CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Bolehkah Kelinci Makan Daun Tanaman Sambiloto? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Bolehkah Kelinci Makan Daun Tanaman Sambiloto?

gambar tanaman sambiloto
Sumber gambar : istock
Healty99 - Bolehkah kelinci makan daun sambiloto? Mungkin kamu pernah berfikir untuk membagikan sambiloto pada peliharaan kamu, mengingat ada banyak tanaman satu ini disamping rumah. Lantas apakah itu aman dan tidak memicu efek samping?

Sebenarnya kelinci dapat makan daun sambiloto, tetapi hanya sedikit dan tidak menjadi bagian dari makanan harian mereka. Ini disebabkan karena rasa daun yang pahit dan mengandung sejumlah senyawa yang mungkin saja peliharaan kamu tidak suka.

Kelinci Makan Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman yang kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional dalam mengatasi sejumlah penyakit, salah satu contohnya ialah mengatasi nyeri, peradangan, gatal-gatal, infeksi, jerawat dan bisul, luka, gula darah serta masih banyak lagi.

Baca juga : 

Untuk beberapa kondisi, sambiloto diketahui memiliki manfaat untuk kelinci, tetapi lebih ke penggunaan luar tubuh mereka. Efektivitas antibakteri, antiradang, antimikroba dan antijamur, sehingga memungkinkan dapat mengatasi sejumlah masalah pada tubuh luar kelinci seperti gatal-gatal, luka, pembengkakan, bisul dan sejenisnya.

Namun jika untuk pakan kelinci, sebaiknya dihindari. Mengapa? Dalam jumlah sedikit itu tidak menjadi masalah, tetapi porsi berlebihan sangat tidak disarankan karena bisa memicu beberapa masalah sistem pencernaan.

Meski masih belum bisa dibuktikan secara pasti akan kebenaranya, sebagai saran baiknya kamu campur dengan beberapa pakan dedaunan lain saat kamu memberikan sambiloto pada kelinci.

Dengan begitu biarkan mereka memilih jenis makanan yang disukai dan tanpa khawatir resiko efek samping dari satu jenis dedaunan akibat makan berlebih.

Selain itu, menurut penelitian sambiloto tidak baik untuk kelinci yang sedang hamil. Hal tersebut diketahui karena dapat berpengaruh terhadap kandungan dan berefek pada penurunan kadar gula.

Ini juga memungkinkan dapat menyebabkan kehamilan kelinci menjadi buruk dan membuat mereka lesu, perubahan nafsu makan dan gangguan pada sistem pencernaan.

Note : Tentu sebagai pemilik kamu harus merawat peliharaan agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Memberikan pakan terbaik adalah pilihan dan sedangkan sambiloto mungkin harus kamu hindari, terlebih dijadikan sebagai pakan utama mereka setiap hari. 

Mengingat masih ada banyak buah dan dedaunan lain yang jauh lebih baik, mengapa kamu harus memberi sambiloto.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan & tanaman herbal.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel