CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberi Hamster Makan Stroberi? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Bolehkah Memberi Hamster Makan Stroberi?

hamster makan stroberi
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Bisakah hamster makan stroberi? Dan apakah makanan satu ini aman untuk peliharaan berbulu kita? Yuk simak dulu sampai akhir.

Stroberi populer karena warnanya yang merah cerah, rasanya asam manis dan berair, buah satu ini dapat menggoda banyak orang untuk memberikannya sedikit kepada hewan peliharaan.

Sebagai salah satu buah dengan sumber vitamin C yang hebat dan mengandung banyak antioksidan, tentu khasiatnya dianggap baik dalam memerangi penyakit jantung, kanker, dan peradangan pada manusia.

Namun, sementara stroberi mungkin merupakan makanan yang sehat dan bermanfaat, lantas apakah kita perlu mencari tahu tentang apakah stroberi memiliki efek positif yang sama pada hamster kita.

Dalam memberi porsi kecil, strawberry aman untuk hamster. Namun, karena kandungan gula dan airnya yang tinggi, mungkin memberi dalam jumlah banyak tentu bisa menjadi hal yang buruk.

Apakah Strawberry Aman untuk Hamster

Stroberi pada dasarnya aman untuk dimakan hamster, terlebih lagi buah satu ini tidak berbahaya bagi peliharaan kamu yang lucu ini. Namun tentu saja dengan syarat utama.

Mereka perlu diberikan dalam dosis kecil dan diperkenalkan memberi hamster secara bertahap, hal ini untuk menghindari gangguan pada sistem pencernaan mereka.

Seperti banyak buah dan sayuran lainnya, stroberi dapat menjadi bagian dari diet sehat dan seimbang untuk hamster.

Namun, stroberi bisa menjadi tidak aman bagi hamster kamu, terlebih lagi jika digunakan sebagai asupan sumber nutrisi utama.

Untuk itu kamu bisa mencampur dengan beberapa makanan lain seperti biji-bijian.  Pasalnya biji-bijian mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan hamster agar tetap sehat.

Jadi, penting untuk selalu menyediakan makanan tersebut untuk hamster kamu, bukan hanya berbagai buah dan sayuran saja.

Jika kamu tidak yakin hamster mendapatkan asupan seimbang, ada baiknya kamu tanyakan kepada dokter hewan agar bisa mengetahui lebih detail, terutama pada beberapa makanan.

Hamster dan strawberry

Makanan alami dan sehat untuk hamster termasuk pelet, beberapa sayuran, buah segar, kacang-kacangan dan telur sesekali, selain itu pemberian banyak air juga di perlukan.

Mereka membutuhkan banyak vitamin dan mineral dari makanan, dan berkembang paling baik dengan kandungan karbohidrat tinggi.

Seperti manusia dan mamalia lainnya, hamster membutuhkan Vitamin C, protein, serta sejumlah kecil kalsium, vitamin A, dan potasium dalam jumlah yang cukup.

Kandungan vitamin C penting untuk menjaga kesehatan mata, jantung, dan fungsi secara keseluruhan, dan bahkan membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Stroberi juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, yang kedengarannya bagus untuk makanan hamster kamu, tetapi mungkin tidak demikian.

Yang penting ialah kandungan karbohidrat tinggi dalam stroberi sebagian besar adalah gula, dan seperti yang sudah dikatakan bahwa gula tidak selalu merupakan sumber kalori terbaik untuk teman berbulu kamu.

Apakah hamster suka strawberry?

Meskipun kami telah menentukan bahwa stroberi aman untuk dimakan hamster dan bahkan baik untuk kesehatannya, ini bukan berarti bahwa hamster kamu secara otomatis akan menyukai stroberi.

Sama seperti manusia, hewan yang berbeda menyukai makanan yang berbeda, dan jika hamster kamu tidak menyukai stroberi, maka tidak perlu panik.

Stroberi bukan bagian penting dari makanan hamster, jadi jika hamster tidak menyukainya kamu bisa memilih makanan lain yang disukainya.

Kamu tidak boleh mencoba dan memaksakan makanan baru pada hewan peliharaan kecil kamu secara paksa.

Meskipun penting untuk memastikan hamster mendapatkan makanan yang seimbang, ada banyak cara berbeda untuk mencapainya.

Untuk itu dibuatlah camilan hamster yang dirancang khusus sebagai makanan hamster sangat bagus, sehat dan dalam takaran yang seimbang.

Dokter hewan kamu juga dapat memberi tahu tips pengganti buah stroberi dengan beberapa makanan yang bagus.

Lantas apakah strawberry buruk untuk hamster?

Sekarang kita tahu bahwa stroberi bisa baik untuk kesehatan hamster, tetapi adakah kasus di mana buah satu ini bisa berdampak buruk bagi hamster?

Seperti buah lainnya, stroberi harus diberikan kepada hamster dalam jumlah sedang. Apalagi jika kamu baru mulai memperkenalkannya buah satu ini pada hewan peliharaan berbulu kamu.

Memberi hamster terlalu banyak buah, termasuk stroberi, dapat menyebabkan masalah seperti diare. Jika hamster kamu mengalami hal ini, maka kamu harus menghentikan makanan tambahan dan mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter hewan.

Apakah strawberry aman untuk hamster?

Stroberi tentu saja buah yang aman untuk hamster kamu (dalam jumlah kecil), tetapi apakah stroberi secara aktif bagus untuk hamster kamu?

Dalam beberapa penelitian, stroberi telah dikaitkan dengan penghambatan kanker mulut dan perkembangan tumor di kantong pipi hamster. Sebagai buah menekan proliferasi sel dan perkembangan sel darah baru (angiogenesis).

Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi moderat jus stroberi (dan buah beri lainnya) dapat membantu pencegahan perkembangan awal aterosklerosis pada hamster.

Penyakit dimana lemak menumpuk di dalam arteri, serta meningkatkan fungsi dan perilaku saraf.

Studi ini menunjukkan bahwa stroberi dapat secara aktif baik untuk hamster, dan berpotensi dapat membantu mencegah penyakit tertentu.

Tentu saja, makan stroberi tidak menjamin hamster kamu tidak akan pernah menderita penyakit ini dan atau masalah lainnya. 

Artinya, tetap penting untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan, terutama jika ada sesuatu yang salah.

Bisakah bayi hamster makan strawberry?

Meskipun benar bahwa menambahkan beberapa millet atau bibit gandum ke dalam makanan bayi hamster kamu, namu cara yang terbaik adalah dengan menyerahkan sisa makanan kepada ibu hamster di awal perkembangannya.

Pada usia 5 hari, mereka akan memiliki pertumbuhan gigi yang cukup untuk mengunyah biji kecil, dan ini dapat membantu perkembangan gigi yang sehat.

Bayi hamster akan menyusu selama sekitar 3 minggu sebelum membutuhkan makanan padat, di saat ini kamu bisa menambahkan beberapa brokoli atau sayuran lainnya.

Jauhkan stroberi dari makanan mereka sampai mereka makan-makanan yang lengkap dan seimbang.

Bolehkah hamster makan strawberry setiap hari?

Stroberi merupakan makanan tambahan yang sehat untuk diet hamster yang seimbang, tetapi bisakah hamster makan setiap hari?

Karena buah merah satu ini mengandung gula yang tinggi, semua gula tersebut dapat menyebabkan obesitas, dan terlalu banyak memberi makan stroberi dapat membuat hamster kamu sakit.

Oleh karena itu, kamu dapat memberikan sedikit stroberi kepada hamster setiap beberapa hari.

Potong stroberi menjadi bagian kecil, dan pastikan untuk memeriksa sisa makanan di kandang untuk mencegah hamster memakan buah yang membusuk.

Nah, itulah pembahasan tentang "apakah hamster boleh makan strawberry?".

Baca terus informasi lainnya di healty99.com. 

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i