CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Baut Oli Gardan Dol dan Cara Memperbaiki - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Baut Oli Gardan Dol dan Cara Memperbaiki

gambar baut oli gardan
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - Baut oli gardan kamu dol dan menyebabkan oli merembes keluar? Jika ia berikut beberapa tips yang bisa kamu coba lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Baut oli gardan memang sangat mudah sekali mengalami dol, loss atau slek dan tidak bisa di kencangkan. Penyebabnya ialah biasa karena terlalu memaksa dalam mengencangkan baut hingga merusak bagian ulir dalam.

Baca juga : Ciri-Ciri Oli Gardan Matic Habis

Penyebab Baut Gardan Dol

Baut oli gardan memang harus dipasang dengan kencang supaya oli tidak merembes, tetapi dalam pengencangan tentu ada batasan. Contoh, kamu tidak bisa memakai kekuatan yang sama dalam mengencangkan baut menggunakan kunci ring pendek, kunci sok atau kunci T.

Panjang pendek kunci sangat mempengaruhi torsi kekencangan baut, itulah mengapa terkadang kita merasa memutar sudah kuat tetapi masih terasa biasa saja saat tangan memutar kunci.  

Jika terlalu berlebihan maka sudah pasti baut dan drat dalam akan slek, aus atau loss, sehingga pada akhirnya baut tidak bisa lagi dikencangkan dengan kuat.

Walau permasalan satu ini kerap terjadi pada sejumlah motor scooter matic seperti honda, suzuki, yamaha dan merek lain. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi atau memperbaiknya.

Cara Memperbaiki Baut Oli Gardan yang Dol

Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam mengatasi masalah baut gardan yang dol alias slek dan tidak bisa dikencangkan lagi.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan.

1. Tap ulang

Pertama kamu bisa lakukan tap ulang untuk membuat ulir drat baru. Tetapi yang pasti kamu akan menggunakan baut dengan ukuran sedikit lebih besar.

Misal, baut oli gardan lama yang dol memiliki ukuran kepala 12 dengan ulir M10, dengan di tap kamu menaikan ulir ke nomor M11 atau lebih aman M12 dengan kepala baut 12 atau 14.

Sehingga nantinya akan terbentuk ulir drat baru yang kuat sama seperti awal. Akan tetapi tetap saja, kamu harus jangan terlalu keras dalam mengencangkan baut, karena jika di paksakan maka dol akan terulang kembali.

2. Pasang bosh drat

Kedua kamu bisa pasang bosh drat. Bosh drat umum di pakai untuk mengatasi sejumlah drat yang dol atau loss pada mesin, bahkan cara satu ini kamu masih bisa menggunakan baut lama dengan ukuran drat M10.

Cara pasang boch drat untuk baut oli gardan ialah yang pertama kamu harus punya boch drat ukuran ulir luar M12 dan ulir dalam M10. 

Kemudian bor sedikit bagian drat gardan yang dol tersebut agar ulir M12 bisa masuk, setelah di bor kamu bisa tap dengan mata tap M12. Jika sudah selesai dan ulir sudah terbuat dengan rapi, maka langkah selajutnya kamu tinggal masukan bosc drat yang sesuai dengan mata tap tadi.

Jangan lupa untuk memberikan lem besi atau lem alteco saat pemasangan bosh drat agat tidak bergerak nantinya.

3. Cor ulang

Jika kamu tidak suka dengan kedua cara di atas, maka cara satu ini bisa kamu terapkan yaitu dengan mencor ulang atau tambah daging.

Tetapi cara satu ini memungkinkan kamu untuk harus membongkar bagian gardan secara keseluruhan, mengingat proses cor atau tambah daging tidak mudah.

Setelah di tambah daging baru di proses dengan beberapa langkah seperti bor dan tap ulang untuk membuat drat baru.

Itulah beberapa cara memperbaiki baut oli gardan yang dol atau loss sehingga tidak mau di kencangkan.

Apakah dengan diganjal bisa?

Oli gardan yang merembes dari bagian baut umumnya di akali dengan diberikan selotip pipa atau lem gasket. Sebenarnya itu bisa, tetapi hanya untuk mencegah oli merembes keluar, dan lagi tidak semua kondisi bisa kamu terapkan penggunaan cara satu ini.

Faktanya jika dol sudah terlalu parah maka percuma saja menggunakan selotip pipa, lem gasket atau beberapa cara lain.

Agar baut oli gardan bisa berfungsi dan dikencangkan dengan kuat maka kamu bisa gunakan 3 cara diatas tadi, baik dengan di tap lebih besar, di beri bosh drat atau ditambah daging ulang.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel