CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Hamster Makan Larva Maggot BSF - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Hamster Makan Larva Maggot BSF

gambar larva magot bsf
Sumber foto : istock
Healty99 - Maggot (magot), larva, ulat atau belatung merupakan bentuk siklus pertama kumbang Black Soldier Fly (BSF) atau dikenal juga dengan lalat hitam. Tidak jauh beda bentuknya dengan beberapa belatung yang kamu temukan pada tempat sampah, tetapi ada banyak manfaat yang luar biasa dari BSF ketimbang lalat bangkai.

Faktanya, lalat BSF tidak membawa penyakit seperti kebanyakan lalat di tempat sampah. Serangga satu ini tidak menyukai bangkai dan aroma busuk, itulah mengapa ada banyak pembudidaya larva lalat BSF untuk keperluan komersil.

Baca juga : Cara Merawat Anak Hamster Tanpa Induk

Larva magot diproduksi dalam jumlah banyak karena memiliki manfaat, terutama untuk pakan ternak seperti burung, ikan, reptil dan umpan mancing. 

Kandungan protein yang tinggi yaitu mencapai 38% dan kadar lemak 20%, membuat maggot menjadi incaran sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan hewan lain yang memang membutuhkan. Namun bagaimana dengan hamster? Bolehkan hamster makan magot?

Hamster Makan Maggot BSF

Baca juga : Ketahui Penyebab Mengapa Induk Hamster Mau Makan Anak

Kamu tidak perlu takut, larva magot diproduksi memang untuk sebagai pakan super hewan lain. Oleh karena itu kamu boleh memberikan maggot pada hammy sebagai cemilan sampingan sesekali di waktu luang.

Peliharaan bola bulu kamu mungkin akan menyukai serangga, tetapi jika hammy belum pernah makan serangga mungkin ia butuh beradaptasi terlebih dahulu.

Hamster pada dasarnya hewan omnivora yang mampu makan biji-bijian, buah, dedaunan atau sayur dan beberapa hewan kecil seperti ulat, kumbang serta cacing. 

Baca juga : Ciri-Ciri Hamster Sedang Stres Dan Cara Mengatasinya

Di alam liar mereka kerap mengkonsumsi sejumlah serangga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak mereka dapatkan dari jaringan tumbuh-tumbuhan.

Manfaat magot untuk hamster

Hamster boleh makan larva maggot bsf sesekali, mengingat larva satu ini adalah sumber protein, lemak dan sejumlah vitamin yang bagus untuk peliharaan kamu. 

Salah satu manfaat dari memberikan magot pada hammy ialah menunjang pertumbuhan mereka, memperkuat jaringan otot, tulang dan persendian serta bulu yang lebat.

Baca juga : Daftar Makanan Hamster Yang Baik Dan Aman

Bahaya magot

Sebenarnya maggot tidaklah berbahaya dan beracun bagi hamster, baik itu dalam bentuk kering ataupun masih hidup. Tetapi yang menjadi kewaspadaan ialah untuk tidak memberikan mereka dalam porsi yang banyak dan berlebihan.

Magot kaya akan lemak dan protein, lemak yang tinggi tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak oleh hammy. Hammy yang terlalu sering makan-makanan lemak seperti magot bisa mengalami kegemukan, obesitas dan sejumlah gangguan kesehatan.

Baca juga : Manfaat Hamster Makan Ulat Hongkong

Oleh karena itu hindari memberikan magot dalam jumlah banyak dan setiap hari sebagai pakan hamster agar terhindar dari efek samping.

Cara memberikan magot pada hamster

Tidak ada cara spesial dalam pemberian, tetapi yang terbaik ialah dengan tidak terlalu berlebihan. Berikan saja mereka 1 ekor ulat sebanyak 1 atau 2 kali dalam sepekan dan tidak lebih.

Berikan mereka dalam bentuk kering atau basah juga tidak menjadi masalah. Jika mereka tidak menyukai dalam bentuk hidup, mungkin kamu bisa mengganti larva yang kering untuk alternatifnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel