CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kura-Kura Makan Semangka [Manfaat dan Porsi Makan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kura-Kura Makan Semangka [Manfaat dan Porsi Makan]

gambar kura kura makan buah semangka
Sumber foto : pixabay/hhach
Healty99 - Semangka merupakan buah berry besar yang kaya akan kandungan air, oleh karena itu mengkonsumsinya saat cuaca sedang panas dapat memberikan ke lezatan serta untuk menghilangkan rasa haus.

Semangka juga mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan manusia, namun terlepas itu semua apakah buah satu ini juga bagus jika kita berikan pada kura-kura? Dan jika boleh apakah itu aman?

Mengingat kura-kura adalah hewan omnivora yang untuk beberapa spesies bisa memakan buah-buahan, sayur dan bahkan daging.

Bolehkah Kura-Kura Makan Buah Semangka?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah "Ya", kura-kura peliharaan kamu dapat dengan mudah memakan buah berbentuk bundar dan manis ini.

Lagipula semangka juga kaya akan nutrisi sehingga diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan makanan mereka sebagai bentuk cemilan.

Akan tetapi sebagai pemilik / tuan dari mereka haruslah berhati-hati, terutama dalam pemberian. Setidaknya kamu harus mengatur porsi mereka, jumlah serta asupan total keseharian, sehingga mereka tetap terus sehat dan berumur panjang.

Manfaat Semangka bagi Kura-Kura

Berikut ini adalah beberapa dari manfaat memberikan buah semangka untuk kura-kura yang bisa kamu ketahui.

1. Sumber air

Kura-kura membutuhkan asupan air yang cukup untuk mempertahankan hidrasi dan kesehatan tubuhnya.

Semangka yang kaya akan air ini dapat membantu memenuhi kebutuhan air mereka, terutama saat musim kemarau atau panas.

2. Mengandung vitamin dan mineral

Buah kaya air ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, dan potassium yang bermanfaat untuk kesehatan kura-kura.

Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata peliharaan kamu, sementara vitamin C membantu menjaga sistem kekebalan tubuhnya.

3. Mengandung antioksidan

Sumber antioksidan seperti likopen pada semangka diketahui dapat membantu mencegah kerusakan sel dan radikal bebas pada tubuh kura-kura.

Hal ini tentunya bisa membantu menjaga kesehatan kura-kura dan mencegah terjadinya penyakit.

Cara Memberikan Semangka pada Kura-Kura

Dalam memberikan buah semangka, perhatikan ukuran kura-kura yang akan kamu berikan.

Untuk jenis kura-kura bertubuh kecil kamu bisa berikan daging merah / isi dalam daripada buah semangka, berikan dalam bentuk potongan kecil sekitar sebesar kepala mereka dan pastinya terbebas dari biji serta kulit.

Jika mereka adalah ras raksasa atau besar, memberikan semangka dalam bentuk utuh tidak menjadi masalah.

Berapa banyak kura-kura boleh makan?

Sebagai pedoman umum, berikan buah pada kura-kura sekitar 2-3 kali seminggu sebagai camilan atau sebagai bagian dari diet mereka.

Porsi yang disarankan dapat berkisar antara 1-2 sendok makan per porsi untuk kura kecil, dan 10-15% untuk kura dewasa dalam sekali makan.

Pastikan untuk memantau kondisi kura-kura setelah diberi buah untuk memastikan tidak terjadi masalah pencernaan atau kesehatan lainnya.

Apakah boleh memberikan biji?

Untuk kura kecil seperti jenis brazil, baiknya bagian biji dihindari karena dapat menyebabkan mereka tersedak.

Sedangkan untuk ras raksasa, berikan saja dalam bentuk semangka bundar mengingat tidak ada waktu untuk memisahkan ratusan biji didalam buah.

Apakah boleh memberikan kulit semangka?

Meski kulit buah semangka tergolong aman untuk dimakan segala jenis kura-kura, tetapi untuk ras mini / kecil sebaiknya di hindari, lagipula ukuran mereka juga kecil jadi memberikan 1 sendok makan daging buah tidak terlalu berarti.

Efek Samping

Semangka bukanlah makanan yang berbahaya atau beracun untuk kura-kura kamu, bahkan justru jenis buah berry satu ini sangat baik untuk kesehatan mereka.

Namun ada hal yang harus kamu ketahui, meski buah semangka menyehatkan, tetapi hal terbaik ialah memberi banyak jenis variasi makanan. Dengan begitu peliharaan kamu bisa mendapatkan beragam nutrisi dari banyak jenis makanan.

Disatu sisi terlalu banyak memberikan semanga juga bisa memicu kura-kura kamu mencret, mengingat tingginya kandungan air didalam buah.

Baca terus infromasi menarik lainnya di healty99.com.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel