CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Anggur [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Anggur [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya]

Gambar tanaman anggur
Sumber gambar : pixabay
Healty99 - Kelinci adalah hewan herbivora, secara alami mereka memakan dedaunan, sayuran kebun, umbi serta buah-buahan. Namun bagaimana dengan anggur? Bisakah kelinci makan buah anggur dan menjadi bagian dari keseharian mereka?

Jika kamu memikirkan masalah tersebut dan ingin memberikan buah satu ini, maka jawabnya adalah "Terkadang". Maksudnya ialah kelinci boleh makan buah anggur tetapi tidak setiap saat dan tidak dianjurkan dalam jumlah banyak.

Baca juga : 

Kelinci Makan Anggur

Anggur adalah salah satu tanaman dari jenis buah berry yang sudah populer sejak lama. Yap, anggur adalah berry yang umumnya tersedia sepanjang tahun dan dapat dinikmati sepanjang musim.

Setidaknya ada banyak jenis buah anggur yang dapat dibedakan dari warna, bentuk serta rasa. Salah satu contohnya ialah anggur merah, anggur hijau, anggur ungu, anggur tanpa biji dan anggur manis, asam serta pahit.

Bola berair ini juga dikaitkan dengan masalah pencegahan kanker, hipertensi dan penyakit jantung. Selain itu kandungan seratnya menjadikannya makanan untuk atasi sembelit.

Tapi semua manfaat kesehatan tersebut untuk manusia, namun bagaimana terhadap kelinci?

Bolehkah kelinci makan anggur?

Anggur pada dasarnya dapat menjadi makanan kadang-kadang untuk kelinci, dalam artian lain tidak setiap hari. Oleh karena itu kamu hanya bisa memberikan mereka sebagai cemilan layaknya seperti permen.

Makanan utama kelinci sebagian besar harus terdiri dari komponen jerami, dedaunan, sayuran dan sedikit buah-buahan.

Mereka umumnya harus makan sekitar 2 sampai 4 cangkir sayuran hijau dan 1/4 cangkir pelet instan berkualitas tinggi sebagai peliharaan, namun sisanya sebagian kecil dari pakan tersebut ada;aj beberapa potong buah.

Manfaat kesehatan

Anggur memiliki profil nutrisi yang diantaranya terdapat sejumlah serat, gula alami, karbohidrat, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin (A, C, B1, B6), folat, air dan masih banyak lagi.

Beberapa kandungan tersebut dapat memenuhi kebutuhan sebagian nutrisi kelinci, namun faktanya hewan satu ini tidak membutuhkan dalam jumlah banyak.

Dalam jumlah sedikit dan porsi yang tepat, anggur dapat memberikan manfaat bagi kelinci yang diantaranya sebagai sumber energi, menjaga daya tahan tubuh, mencegah penyakit kulit, menguatkan tulang, otot dan gigi, mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan mata dan lain sebagainya.

Baca juga : 

Cara memberikan

Buat kamu yang ingin memberikan kelinci buah anggur, berikan mereka dalam kondisi bersih sudah di cuci. Pastikan juga kamu membuang bijinya karena bagian tersebut mengandung zat racun untuk beberapa kondisi.

Berapa banyak porsi / takaran dalam sekali makan?

Anggur adalah makanan yang sehat dan kaya nutrisi tetapi tidak juga bagus diberikan dalam jumlah banyak. Pastikan kamu hanya memberikan kelinci 1 - 2 butir anggur untuk sekali makan dan tiak lebih.

Jika itu jenis ras kelinci kecil maka satu butir saja sudah cukup dengan kondisi tanpa biji.

Berapa kali dalam pemberian pakan?

Jadikan anggur sebagai permen atau cemilan pendamping, artinya kamu tidak boleh memberikan bola manis ini setiap hari.

1 atau 2 kali dalam seminggu itu sudah lebih dari cukup, mengingat buah satu ini mengadung gula terbilang tinggi.

Apakah anak kelinci boleh makan anggur?

Boleh saja, tetapi tetap tidak dalam jumlah yang banyak atau paling tidak hanya sekedar mencicipi rasa baru terhadap mereka.

Bagaimana dengan kismis, apakah boleh?

Kismis merupakan bentuk dari olahan buah anggur yang di keringkan. Makanan satu ini hanya mengurangi bobot buah tanpa menghilangkan kandungan gula dan nutrisi di dalamnya.

Ukuranya yang menyusut tentu terkadang membuat orang memberikan sedikit lebih banyak kismis, padalah 1 buah kismis sama dengan 1 buah anggur segar yang hanya di hilangkan kandungan airnya saja.

Baca juga : 

Bahaya & efek samping

Daging buah anggur tidaklah beracun bagi kelinci, termasuk itu bagian bijinya yang pada dasarnya tidak akan menyebabkan peliharaan kamu mati secara langsung setelah makan buah satu ini.

Akan tetapi tetap ada resiko yang memicu masalah kesehatan, namun lebih ke cara pemberian dan jumlah asupan.

Anggur baik dalam jumlah sedikit, terlalu berlebihan memberikan buah satu ini pata kelinci bisa meningkatkan resiko gula darah, obesitas serta kegemukan. 

Bukan tanpa sebab, anggur adalah buah yang memiliki kandungan gula alami yang tinggi dan mudah di serap.

Sedangkan kelinci tidak membutuhkan asupan gula alami dalam jumlah yang banyak. Jadi tidak ada alasan kamu berikan peliharaan lucu ini buah setiap hari dengan mengalahkan makanan utama mereka.

Di sisi lain, anggur juga kaya akan air yang mana ini bisa memicu diare, mencret dan gangguan cairan tubuh pada keliinci.

Note : Singkatnya, kamu hanya boleh memberikan kelinci buah anggur dalam jumlah sedikit. Meski mungkin mereka akan menikmati dan merasa kurang, tetapi itu adalah yang terbaik bagi kesehatan mereka ketimbang tidak pada porsinya.

Hadirkan mereka dalam bentuk utuh tanpa biji dan sudah di cuci. Perlu kamu ingat ini adalah makanan cemilan yang boleh di berikan sejarang mungkin.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel