merasa kesal.

Keluarnya bensin dari tangki lalu menyebar ke bagian mensin tentu akan membuat khawatir, karena hal tersebut dapat memicu kebakaran dan bahkan bisa mengancam leselamatan pemilik kendaraan.

Beberapa Cara Menambal Tangki Tiger Bocor

Bagi pemilik motor tiger dan sudah berusia lebih dari 5 tahun, biasanya masalah kebocoran atau rembes pada tangki akan mulai muncul. 

Baca juga : Penyebab Bunyi Kasar Pada Bagian Bak CVT Motor Matic

Salah satu penyebabnya ialah bisa dipicu karena korosi atau karatan, namun beberapa kondisi seperti benturan yang cukup kuat bisa juga menyebabkan bocor.

Selain itu, ciri-ciri tangki bocor juga dapat ditandai dengan terciumnya aroma bensin yang menyengat, permukaan bawah tangi basah dan biasanya akan lebih tampak jika baru isi bahan bakar atau dalam posisi motor miring.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya bocor pada tangki tiger bisa diperbaiki dengan cara menambal, yang terpenting ialah sebaiknya dilakukan lebih cepat sebelum lubang atau retakan tersebut menjadi lebih besar.

Baca juga : Penyebab Mengapa Baru Ganti Kampas Rem Tapi Masih Bunyi

Berikut beberapa bahan yang bisa digunakan serta cara memperbaiki agar tidak bocor.

1. Pakai lem super

Yang pertama kamu bisa coba menggunakan lem super kuat. Namun tidak hanya lem saja, adapun beberapa bahan lain yang harus kamu siapkan ialah bedak atau tepung, kain, isolasi dan tentu saja amplas.

Lem super seperti halnya lem G, alteco, lem Korea dan sebagainya jika dipadukan dengan bedak atau tepung dapat menjadi lebih efektif, terutama untuk menambal sejumlah retakan dan bocor pada besi, plastik serta alumunium. 

Pengerjaan mungkin akan susah-susah gampang dan dilakukan berulang-ulang, hal ini tujuanya ialah untuk memastikan kebocoran pada tangki tiger benar-benar terselesaikan.

Baca juga : Ketahui Mengapa Motor Bisa Hilang Kompresi

2. Sabun 

Terdengar aneh namun percaya atau tidak pecaya kamu bahwa sabun kerap kali menjadi andalan bagi sebagian orang untuk mengatasi permasalahan yang sedang dialami ini.

Sabun memiliki karakteristik yang licin, mudah dibentuk, serta tidak larut terhadap bensin. Karena sifatnya yang mudah dibentuk serta tidak larut terhadap bensin, itulah sebabnya menjadi alasan untuk digunakan dalam menambal tangki kendaraan.

Namun sayangnya sabun juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya ialah tidak bisa terkena air serta tidak tahan panas. Jadi jangan sampai motor kamu terkena hujan atau terkena air cucian.

Adapun jenis sabun yang bisa kamu gunakan ialah sabun batangan atau sabun padat.

3. Lem steel

Berikutnya ada lem steel atau di kenal juga dengan nama lem besi dan lem hitam putih. Lem steel memang sering digunakan untuk menambal kebocoran, terutama yang terjadi pada besi-besi, alumunium dan sejenisnya.

Oleh karena itu kamu bisa memanfaatkan lem steel sebagai salah satu cara menambal tangki tiger kamu yang bocor.

4. Dempul

Berikutnya, kamu bisa coba menggunakan dempul. Seperti yang kita ketahui, dempul merupakan adonan yang memang sering pakai untuk menutup lubang, retakan atau permukaan besi dan kayu yang tidak rata.

Jika lubang kebocoranya tidak terlalu besar, mungkin kamu bisa menggunakan dempul untuk mengatasinya. 

Akan tetapi yang perlu kamu ketahui ialah, dempul juga memiliki kelemahan yaitu tidak tahan benturan atau getaran jika pengaplikasian salah. 

Di sisi lain, proses pengerjaan juga cukup lama karena dempul harus benar-benar kering, pasalnya jika tidak dilakukan dengan baik maka bukan tidak mungkin akan kembali bocor dengan cepat.

5. Epoxy

Pastinya kamu tahu epoxy bukan? Epoxy merupakan bahan material cair yang kerap digunakan sebagai pelapis dasar pada permukaan benda, baik itu pada beton, logam maupun plastik.

Walau ada banyak jenis epoxy namun kali ini kita akan menggunakan jenis untuk logam alias yang sering digunakan sebagai dasar pelapis cat.

Beberapa orang juga sering memamail epoxy untuk mengatasi kebocoran kecil atau rembesan pada tangki sepeda motor. 

Sedangkan untuk cara penggunaan adapula yang di berikan dari dalam dan luar tanki.

6. Resin

Cara menambal tangki motor tiger yang bocor selanjutnya ialah bisa menggunakan resin. Jika tadi epoxy maka kali ini kamu bisa memanfaatkan resin pengeras .

Untuk proses pengerjaanya sama seperti epoxy, kamu bisa dari luar dan dari dalam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Namun yang pasti tangki harap dilepas terlebih dahulu dari motor dan bahan bakar juga harus dikuras secara keseluruhan hingga benar-benar kering.

Sehingga saat menuangkan resin kedalam tangki tidak akan tercampur dengan bensin nantinya.

7. Solder

Jika kamu memiliki alat solder di rumah, maka tunggu apa lagi. Segera solder tangki motor tiger kamu yang bocor tersebut.

Solder bisa kamu gunakan untuk menambal beberapa kebocoran pada bahan logam yang cukup tipis seperti tangki. 

Namun dalam proses pengerjaanya kamu harus membersihkan bagian yang akan di solder dari cat dan kotoran, sehingga nantinya tidak mengganggu proses pengerjaan.

Selain itu pastikan kamu juga memiliki alat solder atau pemanas yang cukup tinggi, karena beberapa kasus kawat solder terkadang cukup sulit menempel pada permukaan yang tidak sejenis.

8. Timah

Selain solder kamu juga bisa menggunakan timah. Timah juga terbilang efektif untuk menambal lubang kebocoran pada logam, terutama lubang yang cukup besar sekitar 2 hingga 5 mm.

Jika kamu ingin menggunakan timah sebagai cara untuk menambal, maka pastikan permukaan sudah bersih dari cat dan kotoran. 

Gunakan juga alat pelebur (pemanas) bersuhu cukup tinggi, sehingga nantinya proses dapat dilakukan dengan baik

9. Las patri

Buat kamu yang tidak mau ribet dalam hal mengurus tangki bocor, maka jasa las patri mungkin bisa menjadi pilihan buat yang tepat. 

Kamu hanya perlu melepas tangki dari kendaraan dan menguras minyak yang ada didalamnya, lalu setelah itu bawa saja ke tukang las patri untuk menambal bocor tersebut. 

Las patri memang menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi tangki kendaraan yang bocor atau merembes, karena cara satu ini terbilang sangat efektif.

Akan tetapi yang perlu kamu ketahui ialah tidak semua orang bisa melakukan las patri, terlebih lagi jasa yang di tawarkan terkadang juga cukup mahal.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menambal sekaligus memperbaiki tangki minyak motor tiger bocor yang bisa bisa kamu coba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otormotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel