CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Hamster Makan Daging Buah Kelapa? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Hamster Makan Daging Buah Kelapa?

gambar buah kelapa makanan hamster
Sumber foto : pixabay/Couleur
Healty99 - Kelapa merupakan buah tropis yang memiliki banyak kegunaan mulai dari batang, daun dan buah. Sebagian dari kita mungkin akan lebih suka terhadap buahnya karena bisa di minum dan dagingnya dimakan atau diolah menjadi makanan.

Daging buah kelapa juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mengingat ada banyak kandungan nutrisi dan mineral yang baik untuk tubuh.

Terlepas dari manfaat dan kegunaanya bagi manusia, bolehkah kita membagikanya sedikit pada hamster sebagai makanan mereka?

Baca juga : Daftar Makanan Yang Sebaikan Jangan Di Berikan Pada Hammster

Hamster Makan Daging Buah Kelapa

Hamster merupakan hewan omnivora dimana mereka secara liar mengkonsumsi rerumputan, buah-buahan, sayuran serta serangga kecil. Tetapi hammster yang dipeliharaa umumnya akan diberi pakan makanan komersil berupa biji-bijian.

Mungkin kamu ada terbesit untuk membagikan sedikit buah kelapa pada hamster, karena terpintas ada banyak daging kelapa dihadapan kamu. Lantas apakah ini aman bagi mereka?

Baca juga : 9 Pemicu Induk Hammy Menjadi Kanibal

Apakah hamster boleh makan kelapa?

Perlu kamu ketahui, hamster sebenarnya bisa makan daging kelapa, mengingat buah satu ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mungkin bisa dirasakan peliharaan kamu.

Walau terkadang tidak semua hammster mau makan kelapa, tetapi sebagian lainnya mungkin akan senang, mengingat daging kelapa memiliki tekstur yang renyah, manis, sedikit berair .

Terlebih lagi, kelapa termasuk dalam kategori biji-bijian yang mana biji merupakan salah satu makanan utama dari hamster.

 Baca juga : Cara Merawat Hamster Tanpa Induk

Cara memberikan kelapa

Saat kamu hendak memberikan kelapa pada mereka, cobalah selalu berada didekat mereka. Tujuanya ialah untuk memperkuat ikatan antara tuan dan peliharaan sehingga mereka bisa percaya sepenuhnya pada kamu.

Berikan sedikit saja pada hamster dengan potongan kecil, ini untuk mengetahui apakah mereka menyukai rasa dari daging buah kelapa. Jika mereka merasa tertarik maka akan mengendus dan langsung mengambilnya dari tangan kamu.

Tips selanjutnya ialah pastikan mencuci potongan kelapa dengan air sebelum kamu berikan.

Berapa banyak hamster makan kelapa

Hamster tidak membutuhkan banyak makanan dalam sehari, tetapi mereka bisa makan sebanyak 1 sendok teh untuk sekali santap. Oleh karena itu pikirkan dengan tidak memberikan kelapa dalam jumlah banyak, karena bisa membuat kotor sarang dan menjadi sumber penyakit.

Berikan saja mereka potongan kecil sebesar sendok teh, porsi segitu sudah lebih dari cukup. Jangan setiap hari menghadapkan makanan satu ini pada peliharaan bola bulu kamu, tetapi hadapkan 1 atau 2 kali dalam sepekan sebagai cemilan.

Walau ada banyak jenis hamster yang bertubuh besar, tetapi sama saja mereka juga tidak di sarankan mengkonsumsi daging buah kelapa secara banyak.

Manfaat kelapa bagi hamster

Buah kelapa memiliki manfaat bagi manusia karena dikemas dengan gizi yang terkandung, tetapi manfaat yang sama juga bisa dirasakan oleh hammster dengan pemberian yang tepat.

Salah satunya ialah sebagai berikut :

  1. Menjaga kesehatan pencernaan karena kandungan serat pangan yang cukup tinggi.
  2. Mengandung kalium dan magnesium yang bisa menjaga kesehatan tulang dan otot hamster agar selalu kuat.
  3. Kelapa memiliki air yang cukup tinggi, ini bisa menjadi sumber air agar mereka tidak mengalami dehidrasi.
  4. Mengandung zat besi yang bisa mencegah pendaraan jika hamster terluka.

Bahaya buah kelapa bagi hamster

Buah kelapa tidak beracun bagi hamster tetapi tidak semua bagian bisa di santap oleh mereka. Bagian yang harus di hindari ialah jangan memberikan mereka dengan air kelapa, batok atau kulit serta kerak daging yang kehitaman.

Air kelapa baik bagi manusia tetapi tidak bagus bagi hammster, mengingat ada banyak kandungan mineral yang bisa mengganggu metabolisme peliharaan kamu.

Sedangkan bagian daging kerak kehitaman dan batok merupakan yang terkeras, ini membuat hamster sulit mengunyah dan mencerna makanan mereka. Oleh karena itu hindari memberikan bagian satu ini kedalam makanan mereka.

Memberikan daging buah kelapa adalah yang terbaik dari bagian lainnya, walaupun begitu hal yang lebih baik ialah untuk tidak memberikan dalam jumlah yang banyak dari makanan utama mereka.

Walau kelapa baik bagi peliharaan kamu, tetapi dalam jumlah yang banyak justru bisa mengganggu kesehatan mereka. Salah satunya ialah menyebabkan masalah obesitas karena kelapa mengadung banyak lemak.

Kelapa juga merupakan buah yang cepat mengalami perubahan rasa menjadi asam dan juga cepat basi, sedangkan hammster adalah hewan yang suka menyimpan makanan di sarang mereka untuk dimakan nanti.

Jika kamu memberikan dalam jumlah banyak tentu bukanlah pilihan yang baik karena bisa memicu mereka mengalami diare dan sakit perut.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel