CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Mengapa Kelinci tidak Boleh Makan Buah Alpukat? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Mengapa Kelinci tidak Boleh Makan Buah Alpukat?

gambar buah alpukat
Sumber gambar : pixabay/stevepb
Healty99 - Kelinci merupakan hewan yang suka memakan dedaunan, sayuran, buah-buahan serta rumput sebagai cemilan. Meskipun tampaknya semua buah dan sayuran harus sehat untuk kelinci, akan tetapi faktanya ada juga beberapa makanan yang tidak aman bagi mereka.

Salah satu makanan tersebut ialah alpukat (alpokat / avocado). Buah alpukat baik untuk kesehatan manusia karena mengandung sejumlah lemak, vitamin dan mineral, namun ternyata ini tidak berlaku pada kelinci.

Baca juga :

Mungkin kamu bertanya-tanya mengapa, oleh karena itu berikut pembahasan mengenai fakta yang bisa kamu ketahui segalanya tentang alpukat dan kelinci.

Kelinci Makan Buah Alpukat

Alpukat adalah buah kaya nutrisi, lembut serta lezat. Kebanyakan kelinci pada umumnya akan menolak secara mentah buah alpukat, bahkan mungkin mereka menjauh saat kamu hadirkan pada hadapan mereka.

Namun tentunya tidak semua kelinci memiliki reaksi yang sama, ada juga yang memiliki rasa penasaran tinggi sehingga mau mencicipi alpukat tersebut. Akan tetapi sebagai pemilik kamu harus tahu dan sepantasnya tidak menghidangkan buah ini karena alpukat beracun bagi mereka.

Ini sangat penting untuk kamu yang memelihara kelinci, jangan sampai mereka sakit akibat dari makanan yang kamu berikan.

Bahaya alpukat

Apakah alpukat bisa menyebabkan kematian pada kelinci? Jawabnya adalah "YA" dan tingkat kematianya bergantung pada daya tahan tubuh mereka sendiri serta berapa banyak yang dimakan. Jadi tidak ada manfaat alpukat untuk hewan satu ini.

    Baca juga :

    Setidaknya, setiap bagian dari buah termasuk kulit, daging, biji, batang, dan daunnya berbahaya bagi kelinci karena semua komponen tersebut mengandung senyawa yang disebut persin.

    Apa itu persin? Persin merupakan senyawa atau zat yang bersifat racun fungusida (fungisida / antijamur) yang dimiliki oleh tanaman alpukat, zat kimia yang umumnya digunakan untuk membunuh infeksi jamur.

    Persin yang ditemukan dalam alpukat diperkirakan memengaruhi sistem pencernaan, masalah kardiovaskular, dan gangguan pernapasan pada kelinci. Bahkan efeknya dapat menyebabkan penyakit serius serta kematian.

    Senyawa satu ini sebagian besar juga dapat mempengaruhi hewan lain seperti halnya anjing, kucing, kelinci, kuda dan burung.

    Berapa banyak alpukat dapat menyebabkan kematian pada kelinci?

    Kelinci kamu mungkin bisa makan sepotong kecil buah alpukat tanpa adanya indikasi reaksi pada tubuh, akan tetapi zat persin dapat menumpuk seiring waktu dan pada akhirnya akan menyebabkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari.

    Oleh karena itu jauhkan alpukat dari dari peliharaan kamu untuk memastikan bahwa mereka tidak terkena efek samping atau bahaya dari makanan.

    Baca juga :

      Selain persin, hal yang membuat alpukat bukan makanan yang baik untuk kelinci ialah karena kandungan lemak, karbohidrat serta serat pangan.

      Lemak dalam jumlah banyak dapat meningkatkan resiko mereka mengalami obesitas, kegemukan dan masalah kardiovaskular. Sedangkan karbohidrat bukanlah sumber makanan yang paling dibutuhkan kelinci.

      Buah alpukat juga memiliki tekstur yang sangat lunak dan serat pangan yang halus, ini tidak baik untuk kelinci karena dapat mengganggu sistem pencernaan dan justru memicu masalah kesehatan.

      Note : Singkatnya, alpukat bukanlah buah yang bagus untuk kelinci dalam jumlah berapapun. Hindari makanan satu ini dari daftar makanan mereka dan jangan sekali-kali berfikir untuk memberikan pada mereka.

      Meski mungkin tidak terdapat reaksi yang ditimbulkan oleh kelinci saat mengigit alpukat, namun ini tidak membuat buah satu ini baik untuk mereka. Ada banyak jenis buah-buahan dan dedaunan yang jauh lebih sehat serta pantas kamu hidangkan pada kelinci ketimbang alpukat.

      Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

      Artikel terkait :



      Buka Komentar

      Iklan Atas Artikel "iklan 5"

      Iklan 3 Tengah Artikel 1

      Iklan 5 Tengah Artikel 2

      Iklan 3 Bawah Artikel