CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Daun Kacang Panjang [Manfaat, Bahaya & Cara Memberikan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Daun Kacang Panjang [Manfaat, Bahaya & Cara Memberikan]

gambar tanaman kacang panjang
Sumber gambar : istock
Healty99 - Apakah boleh kelinci makan daun kacang panjang? Jawabnya adalah "Ya" akan tetapi ada bagian penting yang harus kamu ketahui, untuk itu jangan langsung memberikan daun tanaman secara langsung.

Seperti yang kita ketahui, kelinci merupakan hewan herbivora yang hanya memakan daun tumbuh-tumbuhan dan sebagian kecil jenis buah-buahan. Oleh karena itu memberikan daun kacang panjang bisa menjadi salah satu pakan alternatif mereka.

Baca juga : Manfaat Kelinci Makan Daun Pepaya

Kelinci Makan Daun Kacang Panjang

Kelinci dapat dengan mudah memakan daun kacang panjang dan batang mudanya, selain itu tumbuhan satu ini juga kaya akan serat kasar dan tidak banyak air sehingga bagus buat pencernaan peliharaan kamu.

Baca Juga : 

Namun, hal yang terpenting saat kamu ingin memberikan daun kacang panjang ke kelinci ialah pastikan tumbuhan terbebas dari semprotan pestisida & fungisida, mengingat ini adalah zat kimia berbahaya yang bisa mengancam kesehatan kelinci.

Terlepas dari itu semuanya adalah bagus untuk mereka, mulai dari buah kacang panjang, daun, batang muda hingga bagian bunga.

Manfaat

Daun kacang panjang diketahui memiliki profil kandungan nutrisi yang diantaranya ada asam amino, vitamin B, vitamin C, zat besi, fosfor dan kalium. Bahkan tidak hanya itu saja, adapun senyawa kimia sterol inhalasi yang bagus untuk induk kelinci.

Memberikan daun kacang panjang sebagai pakan kelinci secara teratur dan dalam porsi yang tepat dapat memberikan manfaat berupa :

Baca juga : Kelinci Makan Daun Dan Bunga Tanaman Timun

  1. Melancarkan pergerakan usus
  2. Mencegah gangguan sistem pencernaan terkait sembelit dan infeksi
  3. Meningkatkan & menguatkan otot, tulang serta gigi peliharaan kamu
  4. Mencegah kerontokan bulu
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Meningkatkan kesuburan
  7. Meningkatkan produksi susu indukan
  8. Mencegah penyakit sesak nafas

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa didapat peliharaan jika kamu memberikan daun tanaman kacang panjang dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Cara memberikan

Cara memberikan daun ke kelinci tidak jauh berbeda dengan memberikan seperti pakan lainnya. Letakan saja daun pada wadah makanan dan biarkan mereka melahap sedikit demi sedikit.

Namun yang perlu kamu ketahui ialah pastikan bahwa daun tersebut aman dan terbebas dari zat-zat kimia beracun seperti yang telah di sebutkan diatas (pestisida) seperti yang telah di sebutkan. 

Dengan begitu peliharaan kamu akan mendapatkan manfaat dari makanan yang kamu berikan tanpa khawatir masalah kesehatan.

Baca Juga : 

Adapun bagian tumbuhan yang bisa kamu berikan ialah daun muda dan daun tua, batang muda, bunga serta buah.

Porsi dalam sekali pemberian

Sebagai patokan dalam memberikan daun kacang panjang untuk kelinci kita ambil dari berat tubuh mereka. 

Kelinci yang memiliki bobot tubuh sekitar 2 kilogram (kg) setidaknya memerlukan sekitar 500 gram - 1 kg pakan dalam seharinya.

Sedangkan untuk jenis ras kelinci berukuran kecil mungkin bisa setengah dari pakan dedaunan ukuran besar dewasa.

Berapa kali pemberian

Meski daun kacang panjang bisa menjadi salah satu makanan utama kelinci, tetapi ada baiknya kamu menambah varian pakan mereka. 

Memberikan banyak jenis makanan ini sangat di anjurkan, karena dengan begitu peliharaan kamu bisa mendapatkan banyak asupan nutrisi dari makanan lain.

Setidaknya kamu bisa memberikan mereka daun kacang panjang sekitar 3 - 4 kali dalam seminggu.

Waktu dan kapan

Waktu yang tepat saat memberikan pakan kelinci ialah pagi menjelang siang sekitar jam 10 dan saat sore hari.

Apakah anakan kelinci boleh makan?

Anakan kelinci yang baru berumur 1 hingga 2 bulan atau masih kecil dapat makan daun kacang panjang, akan tetapi kamu harus memberikan bagian daun yang sedikit muda sehingga mereka tidak kesusahan dalam mengunyah.

Baca Juga : 

Bahaya dan Efek Samping

Adakah bahaya dari daun kacang panjang buat kelinci? Tanaman kacang panjang tidaklah berbahaya bagi peliharaan kamu dan justru ini merupakan pakan yang baik buat mereka.

Mengingat tanaman kaya akan serat yang bagus untuk sistem pencernaan serta menunjang kesehatan.

Akan tetapi bahaya atau efek samping mungkin akan terjadi apabila tanaman yang kamu berikan telah di semprot pestisida dan zat kimia racun serangga sejenis, sehinga saat dimakan kelinci akan memicu mereka sakit perut, mencret dan tampak raksi keracunan.

Untuk itu agar terhindar dari bahaya dan efek samping adapun tips yang bisa kamu lakukan ialah.

  1. Cuci terlebih dahulu daun menggunakan air mengalir
  2. Pastikan tidak ada serangga ulat dan kumbang beracun
  3. Bersih dan tidak kotor dari tanah
  4. Gantung makanan mereka jika tidak ada wadah
  5. Mix dengan makanan lain seperti buah-buahan

Note : Singkatnya, daun kacang panjang adalah makanan yang baik untuk peliharaan kamu dan tidak menimbulkan efek samping yang mematikan. Namun pastikan pakan terbebas dari zat kimia beracun dan memberikan pakan dalam porsi yang tepat supaya mereka mendapatkan nutrisi seimbang.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan lucu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel