CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Tomat [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Tomat [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya]

gambar tanaman buah tomat merah
Sumber gambar : pixabay/kie-ker
Healty99 - Apakah kelinci boleh makan tomat? Jika kamu khawatir tentang memberi makan tomat terhadap kelinci, maka kamu adalah salah satu orang yang teliti. Tomat merupakan tanaman dari keluarga nightshade, sama seperti paprika, kentang dan terong.

Tumbuhan ini diketahui mengandung senyawa kimia berupa solanin, yaitu salah satu senyawa yang dapat bersifat racun bagi sebagian hewan.

Baca juga :

Lantas apa yang terjadi jika kita memberikan tomat sebagai makanan kelinci? Nah buat kamu yang penasaran yuk simak lebih lanjut di bawah ini, terutama terhadap dampak negatif serta positif yang diberikan.

Kelinci Makan Tomat

Pada dasarnya buah tomat cukup baik sebagai makanan untuk kelinci. Kabar baiknya buah sekaligus sayur ini aman jika diberikan dalam jumlah kecil, tomat baik-baik saja untuk diberikan pada peliharaan kamu.

Umumnya kelinci yang sehat ataupun hidup liar, mekera akan memakan campuran jerami, sayuran, pelet dan buah-buahan beberapa kali seminggu. Untuk itu tomat mungkin bisa menjadi bagian dari makanan ringan atau camilan sesekali.

Terlebih buah yang identik dengan warna merah merona ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat

Tomat segar diketahui memiliki profil kandungan nutrisi yang menjadi sumber vitamin A dan C, mineral, antioksidan, serat, air dan lainnya. Tentunya ini bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi kelinci sebagai bentuk makanan tambahan.

Namun hal yang harus kamu perhatikan ialah jumlahnya, yang artinya perhatikan porsi untuk sekali makan dan tidak berlebih.

Untuk itu tomat tidak boleh dianggap sebagai bagian dari pakan penting dari makanan harian mereka. Merotasi atau menyeling jenis buah dan dedaunan adalah cara optimal untuk memastikan bahwa peliharaan kamu mendapatkan berbagai nutrisi disetiap pakan mereka.

Dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan, tomat dapat memberi manfaat untuk mencegah kelinci mengalami dehidrasi saat panas, mencegah sembelit, menguatkan tulang dan otot, menjaga kesehatan mata, mencegah infeksi penyakit serta masih banyak lagi.

Cara memberikan

Bagaimana cara memberikan tomat pada kelinci? Memberi makan buah dan sayuran untuk kelinci kamu sederhana saja, namun ada beberapa point penting yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pertama cuci tomat kamu dengan hati-hati menggunakan sabun dan air mengalir. Buah utuh umumnya sering tercakup dalam pestisida dan semprotan pembasmi kimia.

Tentunya ini bisa berbahaya atau bahkan beracun bagi hewan peliharaan kamu jika terkonsumsi dan menumpuk di dalam tubuh.

Baca juga :

Bagian yang boleh dimakan?

Kamu bisa memberikan tomat dalam bentuk utuh untuk ukuran sejempol kaki (tomat ceri), kelinci pada dasarnya dapat mencernan biji buah tomat tanpa adanya masalah.

Namun jika itu tomat besar maka baiknya dibuang saja, mengingat biji tidak dapat di cerna dengan baik pada usus kelinci.

Hindari memberikan daun dan batang tanaman, bagian ini memiliki kandungan solanin yang tinggi dan bisa memicu reaksi keracunan.

Berapa banyak kelinci boleh makan tomat?

Ingatlah bahwa peliharaan kamu memiliki sistem pencernaan yang mungil. Oleh karena itu makanan kelinci tidak boleh lebih dari 5% - 7% dari makanan utama mereka yaitu dedaunan.

Umumnya ukuran daging satu buah tomat ceri itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan kelinci sebagai cemilan. Jika kamu memiliki ukuran besar maka potong buah menjadi seperempat dan hidangkan bagian daging yang terbebas dari air serta biji.

Berapa kali porsi / takaran yang diajurkan?

Tomat memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk keliinci, namun tomat bukanlah salah satu makanan terbaik yang bisa kamu hidangkan setiap hari.

Kandungan air yang tinggi serta terdapat senyawa solanin pada buah (jauh lebih sedikit daripada batang dan daun) bisa memicu reaksi pada peliharaan.

Untuk itu hidangkan tomat secukupnya yang paling tidak 2 - 3 kali dalam seminggu untuk satu waktu makan mereka.

Apakah anak kelinci boleh makan tomat?

Anak kelinci yang berumur sekitar 1 bulan boleh makan tomat namun ini tidak dianjurkan mengingat masih ada banyak makanan yang jauh lebih baik, salah satu contohnya pepaya, apel, bengkuang dan dedaunan.

Bahaya & efek samping

Tomat tidaklah menyebabkan kematian pada kelinci jika diberikan dalam porsi kecil, bahkan kandungan senyawa solanin yang terkandung didalamnya masih dapat di tolerir dengan baik oleh pencernaan mereka.

Baca juga :

Namun ini tidak menjadikan bahwa tomat adalah makanan yang baik, mengingat senyawa solanin bisa menumpuk dan ditakutkan menimbulkan gangguan kesehatan dimasa mendatang pada peliharaan kamu.

Dalam porsi dan takaran yang tepat buah sekaligus sayur satu ini sangat baik, bahkan ada banyak khasiat yang bisa didapat oleh kelinci.

Fakta lainnya yang membuat tomat tidak boleh dikonsumsi kelinci sebagai makanan harian ialah karena buah mengandung tinggi air dan serat halus. Hewan satu ini tidak membutuhkan asupan air dalam jumlah banyak dari makanan mereka.

Konsumsi terlalu banyak air & serat pangan justru bisa memicu kelinci mengalami diare, sakit perut, mencret serta meningkatkan resiko infeksi bakteri.

Note : Singkatnya tomat adalah makanan yang sehat untuk kelinci (jalam jumlah sedikit) sebagai cemilan, tidak ada efek samping yang berarti jika kamu memvariasi pakan harian mereka.

Pastikan kamu memberikan dalam bentuk segar dan sudah di cuci, selain itu harap untuk tidak menghadirkan daun dan batang tanaman tomat karena bagian tersebut beracun bagi peliharaan kamu.

Tomat juga memiliki tekstur yang lunak, ini tidak bagus untuk gigi kelinci. Setidaknya kamu harus memberikan pakan yang sedikit bertekstur renyah supaya gigi mereka tidak memanjang dengan cepat.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel