CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kambing Makan Buah Pisang, Daun dan Batang? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Bolehkah Kambing Makan Buah Pisang, Daun dan Batang?

gambar kambing makan pisang
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Pernah melihat kambing makan pisang dengan lahap? Lantas apakah hal tersebut aman dan tidak berbahaya ? Mungkin kamu pernah juga melakukan pemindahan kambing ke kandang baru, agar ia mau nurut dan diam pisang menjadi alasan hal tersebut untuk di berikan.

Jika itu yang di berikan adalah daun mungkin hal yang biasa, namun bagaimana jika yang di beri ialah buah pisang dan batangnya secara langsung. Untuk itu yuk kita simak di bawah ini.

Bolehkah kambing makan pisang matang (masak)?

Pisang adalah buah lezat yang bisa dimakan kambing dalam jumlah sedang. Buah dengan kulit kuning ini kaya akan serat, potasium, vitamin C & B6 yang penting untuk perkembangan kambing kamu.

Namun makanan yang tidak familiar, seperti pisang, bisa membuat kambing sedikit pemilih dan bisa jadi betah karena ia sangat suka. Selain itu ini bukan untuk mengatakan bahwa kambing tidak bisa memakannya atau makanannya buruk untuk mereka.

Memberi makan pisang kepada kambing peliharaan kamu sebanyak satu buah sehari, atau sebagai camilan sesekali jauh lebih sehat daripada makananya yang biasa.

Bolehkah kambing makan pisang kondisi mentah atau hijau?

Pisang mentah atau hijau di ketahui aman untuk dimakan kambing kamu. Namun, pisang mentah tentu saja lebih keras daripada yang matang. Karena itu, setidaknya kamu harus memotong menjadi beberapa potongan-potongan kecil agar tidak tersedak.

Namun setelah mereka terbiasa makan pisang hijau, kamu tidak perlu memotong buahnya lagi dan mereka akan menyesuaikan diri.

Bolehkah kambing makan kulit pisang?

Selain buah, bekas kulit pisang yang biasa kita buat ternyata makanan lezat bagi mereka, walaupun warnanya sudah membalu.

Meskipun kambing secara teknis mampu memakan kulit pisang, akan tetapi adapun bagian ini mungkin tidak disukai kebanyakan jenis kambing.

Jika kamu hendak memberikan beberapa kulit pisang kepada kambing peliharaan sebagai hadiah cemilan, sebaiknya harus mengiris menjadi lembaran agar kambing dapat memakan kulitnya dengan mudah.

Mencampurnya dengan jerami atau pakan utama sehari-hari mereka juga menjadi ide yang bagus, sehingga nantinya tidak akan pilih-pilih makanan.

Bolehkah kambing makan pohon (batang) pisang?

Jika kamu memberi sedikit kepana kambing peliharaan batang pisang, mereka pasti akan mencabik-cabik dan memakannya secara perlahan. Beberapa kambing mungkin saja akan merasa senang selama berjam-jam.

Selain itu, batang pisang juga bisa menjadi sumber makanan yang baik untuk sapi, babi, ayam. Jadi, jangan sia-siakan bahan satu ini.

Kambing memakan bunga pisang?

Tahukah kamu, ada banyak kambing suka mencari makan bunga (jantung) pisang yang berada di bawah tandan atau dekat akar karena bekas potongan pemilik pohon.

Jadi, sangat di sayangkan jika kamu membuang bunga pisang jantan karena kambing tentu sangat senang bila di beri, walau tidak menutup kemungkinan semua jenis kambing peliharaan mau.

Kamu bisa memotong bunga ini menjadi beberapa bagian agar mereka bisa memakannya.

Nah, itulah pembahasan mengenai apakah kambing boleh makan beberapa bagian dari tanaman pisang.

Tidak perlu khawatir akan bahaya atau efek samping, selagi jika tanaman bebas penyakit dan racun. Selain itu hampir semua jenis tanaman pisang masih di kategorikan aman.

Baca terus informasi di healty99.com seputar pisang dan tips lainnya.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i