CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Daun & Ubi Singkong [Manfaat, Bahaya dan Cara Memberikan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Daun & Ubi Singkong [Manfaat, Bahaya dan Cara Memberikan]

daun pucuk ubi singkong kayu
Sumber foto : pixabay/Amytril
Healty99 - Bolehkah kelinci makan daun dan ubi singkong? Jika ia lantas adakah manfaat serta bahaya di kemudian hari bagi peliharaan? Nah buat kamu yang ingin membagi daun pucuk ubi kayu atau singkong sebenarnya boleh-boleh saja selagi pemberianya dalam jumlah terbatas.

Secara harviah kelinci yang hidup dialam liar juga kerap mengkonsumsi umbi-umbian serta dedaunan, namun karena kelinci kali ini dipelihara maka ada aturan yang harus kamu ketahui.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Stres Dan Ketakutan

Mengingat baik buruknya kesehatan mereka kamulah sebagai tuan yang memberi pakan sekaligus merawatnya.

Kelinci Makan Daun Singkong

Hewan yang suka melompat ini dapat dengan mudah memakan daun singkong, baik itu pucuk muda dan tuanya. Akan tetapi makanan kelinci terbaik tidaklah dihadapkan dengan satu jenis, oleh karena itu jangan hidangkan terlalu sering ke dalam wadah mereka.

Baca juga : Cara Kelinci Mengenali Kamu Sebagai Majikan

Sesekali sebagai cemilan tidak menjadi masalah karena lagipula daun singkong kaya akan kandungan serat yang baik untuk pencernaan kelinci kamu.

Manfaat

Memberikan dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan daun singkong dapat memberikan efek positif bagi kesehatan hewan satu ini. Ini karema daun singkong memiliki kandungan profil nutrisi yang diantaranya ada vitamin A, B1, B6, C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, mangan, zinc, serat dan lain sebagainya.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Merasa Kedinginan

Daun singkong juga memiliki kadar kalori serta lemak yang rendah sehingga tidak menyebabkan peliharaan kamu mengalami obesitas dan gangguan gula darah.

Dalam jumlah sedikit manfaat daun singkong untuk kelinci diantaranya ialah dapat mengatasi masalah diare, gangguan pencernaan serta mencret.

Di sisi lain kandungan vitamin, zat besi, magan dan zinc juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi dan otot kelinci loh, sehingga mengurangi resiko mereka cidera saat beraktivitas.

Cara memberikan

Ada aturan penting mengapa harus kamu ketahui sebelum memberikan daun singkong pada kelinci. Aturan tersebut ialah jangan langsung memberikan daun pucuk tanaman selagi segar atau baru di petik, mengapa?

Baca juga : Penyebab Kelinci Tidak Mau Makan Dan Minum

Hindari memberikan daun singkong secara langsung saat daun masih segar, ini karena daun mengandung asam sianida yang bersifat racun bagi hewan. Termasuk itu kelinci mengingat bisa menyebabkan kematian bagi mereka.

Jadi tipsnya ialah diamkan daun terlebih dahulu untuk sesa'at. Petik daun singkong dengan batangnya kemudian diamkan beberapa jam atau sampai esok hari dengan posisi tegak.

Tujuanya ialah supaya kandungan getah dan kadar racun di dalam daun sedikit lebih berukang dan nantinya tidak membahayakan peliharaan kamu.

Baca juga : Ketahui Ciri-Ciri Kelinci Sedang Sakit

Porsi sekali makan

Kamu boleh memberikan daun singkong sebagai makanan sesekali bagi kelinci, selain itu tidak juga dalam jumlah yang banyak dan sudah dalam kondisi di diamkan beberapa jam.

Berikan peliharaan kamu makan daun singkong 1 waktu makan dan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan tidak lebih. Selain itu ada baiknya kamu juga mencampur dengan beberapa dedaunan lain untuk tujuan menetralisir kandungan racun yang ada di dalamnya.

Baca juga : Tips & Cara Mengatasi Kelinci Yang Lemah Serta Lesu

Meski mungkin nanti daun singkong yang kamu berikan tampak agak layu, namun ini jauh lebih baik ketimbang kamu memberikan selagi segar.

Efek samping & bahaya

Daun singkong memiliki kandungan yang baik untuk peliharaan kamu, namun faktanya makanan satu ini juga tidak bagus untuk di berikan setiap hari. Dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan justru bagus tetapi tidak dengan sebaliknya.

Kandungan asam sianida pada daun singkong dapat menyebabkan kelinci dan hewan lainnya mengalami keracunan jika terlalu parah bahkan kematian.

Baca juga : Ketahui Penyebab Kelinci Tampak Gemeteran

Tetapi sebelumnya adapun reaksi ringan yang diberikan contohnya seperti kembung, kurang nafsu makan, sakit perut, berbui serta lesu.

Oleh karena itu hindari memberikan dalam jumlah banyak dan selagi segar, mengingat ada juga efek samping dan bahaya dikemudian hari bagi peliharaan kamu.

Kelinci Makan Ubi Kayu (Singkong)

Jika tadi daun, lalu bagaimana dengan umbi akarnya? Apakah ada bahaya atau justru terdapat manfaat bagi kelinci? Penasaran, yuk simak selengkapnya.

Baca juga : Ketahui Tanda-Tanda Atau Gejala Kelinci Mau Mati

Ubi secara garis besar mengandung zat pati yang tinggi, namun didalamnya juga ada kandungan seperti kalsium, fosfor, mangan, zat besi, kalium, serat dan air pastinya.

Meski kelinci dapat memakan dengan lahap ubi saat kamu hadapkan sebagai makanan, tetapi ini tidak merubah fakta bahwa masih ada banyak makanan yang jauh lebih baik yang bisa kamu berikan.

Manfaat

Jika berbicara untuk kesehatan, kelinci hanya makan secara cukup dan tidak berlebihan (dialam liar). Untuk ubi hewan satu ini bisa memakanya tetapi tidak dalam porsi yang banyak mengingat ada kandungan pati dan karbohidrat di dalamnya.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Mengalami Kepanasan

Bahkan daging ubi (umbi) singkong tidak jauh lebih baik dari daun singkong yang telah di layukan.

Kandungan ubi singkong mungkin baik untuk kesehatan kelinci contohnya kalsium, fosfor, mangan, zat besi, kalium dan serat. Kandungan tersebut dapat mendukung kesehatan otot, tulang dan gigi peliharan kamu.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah, nutrisi yang terkandung tersebut tidak cukup banyak dan justru kandungan zat pati serta karbohidrat lah yang harus di hindari dari makanan satu ini.

Cara memberikan

Jika kamu penasaran, kamu bisa memberikan sedikit ubi (umbi) singkong sebesar ukuran tangan mereka dan tidak lebih. Lihat reaksi peliharaan kamu saat di hadapkan dengan makanan baru.

Baca juga : Penyebab Kelinci Mencret Dan Cara Mengatasinya

Mungkin mereka akan menyukainya dan bahkan tampak merasa kurang, tetapi jumlah sedikit itu jauh lebih baik ketimbang kamu berikan secara berlebihan.

Harap untuk tidak memberikan singkong setiap hari, tetapi sesekali dengan tujuan untuk variasi makanan tidak menjadi masalah.

Bahaya & efek samping

Ubi singkong bukanlah makanan yang beracun dan berbahaya bagi kelinci, namun memberikan daun singkong layu jauh lebih baik ketimbang ubinya (umbi akar). Mengapa?

Baca juga : Ketahui Perbedaan Kelinci Lagi Tidur Dan Pingsan

Perlu kamu ketahui, pencernaan kelinci di desain untuk mencernan dedaunan, sayur dan rerumputan. Zat pati dan karbohidrat tidak dapat di cerna dengan baik oleh mereka dan justru bisa memicu masalah kesehatan.

Meski tidak menyebabkan kematian secara langsung, tetapi ubi singkong berlebihan bisa memicu sakit perut, begah atau kembung, mencret (karena infeksi bakteri), sembelit serta kekurangan nutrisi.

Untuk itu hindari memberikan ubi dalam jumlah banyak dan justru masih ada banyak makanan lain yang jauh lebih baik.

Note : Singkatnya, kelinci boleh saja mencicipi daun singkong dan ubinya namun dalam porsi sedikit dan tidak di berikan setiap hari sebagai makanan utama mereka. Mengingat daun dan kulit ubi sedikit banyaknya mengandung zat asam yang tidak sehat bagi mereka.

Baca juga : 10 Jenis Kelinci Yang Mudah Dirawat Dan Harganya

Bolehkah anak kelinci makan daun dan ubi singkong?

Tidak di sarankan, terutama yang masih kecil seperti baru ber umur 1 bulan. Anak kelinci hanya boleh memakan dedaunan lunak seperti bayam dan sejenis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel