CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Hamster Makan Jangkrik dan Belalang - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Hamster Makan Jangkrik dan Belalang

gambar jangkrik di atas batang daun
Sumber foto : pixabay/BubbleJuice
Healty99 - Siapa yang tidak tahu jangkrik dan belalang, ini adalah hewan yang gemar melompat dan mengeluarkan suara bising serta sangat umum di temukan di sekitar lingkungan rumah kita. 

Dari segi pemanfaatan, kedua serangga tersebut kerap cari untuk digunakan sebagai umpan pancing, pakan burung, ikan, reptil dan masih banyak lagi.

Baca juga : Hamster Makan Ulat Hongkong

Tidak cukup sampai disitu saja, pada kenyataanya di beberapa dareah di Indonesia jangkrik dan belelang kerap menjadi bahan pangan alternatif. Jangkrik/belalang diolah menjadi cemilan seperti keripik, sate ataupun gorengan yang di santap saat makan.

Namun, terlepas manfaatnya bagi manusia, apakah kedua serangga tersebut boleh di berikan ke hamster sebagai makanan mereka?

Hamster Makan Jangkrik / Belalang

Jawaban dari pertanyaan di atas tadi adalah "Ya" hamster boleh makan jangkrik atau belalang, tetapi berikan mereka batasan agar tetap pada porsinya.

Baca juga : Ciri-Ciri Hamster Sedang Stres Dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya kamu tidak perlu memikirkan hal tersebut, hammy merupakan hewan omnivora yang dapat mengkonsumsi sejumlah aneka ragam makanan, baik itu jaringan tumbuh-tumbuhan, hewan kecil, buah-buahan hingga biji-bijian.

Di alam liar, hamster memakan beberapa hewan kecil seperti cacing, siput dan serangga seperti semut, kumbang serta larva.

Jadi kamu boleh saja memberikan jangkrik atau belalang sebagai makanan mereka dengan sesuai porsi dan tidak dalam jumlah yang banyak.

Baca juga : 9 Penyebab Mengapa Induk Hamster Jadi Kanibal

Manfaat bagi hamster

Jangkrik & belalang diketahui dapat memberikan sejumlah manfaat yang bagus untuk peliharaan. Mengingat ada banyak nutrisi pada serangga satu ini seperti protein, abu, lemak, nitrogen dan sejumlah vitamin dalam porsi kecil.

Memberikan sedikit pada peliharaan bola bulu kamu tentu bisa mendukung kesehatan mereka, salah satu contohnya ialah meningkatkan pertumbuhan otot, tulang, gigi, bulu serta menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga : Cara Merawat Anak Hamster Yang Di Tinggal Mati Indukan

Bahaya dan efek samping 

Pada dasarnya jangkrik dan belalang tidaklah beracun ataupun berbahaya bagi hamster peliharaan kamu. Akan tetapi demi menjaga kesehatan mereka bagusnya tidak kamu berikan dalam jumlah banyak dan setiap hari.

Fakta lain jangkrik merupakan sumber makanan yang kaya akan protein dan lemak. Namun, tubuh hammy yang terlalu kecil tidak memerlukan asupan ini dalam jumlah banyak setiap hari.

Terlalu berlebihan dalan memberi makan hamster dengan jangkrik/belalang justru bisa menyebabkan mereka mengalami gangguan kesehatan seperti obesitas, kegemukan, gangguan aliran darah hingga serangan jantung.

Cara memberikan jangkrik / belalang untuk hamster

Cara terbaik untuk memberikan hammy ialah dengan tidak terlalu berlebihan. Berikan saja mereka 1 ekor serangga jangkrik sebanyak 1 atau 2 kali dalam sepekan dan tidak lebih dari itu.

Berikan mereka dalam bentuk kering atau basah juga tidak menjadi masalah, tetapi bila mereka tidak menyukai dalam bentuk hidup, mungkin kamu bisa mengganti yang kering untuk alternatifnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel