CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkan Anjing Makan Pisang? dan Apakah Aman? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Bolehkan Anjing Makan Pisang? dan Apakah Aman?

gambar anjing makan pisang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Jika ditanya bolehkah anjing makan buah pisang? Jawaban singkatnya adalah ya, anjing bisa makan pisang, tetapi sebelum kamu membiarkan peliharan memakan buah-buahan kuning yang manis ini, ada beberapa hal yang harus diketahui.

Seperti banyak hal baik lainnya, pisang paling baik makan oleh anjing dalam jumlah sedang. Buah satu ini penuh dengan vitamin dan mineral yang tentu saja bermanfaat baik untuk peliharaan lucu kamu.

Pada tanggal 21 April adalah Hari Pisang Nasional, jadi mungkin saja ini saat yang tepat bagi kamu memberikan beberapa potong buah pisang ke pada hewan peliharaan kamu.

Namun jika kamu ragu, bertanya kepada dokter hewan sebelum berbagi makanan manusia dengan hewan.

Pisang baik untuk anjing?

Pisang adalah sumber Vitamin B6 dan Vitamin C alami. Dokter hewan terkadang merekomendasikannya sebagai makanan karena kaya akan potasium, rendah sodium dan kolesterol. Sehingga ini menjadikannya pilihan yang lebih sehat daripada makanan berlemak atau asin.

Selain itu, buah kuning tersebut tentunya sangat bagus untuk kesehatan dan dapat mengatasi beberapa masalah pada pencernaan.

Pisang juga mengandung magnesium, yang mendorong pertumbuhan tulang dan membantu tubuh dalam penyerapan protein dan vitamin.

Kapan pisang buruk untuk anjing?

Seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, pisang juga mengandung kadar gula alami yang tentu saja bisa menjadi masalah bagi anjing, terutama bila diberikan dalam jumlah banyak.

Keseringan memberi makanan dengan tinggi gula dapat menyebabkan masalah pencernaan, obesitas, dan diabetes. Anjing kamu harus makan banyak buah-buahan satu ini untuk mengembangkan kondisi prima, tetapi yang terbaik adalah memastikan anjing peliharaan kamu tidak berlebihan dalam memakanya.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dapat menyebabkan sembelit jika anjing terlalu banyak makan dalam sekali porsi, namun hanya beberapa anjing yang hanya mengalami kesulitan mencerna pisang.

Lebih jelas juga, kamu tidak boleh memberi anjing peliharaan kulit pisang. Kulitnya tidak beracun, tetapi sulit dicerna oleh pencernaan hewan.

Seperti hampir semua makanan, ada risiko anjing akan alergi. Jika kamu melihat tanda-tanda reaksi alergi, termasuk pembengkakan, gatal-gatal, kesulitan bernapas, bersin, batuk, atau gejala lainnya.

Untuk itu diharuskan kamu berhenti memberi makan pisang ke anjing, dan segera menghubungi dokter hewan.

Bagaimana cara memberikan pisang ke anjing ?

Sebelum kamu memberi makan anjing peliharaan dengan pisang, konsultasikan dengan dokter hewan kepercayaan kamu terlebih dahulu jika ragu.

Tentunya mereka dapat memberi tahu kepada kamu berapa jumlah yang tepat untuk anjing, terutama spesifik berdasarkan kebutuhan makanan dan berat badan mereka.

Jika dokter hewan kepercayaan kamu mengizinkan, ada beberapa cara untuk memberi makan pisang kepada anjing. Berikut adalah beberapa favorit:

  1. Bekukan, kupas, potong-potong, dan berikan ke anjing, makanan beku bisa menjadi menyegarkan. Ini sangat bagus di hari musim panas, dan sangat mudah disiapkan.
  2. Hancurkan dan aduk mereka ke dalam wadah makanan. Anjing kamu mungkin menyukai rasa manis dan menikmati perubahan tekstur dari makanan biasa mereka.
  3. Hancurkan dan masukkan ke dalam mainan. Ini akan memberi peliharan kamu rangsangan mental dan fisik dan membantu mengurangi kebosanan.
  4. Campurkan dalam camilanya. Kamu bisa menemukan banyak resep untuk kudapan anjing dengan pisang melalui internet. Beberapa bahan favorit untuk mencampur pisang termasuk selai kacang (pastikan tidak mengandung xylitol).

Nah, itulah pembahasan tentang apakah anjing boleh makan buah pisang. Walau tidak terlalu berbahaya, setidaknya kamu bisa memberikan beberapa potong kecil untuk mendapatkan manfaatnya.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah pisang dan anjing.

Ref : dogtime/akc

Artikel terkait : 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i