CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Kelinci Makan Apel [Manfaat, Efek Samping & Cara Memberikan] - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Kelinci Makan Apel [Manfaat, Efek Samping & Cara Memberikan]

gambar kelinci putih dengan apel di rumput
Sumber foto : pixabay/12019
Healty99 - Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sehat. Mengkonsumsi 1 butir apel sebagai makanan diet diketahui bisa membantu menurunkan berat badan, ini karena buah apel kaya akan profil nutrisi. Oleh karena banyak nutrisi mungkin kamu hendak membagi sepotong kecil pada kelinnci peliharaan kamu.

Lantas apakah boleh? Dan jika boleh apakah apel aman bagi kelinci? Tidak perlu khawatir, buah apel aman bagi kelinci dan justru sangat disarkan membagi mereka di setiap minggunya sebagai cemilan.

Baca juga : Obat Alami Untuk Atasi Scabies Kelinci

Kelinci Makan Apel

Hampir segala jenis apel, baik yang merah, hijau, kuning maupun varietas lainnya bisa kamu berikan pada mereka. Buah satu ini memiliki sejumlah kandungan yang diantaranya karbohidrat, vitamin A, B dan C, serat, kalsium, fosfor serta pastinya air.

Memberikan sepotong kecil apel pada kelinci sangat disarankan, ini karena bisa membantu mereka memenuhi kebutuhan nilai gizi harian serta mencegah masalah pada sistem pencernaan.

Baca juga : Ciri-Ciri Kelinci Sedang Ketakutan

Manfaat

Berikut beberapa manfaat buah apel untuk kelinci jika diberikan seusai pada porsinya :

  1. Menjaga kesehatan gigi mereka
  2. Menguatkan tulang, otot dan gigi
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Mencegah masalah penyakit kulit seperti kudis
  5. Mencegah masalah pencernaan terkai diare dan bab keras
  6. Mecegah kecemasan pada mereka & masih banyak lagi

Baca juga : 

Cara memberikan

Buat kamu yang ingin memberikan buah apel pada kelinci, ada beberapa bagian buah yang perlu diperhatikan. Contohnya biji, daging tengah dan tangkai buah, mengapa? Ini karena bagian tersebut mengandung toxin.

Jadi cara terbaik ialah dengan membelah apel menjadi potongan kecil, setelah itu hidangkan tanpa adanya biji, tangkai dan daging buah bagian tengah.

Baca juga : Mengapa Kelinci Tidak Mau Maka Dan Minum?

Berapa banyak kelinci makan apel

Apel merupakan makanan yang baik untuk peliharaan kamu, tapi terlepas dari semua kandungan nutrisi yang ada apel tetaplah bukan pakan utama bagi mereka.

Makanan utama mereka adalah sejumlah dedaunan dengan kandugan air yang tidak terlalu tinggi. Oleh karena itu jika kamu hendak menghidangkan apel ke dalam wadah mangkung mereka, harap perhatikan porsi sesuai tubuh mereka.

Baca juga :

Untuk kelinnci bertubuh kecil, porsi yang pas bagi mereka ialah 1/4 bagian apel dengan ukuran normal kepalan tangan orang dewasa. Sedangkan untuk yang jenis ras kelinci besar, 1/2 buah itu sudah cukup.

"Ingat, hidangkan tanpa biji, daging bagian tengah dan tangkai karena itu beracun"

Meski mungkin peliharaan kamu akan merasa kurang, tetapi itu adalah porsi harian yang baik dan aman bagi mereka. Selain itu harap jangan beri di setiap hari, tetapi cukup 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Baca juga : Cara Mengatasi Kelinci Yang Sedang Lemas & Lesu

Bahaya

Seperti yang telah di sebutkan, daging buah apel memiliki manfaat bagi karena mengadung banyak sekali nutrisi. Akan tetapi, ada beberapa bagian dari buah yang sebaiknya kamu hindari karena bersifat racun, baik pada keliinci maupun kita manusia.

Biji, daging tengah dan tangkai diketahui mengandung amygdalin yang bisa melepas sianida. Bagian terbanyak ada pada bijinya yang mana bisa menyebabkan reaksi mual, muntah, sakit perut serta rasa panas.

Baca juga : 

Meski biji apel memiliki tekstur yang keras sehingga memungkinkan aman apabila tertelan secara utuh, tetapi ada besar kemungkinan juga bahwa kelinci mengigit biji tersebut dan memecah zat berbahaya didalamnya.

Sehingga jika terlalu berlebihan ini bisa memicu efek samping dan bahaya dikemudian hari, bahkan mungkin ada resiko kematian pada peliharaan kamu.

Bagaimana dengan bagian kulit?

Kulit buah apel pada dasarnya aman bagi kelinnci peliharaan kamu, bahkan sisi baiknya ada banyak sekali kandungan nutrisi di dalamnya.

Baca juga :

Untuk itu sebaiknya kamu cuci terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir, sehingga di hidangkan dalam kondisi bersih dan tidak terkontaminasi kotoran atau pestisida.

Note : Apel aman bagi kelinci, tetapi tidak pada bagian biji, daging tengah dan tangkai karena itu beracun. Jadi hidangkan buah satu ini berupa daging putih dan kulit sebagai makanan cemilan mereka.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar hewan satu ini.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel