CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Timun [Manfaat, Efek Samping dan Cara Memberikan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Timun [Manfaat, Efek Samping dan Cara Memberikan]

gambar keilinci makan mentimun
Sumber foto : istock
Healty99 - Bolehkah kelinci makan timun? Jawabnya adalah "Ya" tetapi ada banyak hal yang harus kamu perhitungkan sebelum memberi mereka makan dengan sayuran satu ini setiap hari.

Perlu kamu ketahui, makanan kelinci memang mencakup banyak sayuran berdaun hijau dan sejumlah buah-buahan. Walaupun begitu pada kenyataanya tidak semua sayuran tersebut dapat dengan aman dikonsumsi mereka.

Lantas bagaimana dengan mentimun? Apakah buah sekaligus sayuran tersebut aman untuk hewan pengerat ini?

Kelinci Makan Timun

Timun merupakan buah sekaligus sayur yang mengandung banyak air, meski secara pemberian kelinci dapat dengan mudah memakan daging, kulit dan biji bagian dalam, tetapi kebanyakan timun dalam porsi makanan mereka juga tidak baik untuk pencernaan.

Baca juga :

Ini karena mentimun mengandung sedikit nutrisi dan memiliki kandungan air yang tinggi, sedangkan kelinci tidak membutuhkan terlalu banyak asupan air dari pakan harian mereka.

Oleh karena itu mari kita lihat seberapa sehat mentimun untuk peliharaan kamu, dan apakah semua kelinci menyukai sayuran satu ini.

Manfaat kesehatan

Meskipun mentimun tidak beracun bagi kelinci tetapi bukan berarti buah satu ini aman bagi kesehatan mereka. Timun mengandung sekitar 90% lebih air dan rendah akan mineral serta gizi.

Kandungan air pada mentimun mungkin bisa membantu peliharaan kamu tercegah dari masalah dehidrasi dan sembelit saat kamu lupa memberikan kotak air dikandang mereka.

Terlebih saat cuaca sedang panas, sehingga ini adalah makanan yang bagus agar menjaga peliharaan tetap terhidrasi.

Akan tetapi bukan alasan yang baik untuk memberikan mereka setiap saat buah satu ini, karena rendah nutrisi timun sehingga ditakutkan kelinci menjadi kekurangan gizi harian mereka, bahkan tampak kurang gemuk dikarenakan sedikitnya variasi makanan.

Mungkin ini baik, terutama untuk menurunkan berat pada kelinci peliharaan kamu yang mengalami obesitas atau kegemukan berlebih.

Baca juga :

Efek samping

Timun sebenarnya tidak berbahaya dan menyebabkan kematian pada peliharaan kamu, meskipun pada dasarnya rendah akan gizi. Namun yang perlu kamu ketahui ialah tingginya air pada buah membuat timun bukanlah makanan yang baik jika diberikan secara rutin.

Meski ini merupakan makanan yang baik untuk diet manusia, tetapi faktanya kelinci tidak membutuhkan mentimun dalam jumlah banyak pada pakan keseharian mereka.

Di sisi lain, tingginya kandungan air dan serat pada buah yang kerap disebut sayur ini juga bisa menyebabkan masalah diare pada kelinci, sakit perut, mencret serta membuat kandang kotor dan pada akhirnya bau.

Apakah biji timun berbahaya?

Kelinci dapat dengan mudah makan biji mentimun dan pada dasarnya tidak menyebabkan kematian, tetapi ini bukanlah makanan yang bagus dalam keseharian mereka dikarenakan tinggi kandungan air.

Jadi kamu boleh saja memberikan mentimun secara utuh, namun tetap dalam keadaan proposional dan tidak berlebihan.

Cara & berapa banyak memberikan kelinci timun?

Selain karena kandungan airnya yang tinggi, tidak ada alasan mengapa mentimun menyebabkan masalah bagi peliharaan kamu.

Baca juga : 

Pada saat cuaca panas, kamu boleh saja memberikan asupan air tambahan ke dalam kandang kelinci. Salah satunya ialah menambahkan mentimun ke asupan sayuran segar dengan tujuan untuk membantu menjaganya tetap terhidrasi dalam cuaca panas.

Buat kamu yang ingin memberikan kelinci mentimun, maka cukup berikan 2 sampai 3 kali seminggu dalam irisan kecil.

Satu irisan kecil memiliki ketebalan sekitar 5 sampai 10 milimeter. Meski mereka mungkin akan merasa kurang, tetapi itu adalah yang terbaik bagi mereka agar tidak mengalami gangguan pencernaan terkait diare.

Selain itu tidak peduli makanan baru apa yang akan kamu masukkan ke dalam mangkuk makanan mereka, namun yang pasti semua harus dilakukan secara perlahan.

Penyebabnya ialah pencernaan kelinci sangat sensitif terhadap perubahan pola makan yang secara tiba-tiba.

Nah, itulah beberapa manfaat, efek samping serta cara memberikan kelinci makan timun yang bisa kamu ketahui.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel