CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Timun Bisa Turunkan Kolesterol Jahat? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Timun Bisa Turunkan Kolesterol Jahat?

gambar jus timun
Sumber foto : pixabay/lovini
Healty99 - Timun merupakan buah sekaligus sayur yang sering kita konsumsi, baik itu secara langsung sebagai lalapan atau telah dimasak menjadi makanan. Manfaat timun untuk kesehatan sudah tidak diragukan, terlebih lagi karena ia juga mengandung tinggi nutrisi.

Kandungan seperti serat, air dan mineral pada timun bagus untuk kamu konsumsi sebagai makanan sehat terutama saat sedang menjalankan diet. Hal ini karena mentimun rendah kalori dan sumber seratnya baik bagi pencernaan.

Timun Turunkan Lemak Kolesterol

Kolesterol jahat kini menjadi masalah kesehatan yang harus diwaspadai, karena dengan meningkatnya kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh mampu memicu beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke dan hipertensi.

Masalah satu ini terkadang disebabkan oleh pola hidup yang kurang sehat dan kurang olahraga. Selain itu kurangnya mengkonsumsi buah dan sayuran menjadi faktor pendukung lebih besar.

Mengkonsumsi timun sebagai jus atau secara langsung dengan rutin, diyakini bisa membantu menurunkan berat badan serta sekaligus mengurangi kolesterol jahat di dalam tubuh, dengan cara mengurangi penyerapan lemak jahat dari makanan yang kita konsumsi. 

Sumber serat mentimun dapat berguna untuk mengikat lemak pada saluran pencernaan, sehinga penyerapan kedalam tubuh bisa dihindari agar tidak berlebihan.

Disatu sisi ini tentu juga bagus untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah masalah sembelit, melunakan feses karena kandungan air yang tinggi dan bisa membuat kamu lebih cepat kenyang, sehingga cocok untuk kamu yang sedang diet.

Tentu saja manfaat timun satu ini juga akan ikut andil membantu kamu dalam menurunkan berat badan.

Salah satu cara mudah untuk mencegah meningkatknya kadar kolesterol jahat didalam tubuh dengan timun ialah, kamu bisa konsumsi saat sesudah makan berat, seperti makan-makanan berlemak, seafood, daging, santan, dan sebagainya.

Mengkonsumsi timun saat makan-makanan pedas dan berminyak juga bagus, dengan begitu ia juga dapat mendinginkan perut kamu, sehingga tidak terjadi mules atau perut nyeri berlebihan.

Namun tetap saja, jika kamu ingin memanfaatkan timun dalam menurunkan kolesterol harus dikonsumsi secara teratur dan setiap hari.

Selain itu beberapa kegiatan lainnya juga harus diatur agar mendapatkan hasil yang bagus seperti berolahraga, tidak merokok, minum-minuman beralkohol dan tidak makan sembarangan.

Kamu boleh saja mengkonsumsi timun dalam upaya menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, tapi perlu di ingat bahwa tubuh juga memerlukan berbagai nutrisi lainnya dari makanan yang tidak bisa didapatkan oleh timun.

Untuk itu konsumsi sumber makanan yang beragam agar kamu tidak kekurangan nutrisi penting.

Artikel terkait :

  1. Manfaat Timun Untuk Kesehatan Mata
  2. Khasiat Mentimun Sebagai Makanan Diet
  3. Manfaat Menggunakan Masker Timun Pada Wajah

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i