CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Lampu Kode Mil 9 Kedipan Pada Motor Honda, Cek Kerusakan dan Cara Mengatasinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Lampu Kode Mil 9 Kedipan Pada Motor Honda, Cek Kerusakan dan Cara Mengatasinya

gambar lampu mil honda
Sumber foto : healty99.com
Healty99 - PGM-Fi atau fuel injeksi merupakan sebuah teknologi yang mulai di terapkan pada sepeda motor beberapa tahun lalu, dan kini semua sepeda motor keluaran terbaru sudah memakai teknologi Fi.

Sistem injeksi pada dasarnya merupakan komponen yang berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar dari penggunaan secara elektronik. Tujuanya ialah agar mendapatkan hasil pembakaran mesin yang lebih sempurna, irit bahan bakar, mengurangi emisi buang serta efisiensi performa dari kendaraan.

Baca juga : Fuel Pump Tidak Mengeluarkan Bunyi Saat Kunci Kontak ON

Tidak sampai di situ saja, karena kecanggihan dari sistem PGM-Fi kelebihan lainnya ialah kamu bisa mendeteksi kerusakan yang sedang terjadi. Hal ini dikarenakan sistem sudah diprogram untuk bisa mendiagnosa sejumlah komponen terkait yang rusak, terutama pada bagian sensor-sensor.

Bentuk kerusakan tersebut akan jabarkan dalam bentuk kode kedipan pada lampu mil di speedometer, dimana lampu tersebut akan menyala dan mati secara berulang-ulang sesuai kode kerusakan yang terjadi.

Baca juga : Penyebab Motor Mio Sering Mati-Mati Saat Di Bawa Jalan

Lampu Mil 9 Kedipan Pada Motor Honda

Nah, seperti yang akan kita ulas kali ini yaitu mengenai lampu mil berkedip sebanyak 9 kali pada sepeda motor honda. Lebih tepatnya lampu mil berkedip secara cepat sebanyak 9 kali saat switch kontak on atau dipasang DLC / jumper kabel.

Lantas apasi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak dibawah ini terutama buat kamu yang ingin memperbaiki atau hanya sekedar ingin tahu kerusakan.

Baca juga : Cara Merawat Fuel Pump Agar Awet Dan Tahan Lama

Menurut buku panduan tentang daftar kode mil injeksi honda, kedipan sembilan kali secara cepat hal tersebut menandakan terdapat kerusakan pada bagian sensor IAT (Intake Air Temperature).

Sensor IAT (Intake Air Temperature) merupakan salah satu sensor yang diterapkan dalam sistem kontrol elektronik mesin pembakaran internal, terutama pada sistem bahan bakar injeksi.

Sensor IAT sendiri terletak pada bagian exaust, alias pada kop deksel atau knalpot pada kendaraan.

Baca juga : Ciri-Ciri Komponen Fuel Pump Injeksi Lemah

Fungsi dari sensor IAT (Intake Air Temperature)

Sensor IAT merupakan salah sensor pembaca yang terpasang dengan fungsi untuk menyesuaikan diri ketika suhu udara yang berubah. 

Karena komponen sensor ini berupa thermistor dengan bahan material semikonduktor, sehingga memiliki sifat semakin tinggi suhu temperatur maka nilai tahannya akan semakin kecil.

Sensor IAT juga berguna untuk membaca hasil emisi dari pembakaran yang dibuang, sehingga pada kondisi tertentu sensor akan mengirim sinyal ke ECU untuk mengatur kandungan oksigen dan bahan bakar kedalam mesin agar mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna.

Hal ini juga akan berpengaruh terhadap performa mesin saat panas maupun dingin. Saat suhu mesin panas kandungan oksigen dalam udara dibuat lebih sedikit dari bahan bakar atau meningkatkan jumlah pasokan bahan bakar lebih banyak, dan begitupun juga sebaliknya.

Gejala sensor IAT (Intake Air Temperature) rusak

Gejala yang di timbulkan akibat sensor IAT rusak atau daripada kode lampu mil berkedip sebanyak 9 kali ialah sebagai berikut :

  1. Akselerasi sepeda motor kurang baik
  2. Mesin bekerja dengan normal namun sedikit kurang tenaga pada putaran menengah
  3. Terkadang sulit dinyalakan
  4. Terjadi pengurangan terhadap performa sepeda motor
  5. Penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros

Penyebab sensor IAT rusak

Adapun beberapa penyebab sensor satu ini mengalami kerusakan sehingga menampilkan kode mil 9 kedipan antara lain :

  1. Komponen atau rangkaian sensor rusak dan sudah tidak berfungsi dengan baik
  2. Soket, terminal atau kontak yang kendor alias tidak terpasang dengan baik
  3. Soket, terminal atau kontak yang kotor dan berdebu
  4. Kabel penghubung longgar atau putus pada bagian dalam
  5. Kabel terkelupas dan kontak pada masa body motor

Perlu kamu ketahui terkadang permasalahan tidak pada bagian sensor saja, adapun seperti kabel yang mengalami putus, terkelupas dan mengenai masa atau juga bisa di sebabkan karena soket yang longgar.

Karena kejadian tersebut sehingga ecu beranggapan bahwa sensor mengalami kerusakan dan menampilkan kode lampu mil 9 kedipan yang padahal permasalahan bisa di sebabkan banyak hal.

Cara Memperbaiki Kode Mil 9 Kedipan

Seperti yang telah di sebutkan, kode lampu mil 9 kedipan pada motor honda permasalahanya ada pada bagian sensor IAT. Untuk itu ada baiknya kamu memeriksa bagian tersebut, baik itu pada bagian sensor, kabel, soket dan hal-hal terkait lainnya.

Lalu setelah itu lakukan reset injeksi dengan beberapa mode yang telah dianjurkan. Penyelesaian terbaik ialah dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu, sehingga dapat dipastikan lebih jelas tentang kerusakan yang sedang terjadi.

Nah, itulah mengenai permasalahan terhadap lampu mil berkedip sebanyak 9 kali pada sepeda motor injeksi honda yang penyebabnya adalah sensor IAT (Intake Air Temperature) sekaligus cara memperbaikinya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :

 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel