CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips & Cara Merawat Ikan Guppy di Akuarium - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips & Cara Merawat Ikan Guppy di Akuarium

gambar ikan guppy / molly dalam akuarium hitam
Sumber gambar : pixabay/balzekaitegita
Healty99 - Ikan guppy, atau sering disebut juga ikan molly, adalah salah satu ikan hias yang populer di kalangan pecinta akuarium. Selain itu ukuranya yang kecil, lincah serta memiliki beragam warna membuat sebagian orang memilih untuk dijadikan isi dari aquascape.

Guppy juga tergolong mudah dipelihara, tetapi merawatnya dengan benar adalah kunci utama untuk menjaga kesehatannya serta membuatnya tumbuh dengan baik.

Baca juga : 16 Tanaman Air Disekitar Rumah Kita Untuk Aquascape

Cara Merawat Ikan Guppy / Molly

Nah, buat kamu yang memiliki ikan mugil ini dirumah, berikut adalah beberapa tips sekaligus cara untuk merawatnya agar tumbuh sehat dan aktif.

1. Pilih akuarium yang tepat

Meski ikan guppy memiliki ukuran tubuh yang mungil, faktanya ia juga membutuhkan ruang yang cukup untuk hidup dengan baik. Oleh karena itu pilih akuarium yang cukup besar untuk menampung ikan satu ini.

Baca juga : 8 Rekomendasi Tanaman Karpet Untuk Aquascape

Ukuran akuarium yang ideal untuk ikan guppy adalah yang memiliki volume minimal 19 liter, dengan filter dan pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan ikan.

2. Jaga kualitas air

Dalam memelihara hewan air, kualitas air memang sangat penting untuk menjaga kesehatan mereka.

Jadi pastikan untuk mengganti air di dalam akuarium secara berkala, sekitar 20-30% setiap minggu, dan tes kualitas air secara rutin menggunakan alat tes air.

Jika kualitas air buruk, bersifat asam dan kotor maka bisa memicu berbagai penyakit pada ikan guppy kamu.

3. Pilih makanan yang tepat

Tips merawat ikan guppy berikutnya ialah memastikan mereka mendapatkan nutrisi dari makanan yang cukup.

Molly membutuhkan makanan yang seimbang untuk pertumbuhan dan kesehatannya. Berikan makanan berupa serangga kecil, cacing darah, atau makanan ikan khusus.

Selain itu, knda juga bisa memberikan makanan tambahan seperti sayuran, seperti selada dan bayam, untuk memperkaya nutrisi ikan.

4. Jangan terlalu banyak memberi makan

Jangan memberi makan terlalu banyak pada ikan guppy. Beri mereka makan sebanyak yang mereka mampu makan dalam waktu 2-3 menit dan beri makan 2-3 kali sehari.

Terlalu banyak memberi makan dapat membuat air di akuarium menjadi kotor dan dapat memicu pertumbuhan bakteri berbahaya.

5. Perhatikan tanda-tanda penyakit

Jika kamu melihat ikan guppy terlihat tidak sehat, seperti warna tubuh yang pucat atau kulit yang berlendir, tampak lesu, sendirian dipojok kaca dan melakukan hal tidak biasa, maka itu mungkin tanda-tanda penyakit.

Jangan tunggu terlalu lama untuk mengambil tindakan, segera konsultasikan dengan ahli ikan atau dokter hewan untuk mengetahui cara mengobati penyakit tersebut.

Nah, itulah beberapa tips dan cara untuk merawat ikan guppy dengan baik didalam akuarium. Penting untuk selalu memantau kesehatan ikan dan menjaga kualitas air di akuarium.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan peliharaan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel