CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Teh Basi untuk Strawberry - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Teh Basi untuk Strawberry

gambar kantung teh sisa pakai
Sumber foto : pixabay/ha11ok
Healty99 - Sebenarnya ada gak sih manfaat teh basi untuk strawberry? Dan jika bisa seberapa besar dampak yang diberikan pada tanaman? Nah, buat kamu yang penasaran yuk cari tahu selengkapnya dibawah ini dengan membaca artikel sampai selesai.

Sebagian orang mengatakan bahwa ampas sisa (serbuk) atau teh basi bisa menjadi pupuk yang bagus untuk sejumlah tanaman, contohnya anggrek dan beberapa tanaman hias lainnya.

Baca juga : 

Akan tetapi apakah dasar dari semua ini, apakah memang teh memiliki kandungan nutrisi sama seperti pupuk atau hanya sekedar mitos belaka.

Teh Basi untuk Strawberry

Jika kita lihat dari kandungan, teh mengadung profil yang diantaranya ada magnesium, mangan, seng, vitamin B1, serta B2, ini memang dapat menjadi asupan unsur micro (mikro) untuk tanaman tetapi tidak secara kompleks keseluruhan.

Untuk memenuhi kebutuhan secara kompleks, tanaman membutuhkan unsur dasar berupa natrium, fosfor dan kalium (NPK) sebagai makro, terutama dalam menunjang pertumbuhan daun, batang serta buah.

Baca juga :

Sedangkan unsur mikro menunjang pertumbuhan agar tepat normal dan sebagai katalisator (stimulant).

Contohnya unsur micro mencegah beberapa masalah pada daun seperti tumbuh tidak normal (cacat, tampak tidak sehat dan tumbuh tidak sempurna), mempengaruhi perkembangan batang serta bunga yang dihasilkan.

Terutama dalam hal meningkatkan warna serta bentuk dari daun, buah dan batang stroberi itu sendiri.

Bisa dibilang unsur mikro merupakan penyempurnaan sekaligus mencegah anomali pada sejumlah tumbuhan.

Baca juga :

Manfaat

Kamu boleh saja memberikan teh basi untuk stroberi, lagipula sebagian kecil juga berdampak baik pada tanaman.

Meski efek yang dihasilnya tidak sebagus pupuk NPK atau pupuk kandang, namun teh bisa menjadi sebagian kecil dari sumber unsur micro yang bagus.

Manfaat mungkin tidak akan berdapak secara langsung, tapi sisi baiknya ini bagus bagi tanaman untuk kedepanya sekaligus meningkatkan unsur hara dalam tanah terkait mikro organisme.

Baca juga :

Menaburkan atau menyiram teh basi entah itu berupa cairan maupun serbuk bisa meningkatkan kesuburan tanah, melembabkan tanah serta menjadi kompos secara alami.

Oleh karena itu secara tidak langsung akan memperbaiki struktur tanah dimana ampas sisa teh basi tersebut menjadi tempat berkembang mikro organisme pengurai.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah kamu tidak bisa hanya mengharapkan kesuburan stroberi dari memberikan ampas atau teh basi saja. Tanaman juga memerlukan unsur utama dan ini didapat dari pemberian pupuk alami atau buatan.

Baca juga : Tips Menanam Strawberry Di Dataran Rendah

Terlebih lagi jika kamu menanam strawberry di dalam pot, maka sudah pasti diperlukan penambahan pupuk secara berulang dan tindakan perawatan khusus.

Cara memberikan teh basi

Tidak ada cara khusus dalam memberikan teh basi sisa pada tanaman, baik itu berupa cairan atau serbuk. Kamu bisa memberikan selagi ada teh sisa yang sudah tidak layak minum lagi.

Jadi cukup tabur secara merata di sekitar akar tanaman untuk teh serbuk dan siram secara merata untuk teh basi cair.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel