CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengenal Lakum, Buah Liar yang Mempunyai Manfaat - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Mengenal Lakum, Buah Liar yang Mempunyai Manfaat

gambar buah lakum, galing, Cayratia trifolia

Healty99 - Lakum atau Lakom merupakan penyebutan untuk buah dari tanaman Cayratia trifolia. Ini adalah jenis tanaman liar merambat yang biasa ditemukan hidup dihutan, kebun dan semak-semak.

Dibeberapa daerah ia juga disebut dengan nama anggur padang, anggur rubah, galing-galing, lambai-lambai, galik-galik, sulur liar badaun tiga atau anggur hitam Kalimantan. 

Bentuk dari buah Lakum sendiri berukuran kecil, yaitu hanya sekitar 1 sampai 2 cm, berwarna hijau saat masih mudah dan akan berubah menjadi hitam pekat atau ungu gelap saat sudah matang.

Jika dikupas terdapat daging buah yang berair, mirip seperti jeli, berwarna bening serta teradapat biji dengan warna kecoklatan.

Cara Makan Buah Lakum

Buah Lakum atau Lakom tidak bisa dimakan secara langsung, hal ini dikarenakan getahnya bisa menyebabkan gatal dan alergi. Untuk itu diperlukan pengolahan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Salah satu bentuk pengolahan biasanya direbus, setelah itu baru bisa digunakan untuk membuat aneka makanan dan minuman. 

Beberapa olahan dari buah Lakum dapat berupa minuman segar, pewarna makanan, pasta, jus, sirup, ramuan herbal hingga selai.

Baca juga :

Cara Mengolah Buah Lakum Menjadi Minuman

Kandungan Buah Lakum

Buah liar satu ini diketahui memiliki kandungan senyawa berupa antioksidan seperti flavonoid, fenolik, antosianin dan triterpenoid. 

Selain itu ia juga mengadung tinggi serat, air, vitamin C, magnesium dan beberapa nutrisi lainnya dalam jumlah kecil. 

Manfaat Buah Lakum

gambar buah lakum, galing galing, anggur kalimantan, Cayratia trifolia

Walau dicap sebagai buah liar dan tanaman pengganggu namun Lakum sendiri mempunyai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan jika mengkonsumsinya secara teratur serta diolah dengan baik dan benar. Berikut beberapa manfaat yang diklaim bisa didapat dari buah Lakum.

1. Sumber antioksidan

Menurut sebuah penelitian, buah Lakum mengandung antioksidan cukup tinggi, tentunya ini akan sangat berguna untuk tubuh. 

Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan dapat menghambat reaksi radikal bebas masuk kedalam tubuh.

Tak hanya itu saja, antioksidan juga dapat berguna untuk menghambat kerusakan jaringan sel dan membantu meregenerasi jaringan sel baru.

2. Obat herpes

Buah liar ini diklaim bisa menjadi obat untuk mengatasi masalah herpes. Sehingga banyak orang meyakini hanya dengan mengkonsumsi olahan Lakum bisa mengatasi masalah tersebut.

Namun hal ini masih belum diketahui secara benar akan khasiatnya, untuk masih diperlukan pengujian lebih lanjut. 

3. Anti-kanker

Kandungan antioksidan pada buah Lakum atau Lakom, memungkinkan dapat mencegah perkembangan kanker dan sekaligus mengurangi pertumbuhanya.

Namun pada hal ini kamu tidak bisa menjadikannya sebagai obat untuk mengatasi secara langsung, khasiat bisa kamu dapatkan sebagai bentuk pencegahan.

Selain itu masih belum diketahui berapa banyak dan dosis dari konsumsi yang aman.

4. Obat HIV

Lakum diklaim mampu mengatasi penyakit HIV, khasiat ini beredar diantara lingkungan masyarakat yang berbicara dari mulut kemulut.

Akan tetapi belum ada pengujian yang tepat akan dampak yang diberikan bagi tubuh, terutama menunjang keberhasilan seseorang untuk sembuh dari HIV.

5. Meningkatkan kesuburan wanita

Manfaat buah Lakum selanjutnya ialah dipercaya bisa meningkatkan kesuburan seorang wanita. 

Banyaknya isu ini sehingga masyarakat kerap mengkonsumsi ramuan atau sirup dari olahan buah liar ini. 

Sayangnya masih belum diketahui kebenaran akan khasiatnya, sehingga masih perlu dipertimbangkan.

Efek Samping Buah Lakum

Belum diketahui efek samping atau bahaya dari buah Lakum untuk kesehatan secara ilmiah, hal ini dikarenakan masih kurangnya penelitian terhadap tumbuhan satu ini.

Sejauh ini mengkonsumsi beberapa olahan buah yang telah dimasak masih dikategorikan aman bagi tubuh. 

Namun, ada kasus beberapa orang yang ingin mecoba makan buah Lakum dalam kondisi mentah mengalami gatal-gatal, alergi dan bentol pada kulit.

Untuk itu jika kamu ingin mencoba buah Lakum sebaiknya konsultasikan kedokter atau ahli gizi terlebih dahulu, terutama bagi kamu yang mempunyai masalah kesehatan atau sedang mengkonsumsi obat-obatan.

Cukup sampai disini manfaat dan efek samping dari buah Lakum untuk kesehatan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com tentang buah langka.

Artikel lainnya :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i