CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Semburan Fuel Pump Kencang Tapi Motor Tidak Mau Hidup - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Semburan Fuel Pump Kencang Tapi Motor Tidak Mau Hidup

gambar fuel pump
Sumber foto : istock
Healty99 - Semburan fuel pump atau pompa injeksi kencang tapi motor tidak mau hidup. Permasalahan satu ini mungkin akan kamu alami dalam memperbaiki sepeda motor yang pada awalnya menduga kerusakan hanya ada pada bagian fuel pump dikarenakan tekanan tidak kuat.

Namun ternyata saat bagian tersebut telah di ganti motor tetap tidak mau hidup atau menyala. Lantas apa sih penyebabnya?

Baca juga : Daftar Kode MIL Kerusakan Motor Honda 

Fuel Pump Kencang Tapi Motor Tidak Mau Hidup

Kamu boleh saja menduga dengan mengganti komponen pompa injeksi yang ada di tangki apabila pada kenyataan bagian tersebut sudah mengalami kerusakan, melemah atau mati.

Memang benar, jika pompa bensin mengalami mati dan tidak menyembur dengan kuat atau melemah bisa menyebabkan motor brebet bahkan sulit untuk hidup. Berharap hanya dengan menganti fuel pump bisa menyala kembali, namun alhasil tidak sesuai dengan yang di harapkan.

Baca juga : Bisakah Fuel Pump Di Ganti Rotaknya Saja?

Mengingat harga fuel pump yang cukup mahal tentu akan sangat kecewa jika sudah diganti tapi motor tidak mau hidup, yang padahal bisa saja kerusakan ada pada bagian lain.

Oleh karena itu kamu tidak perlu khawatir, jika kamu telah menganti pompa bensin injeksi dengan yang baru namun sepeda motor tetap tidak mau menyala, cobalah untuk memeriksa bagian komponen berikut ini.

Namun sebelum itu pastikan fuel pump yang kamu punya hidup atau mengeluarkan bunyi berdenging saat switch kontak dinyalakan ke ON.

1. Periksa api busi

Pertama kamu bisa cek api busi, buka kepala busi (cop) kemudian lepaskan busi. Periksa apakah ada percikan bunga api yang menyala dan terfokus pada satu titik.

Baca juga : Cara Merawat Fuel Pump Motor Agar Awet

Lompatan listrik yang menyebar ke samping, tidak menyala atau tidak normal bisa di sebabkan busi yang sudah tidak layak pakai lagi. Segera ganti dengan busi yang baru dan pastikan kerenggangan elektroda sudah sesuai yaitu sekitar 0,8 mm.

Namun jika sudah kamu ganti dengan busi yang baru tetapi tidak terdapat lompatan bunga api, bisa dipastikan sistem pengapian kamu ada yang bermasalah. 

Penyebabnya bisa dikarenakan cop kepala busi yang buruk, sensor standar rusak, kontak arus atau beberapa komponen terkait pengapian yang sudah tidak berfungsi lagi.

Baca juga : Ciri-Ciri Fuel Pump Motor Injeksi Lemah

2. Kepala busi berjamur

Kepala busi berjamur beberapa kasus menyebabkan masalah pada motor injeksi, hal ini dikarekanan mengganggu jalur arus listrik ke busi. 

Bahkan kondisi kepala (cop) busi berjamur juga dapat berdampak pada sepeda motor yang menjadi berebet, tidak mau di gas dan sulit dinyalakan.

Oleh karena itu coba cek kepala busi kamu, jika terdapat serbuk ker biru-biruan atau hijau dibagian kepala busi maka bisa dipastikan kop busi kamu berjamur. 

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, ada bagusnya kamu ganti dengan yang baru.

3. Injektor bermasalah

Ketiga bisa disebabkan karena adanya masalah pada bagian injektor. Komponen satu ini memiliki fungsi untuk menyemprotkan bensin (BBM) ke ruang bakar dengan cara pengabutan.

Injektor yang normal akan menyemburkan sejumlah bensin saat sepeda motor di stater atau di engkol dengan kick stater.

Jika injektor rusak atau tidak bisa menyemburkan bensin yang padahal semburan fuel pump cukup kencang, maka bisa dipastikan adanya kerusakan pada bagian injektor.

Entah itu dikarenakan adanya arus yang putus, komponen terkait rusak atau soket yang tidak terpasang dengan baik.

4. Kerusakan pada sensor injeksi

Sistem PGM-Fi dilengkapi dengan sejumlah sensor yang menempel pada body mesin, tujuanya yang pasti ialah untuk mengetahui kinerja mesin sekaligus menyesuaikan sejumlah bahan bakar yang di butuhkan.

Namun beberapa kasus sensor injeksi bisa mengalami kerusakan dan menyebabkan motor tidak mau menyala, yang padahal semua dalam kondisi normal termasuk itu fuel pump.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan ialah periksa pada bagian sistem injeksinya, lihat apakah terdapat kode kerusakan pada daftar pola kedipan lampu mil di speedometer. Jika lampu mil berkedip tidak normal maka bisa dipastikan adanya kerusakan pada sistem injeksi.

Alternatif lainnya ialah kamu bisa cek menggunakan diagnostic tool khusus untuk injeksi, sehingga saat di colokan maka akan diketahui beberapa penyebab kerusakan.

5. Mesin bermasalah

Jika kamu telah melakukan beberapa pengecekan diatas tadi namun tidak ada tanda-tanda bahwa sepeda motor akan menyala, maka mungkin sebaiknya kamu juga periksa pada bagian mesin.

Bisa jadi mesin motor kamu yang memang bermasalah, salah satu contohnya ialah kompresi mesin yang hilang.

Jika sistem injeksi dan fuel pump normal namun mesin mengalami lost kompresi, maka sudah pasti akan sulit untuk diyalakan. Oleh karena itu kamu bisa mengembalikan prinsip kerja dari motor 4 langkah dengan mengembalikan proses compression.

Caranya cobalah untuk memeriksa setelan klep terlebih dahulu, jika stelan klep normal namun masih hilang kompresi, maka bisa dipasti tingkat kebocoran udara pada ruang bakar cukup besar, alternatifnya ialah kamu harus lakukan service besar atau turun mesin.

Nah, itulah beberapa penyebab mengapa sepeda motor kamu tidak mau menyala (hidup) yang padahal semburan fuel pump (pompa bensin) kencang atau baru diganti.

Sebagai tips, cobalah untuk memeriksa keadaan sepeda motor kamu terlebih dahulu. Mengingat harga beberapa part motor terkadang cukup mahal, tentu sangat di sayangkan jika sudah banyak diganti namun tetap tidak normal.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar otomotif.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel