CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Daun Kecipir [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Daun Kecipir [Manfaat, Cara Memberikan & Bahaya]

gambar kacang kecipir
Sumber gambar : istock
Healty99 - Cipir atau kecipir, siapa yang tidak tahu dengan tumbuhan satu ini. Kecipir merupakan tumbuhan dari keluarga polong-polongan yang kerap dikonsumsi daun dan buahnya sebagai bahan makanan.

Baik buah dan daun kecipir diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan, namun apakah tumbuhan satu ini juga bagus untuk kelinci sebagai pakan mereka? Dan apakah ada efek samping dikemudian hari.

Baca juga :

Kelinci Makan Daun Kecipir

Apakah boleh kelinci makan daun kecipir? Jawabnya adalah "Ya" akan tetapi ada poin penting yang harus kamu ketahui, maka dari itu jangan langsung memberikan daun tanaman secara langsung ke mereka.

Kita tahu bahwa kelinci adalah hewan herbivora yang memakan dedaunan dan sebagian kecil jenis buah-buahan. Oleh karena itu memberikan daun kecipir bisa menjadi salah satu pakan alternatif mereka.

Kelinci sebenarnya dapat dengan mudah memakan daun kecipir dan batang muda, mengingat tumbuhan satu ini kaya akan kandungan serat kasar dan tidak memiliki banyak air didalamnya.

Baca juga :

Namun, hal yang harus kamu ketahui ialah saat kamu ingin memberikan daun kecipir ke kelinci pastikan tumbuhan terbebas dari semprotan insektisida (racun serangga) dan zat beracun, ini karena zat kimia berbahaya bisa mengancam kesehatan peliharaan kamu.

Terlepas dari itu semuanya adalah bagus untuk mereka, mulai dari buah kecipir, daun, batang muda hingga bagian bunga.

Manfaat daun kecipir untuk kelinci

Daun kecipir diketahui memiliki profil kandungan nutrisi yang diantaranya ada asam amino, seng, niasin, tembaga, kalsium, air, protein, β-karoten, riboflavin serta yang pasti ada serat pangan.

Memberikan daun kecipir sebagai pakan kelinci secara teratur dan dalam porsi yang tepat dapat memberikan manfaat berupa :

  1. Baik untuk usus mereka
  2. Melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit
  3. Meningkatkan & menguatkan otot, tulang serta gigi peliharaan kamu
  4. Mencegah kerontokan bulu
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Meningkatkan kesuburan
  7. Menunjang kesehatan

Baca juga :

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa didapat peliharaan jika kamu memberikan daun kecipir dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Cara memberikan

Untuk memberikan daun kecipir pada kelinci sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pemberian pakan lainnya. Letakan saja daun pada wadah makanan dan biarkan mereka memakan secara bertahap.

Akan tetapi yang perlu dipastikan ialah daun tersebut terbebas dari zat-zat kimia beracun seperti yang telah di sebutkan diatas (pestisida dan sejenisnya). 

Sehingga dengan begitu peliharaan kamu akan meraih sejumlah manfaat dari makanan yang mereka konsumsi tanpa khawatir masalah kesehatan dikemudian hari.

Adapun beberapa bagian tanaman yang bisa kamu berikan ialah daun muda dan daun tua, batang muda, bunga serta buah.

Baca juga :

Berapa kali pemberian

Meski daun kecipir dapat menjadi salah satu pakan utama kelinci peliharaan, tetapi ada baiknya kamu menambah varian pakan mereka.

Mengapa? Ini karena banyak varian makanan dalam satu wadah sangat di anjurkan, karena dengan begitu kelinci bisa mendapatkan beragam asupan nutrisi dari makanan lain.

Setidaknya kamu dapat memberikan mereka daun kecipir sekitar 3 - 4 kali dalam sepekan atau satu minggu.

Porsi dalam sekali pemberian

Sebagai acuan dalam memberikan pakan daun kecipir buat kelinci bisa kita ambil dari ukuran bobot tubuh mereka. 

Kelinci yang memiliki berat tubuh sekitar 2 kg (kilogram) paling tidak memerlukan sekitar 500 gram - 1 kg pakan dalam seharinya.

Baca juga : 

Sedangkan untuk jenis ras kelinci berukuran lebih kecil mungkin bisa setengah dari pakan dedaunan ukuran kelinnci dewasa.

Waktu dan kapan yang tepat

Waktu yang baik serta tepat untuk memberikan pakan kelinci ialah pagi menjelang siang sekitar jam 09:30 - 10.00 dan saat menjelang sore hari.

Apakah anakan kelinci boleh makan?

Untuk anakan kelinci yang baru berusia satu & dua bulan atau masih kecil bisa makan daun kecipir, akan tetapi kamu harus memberikan bagian daun yang sedikit muda.

Tujuanya ialah supaya mereka tidak kesusahan dalam mengunyah dan terhindar dari tersedak.

Bahaya dan efek samping

Adakah bahaya dari daun kecipir untuk kelinci? Kecipir bukanlah makanan yang berbahaya dan beracun bagi peliharaan kamu, justru ini bisa menjadi sumber pakan yang baik buat mereka.

Mengingat tanaman cipir kaya akan kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan dan menunjang kesehatan mereka.

    Baca juga : 

    Namun letak bahaya atau efek samping mungkin bisa saja terjadi apabila tanaman yang kamu berikan telah di semprot pestisida dan zat kimia beracun seperti racun serangga.

    Sehinga saat dimakan kelinci bisa memicu mereka mencret, sakit perut tampak reaksi keracunan dan gangguan pencernaan.

    Maka dari itu agar terhindar dari efek samping maupun bahaya, adapun tips yang bisa kamu lakukan ialah.

    1. Cuci dahulu daun menggunakan air mengalir sembelum dihidangkan
    2. Pastikan tidak terdapat serangga seperti ulat dan kumbang beracun
    3. Terbebas dari tanah & kotoran
    4. Gantung makanan mereka jika tidak ada wadah
    5. Cmpur dengan beberapa makanan lain seperti buah-buahan

    Note : Daun kecipir adalah makanan yang bagus untuk peliharaan kamu dan tidak menimbulkan efek samping yang mematikan.

    Akan tetapi kamu harus pastikan pakan terbebas dari zat kimia beracun dan memberikan makanan dalam porsi yang sesuai, sehingga mereka mendapatkan nutrisi seimbang dan terjaga kesehatanya.

    Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar kelinci.

    Artikel terkait :

    Buka Komentar

    Iklan Atas Artikel "iklan 5"

    Iklan 3 Tengah Artikel 1

    Iklan 5 Tengah Artikel 2

    Iklan 3 Bawah Artikel