CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Buah Langka Mundu, Manfaat dan Efek Sampingnya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Buah Langka Mundu, Manfaat dan Efek Sampingnya

gambar buah mundu masak
Sumber foto : syncwithnature
Healty99 - Ada yang tahu dengan buah satu ini? Ini adalah Mundu (Garcinia dulcis), salah satu spesies tumbuhan berbuah minor asli Indonesia yang mulai langka. Dibeberapa daerah ia juga dikenal dengan nama buah rata atau apel Jawa. 

Jika kamu tidak mengetahui buah satu ini wajar saja, pasalnya memang Mundu keberadaanya kian sulit untuk ditemukan. Diketahui hanya beberapa tempat saja di Indonesia yang bisa menjumpainya, yaitu pulau Kalimantan dan Jawa Tengah.

Namun, lalu lintas mengatakan bahwa Mundu juga tumbuh di kawasan Filipina, Thailand, dan beberapa wilayah lainnya pada ketinggian 500 mdpl.

Mengenal Mundu

Mundu merupakan buah dari family Clusiaceae, yang diketahui masih satu kerabat dengan tanaman manggis. Walau begitu, dari segi bentuk, ukuran dan warnanya sangat jauh berbeda.  

Bentuk Buah

Mundu berbentuk bulat dengan bagian ujung sedikit mengkerucut, ukuranya tidak terlalu besar yaitu sekitar 4 sampai 7cm. 

Buahnya berwarna hijau saat masih muda, bila sudah masak ia akan berwarna menjadi kuning, memiliki permukaan halus dan tipis.

Jika dikupas, daging kulitnya berwarna kuning setebal 3 mm, terdapat pula daging buah berwarna kuning terang.

Apakah buah Mundu bisa dimakan?

Mundu tentu saja bisa dimakan, terlebih lagi memang buah satu ini memiliki rasa manis-manis asam. Selain itu teksturnya juga lembut, berair dan  mirip dengan manggis.

Ia juga mempunyai biji pada bagian tengah dengan warna kecoklatan berjumlah 1 sampai 4 butir.

Bentuk Pohon

Pohon Mundu perawakanya mirip seperti pohon manggis, berukuran sedang yang tingginya mencapai 20 m, berbatang coklat serta bergetah putih.

Mundu termasuk kedalam tumbuhan hijau abadi dan buahnya dapat dipanen pada bulan Juli hingga November.

Kandungan Buah Mundu

Buah yang masih satu kerabat dengan manggis ini memiliki kandungan senyawa dan nutrisi bagus loh. Berikut beberapa kandungan tersebut :

  1. Vitamin C
  2. Serat
  3. Asam organik
  4. Magnesium
  5. Flavonoid
  6. Tanin
  7. Saponin
  8. Air
  9. Kalsium
  10. Zat besi
  11. Fosfor

Manfaat Buah Mundu

gambar buah mundu, apel jawa
Sumber foto : pinterest
Melihat banyaknya kandungan nutrisi dan senyawa pada buah satu ini, lantas adakah manfaatnya bagi tubuh? Tentu saja ada, mengkonsumsi Mundu dalam jumlah cukup mempunyai manfaat untuk kesehatan yang diantaranya :

1. Membantu menyembuhkan luka

Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang mana bisa membantu menyembuhkan luka dan nyeri.

Khasiat bisa sangat membantu terutama dalam menjaga kesehatan kulit, menyembuhkan bekas luka, bekas jerawat dan bopeng.

2. Mengobati gondok

Gondok merupakan suatu gejala kelenjar tiroid karena kekurangan yodium, jika di biarkan dampak akan menyebabkan kelenjar tiroid bekerja lebih keras dan menyebabkan pembengkakan alias membesar.  

Banyak orang mengatakan bahwa buah Mundu bisa meredakan gejala pembengkakan yang sedang terjadi. Caranya dengan dikonsumsi secara teratur, dan dioleskan pada aera yang bengkak.

Namun dalam hal ini belum diketahui secara pasti kebenaran akan khasiatnya, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

3. Sumber vitamin C

Buah Mundu merupakan sumber vitamin C yang baik untuk tubuh, kamu bisa menjadikan buah satu ini dalam memenuhi kebutuhan vit C harian kamu.

Tubuh setidaknya memerlukan asupan vitamin C yang cukup untuk menunjang kinerja organ dan sistem metabolisme tubuh agar tetap stabil.

4. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya ialah bisa membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Hal ini berkat kandungan vitamin C dan beberapa senyawa lainnya bersifat antioksidan bagi tubuh yang sangat tinggi. 

5. Mengobati Sariawan

Buah Mundu diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-radang alami, ini dapat berguna untuk membantu mempercepat penyembuhan sariawan di daerah mulut.

Selain itu, vitamin C yang terkandung bisa membantu memproduksi kolagen dalam menyembuhkan berbagai luka pada tubuh.

6. Mencegah enema

Enema merupakan penyakit yang biasa menyerang area organ empedu. Diketahui buah satu ini bisa sangat membantu mengatasi masalah tersebut. 

Walau begitu, Mundu tidak bisa menjadi obat dalam upaya mengatasi permasalah dengan cepat, akan tetapi bisa kamu gunakan sebagai bentuk pencegahan lebih awal.

7. Mengatasi sembelit

Sembelit dapat terjadi karena adanya pengerasan feses atau kotoran pada saluran pencernaan, terutama pada bagian usus besar. Gejala ini bisa mengakibatkan seseorang menderita atau sulit untuk mengeluarkanya.

Nah, buah Mundu diklaim bisa menjadi obat mengatasi permasalahan ini loh, terlebih lagi ia kaya akan kandungan serat dan air yang mana bagus bagi pencernaan.

8. Meredakan sakit perut

Mundu memiliki kandungan saponin, flavonoid, toning dan anti inflamasi yang berkhasiat dalam menyembuhkan sakit perut.

Ini juga memungkinkan untuk mencegah terjadinya diare dan gangguna pada area saluran pencernaan.

9. Meredakan demam

Sifat anti-inflamasi, anti-bakteri dan antioksidan pada buah, diketahui mampu melawan infeksi yang sedang terjadi didalam tubuh.

Oleh karenanya tak heran banyak juga masyarakat yang memanfaatkan Mundu sebagai salah satu bentuk pongobatan untuk mengatasi demam dan menurunkan panas pada anak.

10. Menangkal radikal bebas

Antioksidan dan vitamin C sangat berpengaruh besar terhadap radikal bebas, yang mana hal ini bisa mencegah kerusakan jaringan sel secara berlebihan dan membantu regenerasi lebih cepat.

Perlu kamu ketahui, pada buah Mundu juga terkandung sumber antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Ini akan sangat berguna terutama membantu tubuh dalam menangkan paparan radikal bebas, salah satu penyebab sekaligus pemicu berbagai penyakit berbahaya.

Efek Samping Buah Mundu

Belum diketahui secara pasti apa saja efek samping atau bahaya dari mengkonsumsi buah Mundu untuk tubuh.

Namun, jika kamu mengkonsumsi dalam jumlah banyak, hal ini kemungkinan bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti sakit perut, diare, rasa tidak enak diperut, kurang nafsu makan dan pusing.

Untuk itu diharapkan tidak makan dalam jumlah banyak, terlebih lagi pada anak kecil.

Cara Makan

Cara makan buah Mundu sangat mudah, bisa di bilang hampir mirip dengan makan manggis. 

Cukup tekan buah hingga terbuka atau pontong menggunakan pisau, lalu akan terlihat bagian dalam buah yang berwarna kuning. Harap berhati-hati karena ia juga mempunyai biji yang cukup besar.

Itulah beberapa manfaat, kandungan dan efek samping dari buah Mundu.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Artikel lainnya :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i