CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Hamster Makan Ulat Hongkong - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Hamster Makan Ulat Hongkong

gambar ulat mealworm
Sumber foto : istock
Healty99 - Ulat hongkong atau dikenal juga dengan nama mealworm. Merupakan larva dari serangga kumbang kuning, tenebrio molitor atau spesies kumbang gelap. Serangga satu ini termasuk dalam makanan super untuk beberapa hewan peliharaan dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisi.

Mealworm dapat dengan mudah kamu temukan disejumlah toko pakan hewan dalam bentuk hidup ataupun sudah dikeringkan. 

Baca juga : Ketahui Ciri-Ciri Hamster Sedang Stress

Namun, terlepas dari makanan super bagi peliharaan karena kandungan nutrisinya. Lalu, apakah hamster diperbolehkan makan ulat satu ini?

Hamster Makan Ulat Hongkong

Nyatanya, hamster boleh makan ulat hongkong atau mealworm. Mereka merupakan hewan omnivora yang sejatinya dialam liar kerap mengkonsumsi sejumlah jaringan tumbuhan, serangga kecil ataupun hewan lunak lainnya.

Baca juga : Penyebab Induk Hammy Mau Makan Anaknya

Hammster dapat dengan mudah memakan larva dalam sesaat jika memang dibutuhkan. Oleh karena itu kamu bisa memberikan mereka 1 atau 2 ekor larva sebagai cemilan di setiap pekan, dengan begitu kamu sudah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Manfaat ulat hongkong buat hamster

Ulat hongkong sebenarnya memberikan sejumlah manfaat yang baik, mengingat ada banyak nutrisi pada serangga seperti protein, abu, lemak, nitrogen dan sejumlah vitamin dalam porsi kecil.

Baca juga : Cara Merawat Anakan Hamster Yang Di Tinggal Indukan

Memberikan sedikit pada peliharaan bola bulu kamu tentu bisa mendukung kesehatan mereka, salah satu contohnya ialah meningkatkan pertumbuhan otot, tulang, gigi, bulu serta menjaga daya tahan tubuh.

Adakah bahaya ulat hongkong

Pada dasarnya larva kumbang satu ini tidak berbahaya dan tidak beracun bagi hamster peliharaan kamu. Akan tetapi demi menjaga kesehatan mereka baiknya kamu tidak berikan dalam jumlah banyak dan setiap hari.

Baca juga : Daftar Makanan Yang Tidak Sehat Bagi Hammster

Faktanya, ulat merupakan sumber makanan yang kaya akan protein dan lemak. Namun, tubuh hammy yang kecil tidak memerlukan asupan ini dalam jumlah banyak sebagai kebutuhan.

Terlalu berlebihan memberi makan hamster dengan ulat hongkong justru bisa menyebabkan mereka mengalami gangguan kesehatan seperti obesitas, kegemukan, gangguan aliran darah hingga serangan jantung.

Meski akan sangat lucu jika hammy gendut dan gempal, namun kondisi seperti itu dapat menyulitkan mereka bergerak dan beraktivitas. Bahkan jika terlalu gendut bisa membuat mereka sulit jalan dan justru menyebabkan penumpukan penyakit.

Cara memberikan ulat kongkong pada hamster

Cara terbaik memberikan hammy ulat mealworm ialah dengan tidak terlalu berlebihan. Berikan saja mereka 1 ekor ulat sebanyak 1 atau 2 kali dalam sepekan dan tidak lebih.

Berikan mereka dalam bentuk kering atau basah juga tidak menjadi masalah. Jika mereka tidak menyukai dalam bentuk hidup, mungkin kamu bisa mengganti ulat yang kering untuk alternatifnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel