CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Efek Samping Mengkonsumsi Daun Sambiloto bagi Tubuh? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Efek Samping Mengkonsumsi Daun Sambiloto bagi Tubuh?

khasiat dari tanaman sambiloto
Sumber foto : iStockphoto.
Healty99 - Sambiloto (Andrographis paniculata) adalah tanaman yang sering dimanfaatkan daunnya sebagai obat tradisional. Khasiat sambiloto dalam mengatasi sejumlah penyakit sudah diterapkan sejak lama, baik itu dengan cara dikonsumsi ataupun dioles sebagai obat luar.

Sebagian masyarakat Indonesia kerap menggunakan manfaat daun sambiloto untuk mengobati demam dan malaria, meredakan nyerti, masalah tekanan darah, kencing manis serta diabetes, luka pada kulit, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi.

Namun, terlepas dari manfaatnya yang bisa menjadi obat dalam mengatasi penyakit, lantas adakah efek samping atau bahaya dari menggunakan tanaman satu ini, baik itu dengan cara dikonsumsi untuk dalam tubuh maupun diterapkan pada luar tubuh?

Efek Samping Daun Sambiloto

Sebenarnya daun sambiloto tidaklah beracun dan berbahaya bagi tubuh "Jika" dimanfaatkan dalam porsi (takaran) yang sesuai dan tidak berlebihan. Mengingat ada banyak kandungan senyawa pada tanaman yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Yang menjadi permasalahan ialah jika terlalu berlebihan mengkonsumsi sambiloto. Ini karena senyawa yang terkandung melebihi batas yang dibutuhkan serta akan menumpuk didalam tubuh, sehingga ditakutkan memicu reaksi negatif dikemudian hari.

Salah satu bentuk efek samping ringan dari terlalu banyak mengkonsumsi daun sambiloto, baik dalam bentuk direbus (air rebusan), dimakan sebagai lalapan atau jamu ialah sakit perut, muntah, diare, sakit kepala, alergi, mual, penurunan nafsu makan serta tubuh kelelahan.

Dalam kasus panjang ini bisa memicu penurunan gula darah, gangguan aliran darah, menganggu cairan metabolisme tubuh serta ada kemungkinan gangguan ginjal untuk kasus parah.

Meski kecil kemungkinan untuk terjadi, akan tetapi terlalu keseringan mengkonsumsi tanaman satu ini setiap hari tanpa takaran yang tepat justru tidak disarankan.

Di sisi lain, resiko efek samping dan bahaya jauh akan meningkat jika kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan, dalam perawatan medis, ibu hamil, memiliki riwayat kesehatan yang buruk atau sedang dalam kodisi tertentu.

Oleh karena itu jika kamu ingin mengkonsumsi daun sambiloto setiap hari untuk alasan sebagai obat tradisional dalam mengatasi penyakit, harap pertimbangkan dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan.

Terlebih lagi buat kamu memiliki salah satu kondisi yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun jika efek samping daun sambiloto untuk luar tubuh, maka kecil kemungkinan akan berdampak buruk pada tubuh. Jikapun ada biasanya berupa reaksi alergi pada kulit berupa gatal-gatal, bintik dan ruam.

Ini dikarenakan karakteristik kulit setiap manusia berbeda-beda, jadi apabila saat kamu menggunakan sambiloto untuk luar tubuh seperti kulit dan didapati reaksi alergi atau kurang nyaman, maka sebaiknya segera hentikan pemakaian.

Nah itulah beberapa kemungkinan efek samping mengkonsumsi dan menerapkan daun sambiloto yang bisa kamu ketahui.

Note : Singkatnya, meski tanaman satu ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan, akan tetapi harap untuk tidak menggunakanya tanpa diketahui berapa dosis, takaran atau jumlah yang tepat.

Penggunaan secara sembarangan dan berlebihan dalam bentuk konsumsi justru hanya akan memicu efek samping dikemudian hari.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :



Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel