CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Sayur Kangkung untuk Makanan Hamster - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Sayur Kangkung untuk Makanan Hamster

gambar tanaman kangkung untuk makan hamster

Healty99 - Kangkung merupakan sayuran yang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia, hal ini karena rasanya yang renyah dan enak jika diolah menjadi masakan. Sayuran satu ini juga baik untuk kesehatan karena mengandung sejumlah nutrisi yang bagus untuk tubuh.

Walau manusia dapat dengan mudah mengkonsumsi kangkung tanpa adanya masalah, namun apakah kangkung aman bagi hamster jika diberikan sebagai makanan?

Perlu kamu ketahui, hamster adalah hewan pemakan segalanya alias omnivora, meskipun demikian tetapi tidak semua makanan baik bagi hewan satu ini.

Baca juga : 9 Pemicu Induk Hammy Menjadi Kanibal

Hamster Makan Kangkung

Secara alami dialam liar, hamster mengkonsumsi sejumlah rerumputan, biji-bijian, sayuran, buah dan serangga kecil seperti ulat.

Mengingat kangkung merupakan sayuran hijau, mungkin kamu ingin membagi sedikit kepada peliharaan dengan tujuan supaya mendapatkan manfaat yang terkandung.

Namun, terlepas dari itu semua, apakah hasmter boleh makan kangkung? Jawabnya adalah "Ya" tetapi ada batasan yang musti kamu ketahui.

Baca juga : Cara Merawat Hamster Tanpa Induk

Manfaat kangkung bagi hamster

Kangkung mengadung sejumlah nutrisi yang diantaranya ada serat, vitamin A, C, kalium, zat besi, kalsium, fosfor, dan senyawa antioksidan. Mengkonsumsi sayuran hijau seperti ini bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita, tetapi adakah manfaatnya bagi hamster?

Nutrisi pada kangkung juga sangat dibutukan oleh hamster, terutama dalam menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan serat pangan yang tinggi.

Selain itu, vitamin C juga sangan penting untuk peliharaan berbulu kamu dalam mencegah penyakit kulit seperti kudis dan jamur. Sejumlah mineral juga ikut andil dalam memperkuat tulang dan otot hammster agar bisa bergerak dengan aktif.

Baca juga : Daftar Makanan Yang Sebaikan Jangan Di Berikan Pada Hammster

Oleh karea itu kamu bisa memberikan sejumlah potongan kangkung pada hamster dengan tujuan untuk menutrisi mereka dari makanan.

Cara memberikan makan hamster dengan kangkung

Buat kamu yang ingin memberikan kangkung kepada hamster sebagai makanan mereka, harap untuk tidak diberikan secara berlebihan. Walau peliharaan kamu tidak akan pernah bosan mengunyah sayuran satu ini, tetapi dalam jumlah banyak ini tidak baik bagi kesehatan mereka.

Hamster membutuhkan banyak nutrisi dari makanan lain seperti biji-bijian, buah, seranggan dan lain sebagainya. Oleh karena itu kamu bisa berikan 1 batang kangkung sebagai makanan mereka dalam 2 atau 3 kali sepekan.

Beberapa hamster kerdir, mereka terkadang hanya dapat makan sebanyak 1 sendok teh dalam sekali santapan. Jadi terlalu banyak makan-makanan sejenis kurang bagus untuk kesehatan peliharaan kamu.

Kamu juga bisa memberikan hamster dengan kangkung yang sudah direbus atau mentah. Jika mentah, maka ada baiknya jangan langsung diberikan, tetapi tunggu biarkan beberapa menit atau paling tidak sampai kangkung layu.

Hal ini dilakukan supaya getah yang terkandung di dalam kangkung bisa keluar dan tidak menyebabkan masalah pada peliharaan kamu. Tetapi tetap saja, baik mentah maupun masak jangan diberikan terlalu banyak.

Bahaya kangkung bagi hamster

Sebenarnya kangkung tidak beracun dan menyebabkan kematian pada hamster, yang menjadi permasalahan ialah mereka lebih baik di beri makanan dengan banyak jenis, mengingat mereka adalah omnivora.

Memberikan kanggkung pada peliharaan bola bulu kamu terlalu sering dan berlebihan justru tidak baik, karena bisa memicu gangguan pencernaan pada mereka dan menyebabkan sakit perut.

Terlebih lagi kangkung termasuk sayuran yang memiliki getah cukup banyak, sehingga getah tersebut bisa menyebabkan gangguan panda sistem pencernaan mereka atau bahkan muntah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel