CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Makan Pisang Barangan untuk Kesehatan - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Makan Pisang Barangan untuk Kesehatan

gambar pisang barangan
Sumber gambar : kampustani
Healty99 - Barangan merupakan salah satu jenis buah pisang yang memiliki ciri aroma dan bentuk yang khas serta dapat di kenali dengan mudah. Diketahui, tanaman pisang satu ini berasal dari salah satu kota di Indonesia, lebih tepatnya berasa dari Sumatra Utara daerah Deli Serdang.

Walaupun begitu, pada kenyataanya barangan bisa juga dapat di temukan pada beberapa kawasan lain. Selain itu masih belum di ketahui secara pasti mengapa di namakan piisang barangan, namun yang pasti ia sudah di kenal sejak lama dan sangat populer.

Dari segi bentuk dan ciri khas, pisang barangan memiliki bentuk yang tidak terlalu besar. Kurang lebih bentuk perawakan sama seperti dengan pisaang ambon, hanya saja ia memiliki kulit luar yang hijau kekuningan dan berbintik kecoklatan saat telah masak.

Barangan lebih enak jika di santap secara langsung saat telah matang sempurna dengan di tandai kulit buah berubah warna menjadi kecoklatan. Daging buah lembut seperti pisang ambon bercita rasa manis, pulen serta legit.

Manfaat Pisang Barangan

Secara umum, manfaat makan pisang sebenarnya tidak jauh berbeda dari kebanyakan makanan jenis buah pissang lainnya. Karena buah satu ini memang secara nutrisi hampir sama dan tentu saja baik untuk kesehatan pencernaan.

Tetapi sebagai pengetahuan umum, berikut beberapa manfaat makan piisang barangan yang bisa kamu ketahui.

1. Sumber asupan energi

Pertama bisa menjadi sumber asupan energi tubuh. Buah pisang merupakan salah satu buah yang dapat membantu memenuhi sumber energi tubuh dengan baik.

Setidaknya, terdapat kandungan kalori sebesar 99 kkal dalam per 100 gram. Itulah mengapa ada banyak para atlet dan olahragawan sering kali mengkonsumsi buah pissang dengan tujuan untuk mengembalikan energi yang hilang dengan sangat cepat.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat pisang barangan selanjutnya ialah bisa membantu menjaga daya tahan tubuh kamu agar tetap optimal. 

Ini bukan tanpa sebab, pasanya buah terdapat kandungan seperti protein, mangan, vitamin A, B, C, serat, kalium, dan magnesium yang berguna utuk menjaga kesehatan organ tubuh supaya bisa bekerja lebih baik.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Banyak para ahli kesehatan mengatakan bahwa masalah gangguan pada sistem pencernaan dapat di cegah dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur.

Mengingat terdapat kandungan serat alami pada makanan seperti pisang dan lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan, bahkan manfaatnya bisa sekaligus mencegah beberapa permasalahan seperti diare, sembelit, wasir, infekis dan lain sebagainya.

4. Mengurangi berat badan

Buat kamu yang sedang menjalani diet  sehat atau dalam program menurunkan berat badan, mungkin kamu bisa memasukan buah pisanng barangan kedalam salah satu menu makanan

Mengapa? Pisang merupakan buah alias makanan yang bisa membuat kenyang lebih cepat hanya dengan beberapa butir, hal ini dikarenakan terdapat kandungan serat pangan yang tinggi.

Sehingga ini bisa membantu kamu dalam mencegah banyak makanan atau mengkonsumsi cemilan karena sudah merasa kenyang terlebih dahulu.

Untuk itu, cobalah mengkonsumsi buah pisang saat sebelum makan atau di waktu senggang sebagai cemilan.

Baca juga : Aneka Olahan Pisang Untuk Diet

5. Mencegah masalah anemia

Infomenarik lainnya, manfaat pisang barangan bisa membantu seseorang terhindar dari gejala anemia atau kekurangan darah loh.

Kemampuan ini di dasari dengan adanya kandungan zat besi atau Fe dalam buah pisang yang cukup tinggi dan yang pasti cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Sehingga, dengan mengkonsumsi buah secara teratur tentu akan sangat baik untuk mencegah sekaligus mengatasi gejala gangguan anemia.

6. Mengatur mood dan stress

Mood atau suasana hati memang bisa berubah-ubah dan tidak menentu, terutama jika kondisi maupun situasi sedang tidak mendukung.

Nah, buat kamu yang sering mengalami tidak mood atau merasa tidak nyaman tanpa sebab, mungkin kamu bisa coba untuk memakan buah pisang satu kali dalam sehari.

Kandungan pada buah seperti serotonin dan potasium yang cukup tinggi pada barangan, diklaim dapat membantu mengembalikan suasana/mood menjadi rileks dan tenang. 

Dampaknya, stress dan tingkat kejenuhan pada seseirang bisa jauh lebih berkurang.

7. Baik untuk kesehatan mata

Memang ada banyak makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti wortel dan lain sebagainya, tetapi sebenarnya manfaat tersebut juga berlaku pada buah pissang loh.

Kandungan vitamin A pada pisang barangan terbilang cukup tinggi, tentu ini sangat baik jika di konsumsi anak-anak ataupun orang dewasa secara teratur dalam mencegah gangguan penglihatan.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang baraangan yang bisa kamu ketahui secara umum.

Sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat yang bisa kamu raih, untuk itu secara keseluruhan khasiat hampir sama dengan jenis plsang lainnya. 

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hal menarik.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel