CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Buah Naga? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Buah Naga?

gambar buah naga untuk hamster

Healty99 - Buah naga atau pitaya merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan antioksidan dan serat yang berguna bagi manusia, namun bisakah hamster makan buah satu ini? Dan pakah aman bagi mereka?

Perlu kamu ketahui hamster bisa makan buah naga sesekali, mengingat pitaya juga memiliki beberapa manfaat bagi peliharaan kamu.

Baca juga : Daftar Makanan Yang Sebaikan Jangan Di Berikan Pada Hammster

Walau tidak semua hamster suka makan buah satu ini, namun bagi sebagian dari mereka buah naga adalah makanan kesukaan mereka. Tetapi yang jadi perhatian buat kamu adalah jangan menjadikannya buah ini sebagai makanan utama mereka.

Manfaat Buah Naga untuk Hamster

Pitaya mengandung vitamin C, ini sangat penting untuk peliharaan kamu terutama dalam menjaga kesehatan mereka dan mencegah dari infeksi kudis ataupun kurap.

Selain itu pitaya juga mengandung sejumlah serat yang sangat banyak, manfaatya bisa membantu mengontrol kadar kolesterol serta mencegah kanker usus.

 Baca juga : Cara Merawat Hamster Tanpa Induk

Kehadiran serat juga memberikan manfaat lebih terhadap hamster terhadap mengatasi sembelit.

Bahaya buah naga buat hamster

Walau pada dasarnya buah satu ini memiliki manfaat berkat kandungan nutrisi di dalamnya, namun bukan berarti mereka aman dari yang namanya bahaya alias dampak buruk bagi kesehatan.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, dampak buruk bagi kesehatan hamster hanya terjadi jika kamu memberikan buah pitaya secara berlebihan setiap hari.

Baca juga : 9 Pemicu Induk Hammy Menjadi Kanibal

Sebagai contoh, buah satu ini bisa menyebabkan masalah diabetes dan kadar gula yang berlibihan, gangguan pencernana karena pitaya mengandung air dan serat tinggi, obesitas, gangguan kandung kemih karena kandungan kalsium yang cukup tinggi serta alergi.

Cara memberikan buah naga pada hamster

Jika kamu hendak memberikan buah satu ini kepada hamster, hal yang terbaik adalah untuk tidak memberikan dalam potongan besar.

Caranya, kupas buah naga lalu ambil sedikit bagian daging. Buang biji hitam kecil lalu hidangkan dagingnya saja kepada mereka dengan menggunakan pipet atau sumpit.

Jangan berikan bagian kulit buah, daun ataupun batang kepada mereka, mengingat sejauh ini bagian tersebut bukan kategori makanan yang aman untuk hamster peliharaan.

Berapa banyak memberikan buah naga pada hamster?

Umumnya hewan satu ini bisa mengkonsumsi makanan sebanyak 1 sendok teh dalam sekali santap, namun karena pitaya menandung banyak gula dan air mungkin kamu bisa memberikan setengan sendok teh kepada mereka.

Jadi berikan saja 1/2 sendok teh dengan rentan waktu 1 atau 2 kali dalam sepekan (seminggu).

Singkatnya, kamu boleh saja memberikan buah pitaya kepada hamster peliharaan kamu namun dalam jumlah yang terbatas. Mengingat ada banyak kandungan nutrisi di dalam buah yang sangat baik untuk kesehatan.

Hindari memberikan bagian kulit, biji buah terlalu banyak, daun dan batang. Selain itu, kamu bisa beri semua jenis buah pitaya, mulai dari kuning, putih maupun yang merah keunguan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel