CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Ini Dia Manfaat Timun Untuk Wajah Kamu - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Ini Dia Manfaat Timun Untuk Wajah Kamu

gambar timun dipotong
Sumber foto : pixabay/stevepb
Healty99 - Manfaat timun untuk wajah harus kamu ketahui, terutama buat kamu para perempuan yang suka merawat kulit. Mentimun merupakan salah satu buah (sayur) yang diberkati dengan sumber nutrisi yang bagus untuk kesehatan, baik dari segi vitamin dan mineral.

Mengkonsumsi timun juga bagus untuk pencernaan dan diet sehat, namun kali ini kita akan membahas tentang manfaat timun untuk wajah atau kulit.

Masker Timun Untuk Kesehatan Wajah

Untuk mendapatkan khasiat yang terkandung pada sayuran satu ini pada dasarnya tidak harus selalu dikonsumsi dalam sehari-hari. Namun kamu bisa menggunakanya dengan cara dibuat masker atau sebagai pelembab.

Cara ini cukup efektif, terutama jika ingin merawat kesehatan kulit dari luar tubuh. Berikut beberapa manfaat timun untuk wajah yang dapat kamu ketahui :

1. Melembabkan kulit

Kandungan air yang tinggi hingga mencapai 95% membuat timun dapat kamu manfaatkan sebagai pelembab alami.

Terlebih lagi jika kamu mencampurkan beberapa bahan lainnya seperti madu, yogurt, lemon dan aloe vera.

Ini juga menjadikanya sebagai masker dengan kandungan nutrisi yang beragam sekaligus menyehatkan bagi kulit. 

Akan tetapi sebaiknya kamu tidak menggunakan secara berlebihan, pasalnya penggunaan timun untuk wajah secara berlebihan justru bisa mengurangi hidrasi pada kulit.

2. Mencegah jerawat timbul

Kulit pada bagian wajah umumnya menghasilkan kelenjar minyak yang cukup banyak, sekaligus disertai dengan penumpukan sel kulit mati. Jika dibiarkan saja bisa menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. 

Apabila dibiarkan terus-menerus maka dapat menjadi jerawat meradang, dikarenakan banyaknya bakteri yang hidup pada bagian folikel rambut kulit.

Nah, penggunaan masker timun untuk jerawat diklaim bisa membantu membersihkan dan mengencangkan pori-pori kulit. Hal ini harapkan dapat mengurangi risiko munculnya jerawat sekaligus meminimalisir.

3. Menghilangkan kantong mata

Kantong mata atau biasa dikenal dengan mata panda, yaitu merupakan perubahan warna pada area kulit sekitar mata. Beberapa faktor pemicunya bisa dikarenakan masalah penuaan, bawaan keturunan dan penyakit.

Namun ada pula yang dipicu karena kelelahan, kurang tidur atau terlalu lama menatap komputer.

Kamu bisa memanfaatkan timun dalam mengatasi masalah kantong mata loh, terutama yang diakibatkan oleh kelelahan dan kurang tidur.

Cara menggunakanya cukup dengan mengolah mentimun menjadi masker wajah, atau meletakan beberapa potongan timun diarea mata saat sedang bersantai atau istirahat.

4. Mencegah tanda-tanda penuaan

Menurut hasil penelitian dilaman Archives of Dermatological Research, manfaat masker dari bahan timun berasal dari beberapa kandungan yang bersifat antioksidan.

Antioksidan di dipercaya bisa melawan sekaligus mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan dini, seperti halnya keriput dan kulit kering. 

Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin C dan asam folat di pada buah (sayuran) satu ini juga diklaim dapat membantu merangsang regenerasi sel baru. Sedangkan asam folat diyakini dapat membantu melawan paparan racun dari lingkungan sekitar.

5.Pembersih wajah

Timun juga bisa kamu gunakan sebagai pembersih wajah atau dengan istilah toner. Tentu ini juga bisa gunakan dalam membersikah kulit sebelum memakai kosmetik atau sebalinknya.

Cara satu ini terbilang alami dan tentunya bisa kamu praktekan dirumah, namun tentunya dengan melakukan pengolahan terlebih dahulu sebelum digunakan.

6. Meredakan pembengkakan

Timun telah diketahui mengandung air yang tinggi, selain itu ia juga mempunyai sifat antiinflamasi dan mendinginkan kulit.

Nah, kamu bisa menggunakan masker yang terbuat dari timun untuk mengatasi pembengkakan, memar atau jerawat meradang.

Manfaat ini juga tak selalu hanya untuk kulit wajah saja, namun untuk bagian tubuh lainnya juga bisa kamu aplikasikan dengan masker satu ini.

7. Mengatasi kulit terbakar matahari

Sifat dingin dari timun juga bisa kamu manfaatkan dalam menyejukan kulit akibat terpapar sinar matahari yang terlalu panas.

Bahkan khasiatnya juga bisa meredakan efek dari iritasi, kemerahan dan sembab.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakanya untuk mengatasi bekas gigitan serangga, bengkak pada kulit, gatal hingga ruam.

Nah, itulah beberapa manfaat timun untuk wajah yang bisa kamu dapatkan sekaligus di coba.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i