CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Aneka Resep Olahan Jamur Kuping Populer - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Aneka Resep Olahan Jamur Kuping Populer

gambar jamur kuping masak di atas piring
Sumber foto : istock
Healty99 - Jamur kuping merupakan salah satu jenis cendawan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jamur kuping memiliki ciri khas berwarna kecoklatan transparan dan kenyal seperti jely.

Ia kerap tumbuh dibeberapa batang kayu lapuk seperti pohon mangga, rambutan dan ditumpukan batang pohon yang lembab.

Jamur kuping umumnya memiliki rasa yang hambar alias tawar, tetapi rasanya akan menjadi enak saat setelah diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti sup, tumis maupun goreng.

Olahan Jamur Kuping

Nah daripada panjang lebar, berikut beberapa olahan makanan berbahan dasar jamur kuping yang enak, mudah dan pastinya populer.

1. Keripik

Pertama kamu bisa buat keripik alias jamur kuping krispi baluran tepung tipis dengan campuran bumbu dan digoreng hingga cukup kering.

Cemilan satu ini merupakan salah satu yang terfavorit dan dapat dinikmati kapanpun, bahkan keripik dapat di simpan serta bertahan cukup lama.

2. Tumis

Berikutnya diolah dengan cara ditumis. Setidaknya ada dua jenis tumis jamur kuping, yang pertama tumis biasa dan satunya lagi tumis dengan tambahan santan.

Buat kamu yang ingin rasa lebih original mungkin bisa terapkan tumis biasa, tetapi jika ingin rasa yang lebih gurih maka cukup campurkan sedikit kuah santan.

Baca juga : Resep Tumis Jamur Kuping

3. Sambal jamur kuping

Selain ditumis dan digoreng, resep selanjutnya yang bisa kamu coba ialah dengan mengolah jamur kuping menjadi sambal.

Mengingat Indonesia memiliki banyak sekali resep olahan sabal, tentu ini bisa menjadi ide atau referensi dalam mengolah jamur agar tidak mudah bosan. Contoh sambal pedas manis, sambal matah, terasi dan masih banyak lagi.

Baca juga : Resep Sambal Jamur Kuping

4. Tekwan

Tekwan merupakan makanan khas daerah Palembang yang terbuat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka, lalu kemudian dibentuk berupa bulatan kecil-kecil dan hidangkan bersamaan kuah udang.

Nah, jamur kuping kerap dipakai sebagai pelengkap atau campuran dalam olahan tekwan. Walau cendawan satu ini memiliki rasa yang tawar, tetapi jika kamu mencampurkanya kedalam tekwan maka rasa dari jamur akan jauh lebih nikmat.

Oleh karena itu jika dirumah kamu ada banyak jamur kuping, mungkin tekwan bisa jadi makanan yang kamu pilih untuk dibuat.

Baca juga : Cara Membuat Tekwan Original Dengan Banyak Jamur Kuping

5. Gulai santan

Selain ditumis dengan santan, adapun resep lain yaitu dengan mengolah jamur menjadi gulai santan seutuhnya.

Buat kamu atau keluarga yang menyukai olahan santan atau makanan dengan citarasa gurih, mungkin resep satu ini bisa kamu coba sesekali sebagai makanan rumah.

Baca juga : Resep Olahan Jamur Kuping Gulai Santan

6. Sup soun

Selain dibuat tekwan, nyatanya jamur satu ini juga nikmat hanya dengan diolah campuran mie bihun atau soun.

Terlihat sederhana tetapi olahan sup akan sangat nikmat dan segar saat di santap sebagai makan siang loh. Penasaran? Simak resepnya di bawah ini.

Baca juga : Resep Jamur Kuping Kuah Soun

Nah, itulah beberapa resep olahan jamur kuping yang populer, mudah dibuat, sederhana dan pastinya bisa kamu coba dirumah.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar makanan.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel