CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Memberikan Hamster Sepotong Buah Pisang? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Memberikan Hamster Sepotong Buah Pisang?

gambar hamster makan pisangSumber foto : istockphoto
Healty99 - Bisakah hamster makan pisang? Mungkin ada terbesit di benak kamu tentang pertanyaan tersebut, hal ini di karenakan ingin membagi sedikit manfaat buah pisang kepada hamster peliharaan. Lantas apakah hal tersebut aman dan tidak berbahaya?

Nah, daripada penasaran. Berikut beberapa pernyataan dari Tim Squeaks and Nibbles yang memeriksa apakah aman bagi hamster untuk mengemil pisang.

Perlu kamu ketahui, pada dasarnya hamster perlu makan makanan yang kaya karbohidrat dan vitamin. Pisang adalah sumber nutrisi yang baik, dan tidak beracun bagi hamster. Tapi tentu tidak cukup hanya dengan buah kuning satu ini saja.

Setidaknya peliharaan keci kamu harus makan berbagai macam makanan. Maka yang jadi pertanyaan, berapa banyak pisang yang bisa dimakan hamster? Dan apakah haruskah dalam kondisi segar, kering, dikupas atau sudah diolah?

Apakah pisang aman untuk hamster?

Yap, pisang aman untuk hamster peliharaan kamu jika dalam jumlah sedang. Namun tentu saja ada beberapa pertimbangan penting dalam hal makanan satu ini.

Pisang adalah jenis berry besar yang dapat dimakan. Tanaman satu ini secara teknis pada dasarnya termasuk golongan buah berry. Mereka telah dibudidayakan setidaknya sejak 5000 SM.

Buah yang identik dengan warna kuning terang ini sebenarnya mengandung sebagian besar karbohidrat - 93%, dengan hanya 3% lemak dan 4% protein. Selain itu ia juga kaya sumber serat, vitamin C, vitamin B6, potasium, dan mangan.

Tapi apa manfaatnya bagi hamster kita?

Hamster dan Pisang

Tahukah kamu di alam liar, hamster adalah hewan omnivora dan memakan berbagai makanan, mulai dari kacang-kacangan hingga akar-akaran dan serangga. 

Saat dijinakkan, hamster dapat hidup secara eksklusif dari makanan komersial dengan nutrisinya lengkap.

Makanan terbaik untuk kecil domestik ini adalah yang sedekat mungkin dengan alam liar. Namun, banyak pemilik yang suka memberi hamster sayuran dan buah-buahan sebagai alternatifnya.

Lalu bolehkah hamster makan pisang secara rutin?

Karena hamster adalah omnivora, tentu ini bukanlah hal yang buruk. Mereka juga diharapkam untuk makan buah dan sayuran.

Faktanya, beberapa sayuran dan buah-buahan menawarkan banyak manfaat bagi hamster peliharaan kamu.

Satu studi menemukan bahwa hamster harus makan sekitar 62% karbohidrat agar sesehat mungkin.

Jelas hamster harus mengonsumsi sebagian besar sumber karbohidrat. Kabar baik karena pisang hampir seluruhnya terbuat dari karbohidrat. Hamster juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari nutrisi yang terkandung dalam pisang.

Hamster juga merupakan hewan yang suka mengigit apa yang bisa mereka jangkau, tidak terkecuali buah pisang jika di berikan.

Apakah pisang berbahaya untuk hamster?

Pisang pada dasarnya tidak beracun dan berbahaya bagi hamster, dan mereka boleh mengonsumsi buah satu ini. Tentu dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Hamster adalah hewan yang sangat kecil, dan mereka tidak boleh melahap makanan apa pun secara banyak. Untuk diet yang sehat, mereka hanya boleh mengonsumsi makanan yang baik dalam jumlah kecil.

Serat pada buah juga baik untuk hewan pengerat, karena membantu pencernaan mereka tetap teratur. Tetapi karena hamster sangat kecil, mereka tidak membutuhkan serat sebanyak manusia.

Manfaat pisang bagi hamster

Seperti kebanyakan hewan sejenis lainnya, hamster juga membutuhkan makanan yang mengandung vitamin C. Pasalnya ia tidak memproduksi vitamin C, dan karena itu perlu mengkonsumsinya secara teratur dari luar agar tetap sehat.

Hamster rentan terhadap penyakit kudis, terutama saat kekurangan vitamin C. Jika hewan satu ini tidak memiliki cukup vitamin C, masalah seperti penurunan produksi kolagen dapat terjadi.

Nah, itulah pembahasan tentang apakah hamster boleh makan pisang.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah pisang dan hamster.

Ref : squeaksandnibbles

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel