CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberi Sebutir Anggur untuk Hamster? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Memberi Sebutir Anggur untuk Hamster?

gambar buah anggur untuk hamster
Sumber foto : pixabay/pixel2013
Healty99 - Memikirkan buah-buahan apa lezat untuk hamster kamu dan bertanya-tanya apakah boleh menambahkan sedikit anggur sebagai makanan mereka. Jika kamu mempunyai peliharaan anjing, kucing atau tikus, kamu sudah tahu bahwa buah anggur beracun mereka.

Tetapi tahukah kamu bahwa anggur sebenarnya tidak berbahaya bagi hamster berbulu kamu, namun dengan begitu bukan berarti kamu bisa dengan bebas memberikan buah satu ini sesuka hati.

Baca juga : Daftar Makanan Yang Tidak Sehat Bagi Hamster

Manfaat Anggur untuk Hamster

Buah anggur kaya akan kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral. Selain itu adapun vitamin K dan C, fosfor, kalsium, kalium, magnesium, gula dan tentunya serat pangan.

Sejumlah nutrisi yang terkandung seperti vitamin K mempunyai manfaat bagi tubuh hamster dalam membantu pembekuan darah akibat terluka.

Baca juga : Cara Merawat Anakan Hammy Tanpa Indukan

Vitamin C sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kulit dan sebagainya. Fosfor dan kalsium dapat membuat menguatkan tulang dan gigi hamster menjadi lebih kuat.

Hammster bisa saja kekurangan vitamin C akibat dari makanan mereka, namun dengan adanya sedikit anggur tentu bisa meningkatkan asupan vitamin ini.

Di sisi lain buah angur juga memiiki serat pangan yang baik untuk sistem pencernaan. Buah juga kaya akan kandungan air, ini dapat membantu peliharaan kamu tetap terhidrasi walau dalam keadaan cuaca yang panas.

Baca juga : Penyebab Hamster Mau Makan Anaknya

Bahaya anggur buat hamster

Terlalu banyak memberikan buah anggur dalam satu porsi makanan mereka bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan hamster, termasuk diare dan sakit perut.

Bahkan tahukah kamu bahwa anggur merupakan satu-satunya buah dengan kandungan gula sangat tinggi dan mudah di serap, sehingga terlalu banyak memberikan anggur dapat pada hamster bisa menyebabkan diabetes dan timbunan lemak di hati.

Makan terlalu banyak anggur juga dapat menyebabkan masalah berat badan pada peliharaan bola bulu kamu.

Meskipun anggur tidak beracun bagi mereka, namun tetap kamu harus memberikan batasan sebagai makanan cemilan.

Cara memberikan hamster buah anggur

Jika kamu ingin memberi buah anggur pada hamster maka mulailah dengan porsi yang sangat kecil, berikan mereka seperdelapan atau potongan kecil untuk sekali atau dua kali dalam seminggu.

Setidaknya hammster hanya boleh makan buah anggur sebanyak 1 sendok teh dalam dua kali seminggu.

Selain itu ada baiknya buang bagian biji yang hitam, biji buah anggur cukup besar untuk menyebabkan peliharaan kamu tersedak.

Singkatnya, anggur tidak berbahaya untuk hamster kamu, namun kamu harus memberikan buah satu ini seminim mungkin. 

Mengingat angur adalah buah yang kaya akan kandungan gula, tentu gula bukanlah makanan yang baik bagi mereka karena bisa menyebabkan obesitas dan diabetes.

Oleh karena itu kamu bisa memberikan hamster buah anggur setengah potong untuk setiap 1 atau 2 kali dalam seminggu.

Selain itu adapun tips yang mungkin harus kamu terapkan ialah untuk mencuci dan membuang bagian biji anggur sebelum di berikan, tujuanya untuk mencegah mereka makan dan mengalami tersedak.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel